Skip to main content

Lakukan Setting APN 4G Untuk Mengatasi Internet Axis Lambat

Kita pasti sering melakukan akses internet memakai perangkat seluler dan merasakan gangguan karena internet lemot. Karena hal tersebut kamu akan merasa sangat jengkel bukan? Saya sendiri pernah merasakan hal semacam itu saat paket Bornet Axis lemot. Padahal kebanyakan aktivitas yang dilakukan pada ponsel Android selalu terhubung dengan internet.

Entah kenapa jaringan Axis hari ini sangat lambat walau sinyal yang ditangkap oleh perangkat cukup banyak. Tidak hanya pada jaringan 3G saja, tapi jaringan 4G yang harusnya lebih kencang juga sangat lemot ketika dipakai membuka situs web atau YouTube. Padahal sepertinya tidak ada gangguan pada sistem karena bila melakukan cek pulsa, SMS, cek kuota, dan lainnya tidak mengalami kendala sedikitpun.

Nah, akhirnya saya mencari cara mempercepat internet Axis di Android milik saya yang menggunakan jaringan Axis tersebut dan dari beberapa sumber memberikan beberapa tips mengenai cara menstabilkan jaringan Axis dengan cara setting internet Axis. Namun tidak sampai disitu sebenarnya masih ada lagi hal lain yang menjadi penyebab lemot selain karena masalah dalam konfigurasi APN. Berikut beberapa penyebab koneksi internet lambat.

mengatasi internet axis lambat

Penyebab Internet Axis Lambat

  • Gangguan sistem pada operator yang mengakibatkan koneksi jaringan kurang maksimal.
  • Jaringan tidak stabil. Biasanya akan ditandai dengan pengalihan dari 4G ke 3G secara berulang. Untuk mengatasinya silakan baca cara mengunci jaringan 4G
  • Beban terhadap jaringan operator terlalu berat karena banyak pengguna internet pada jaringan yang sama.
  • Belum melakukan registrasi.

Apabila hal di atas bukanlah penyebabnya maka ada satu penyebab lagi yang kemungkinan mengakibatkan jaringan Axis lemot hari ini, yakni setting APN Axis yang tidak benar. Apabila kamu memakai operator lain kami juga sudah membahas setting APN Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfreen pada artikel sebelumnya. Jika koneksi internet lemot dikarenakan kesalahan ini sebenarnya sangat mudah diatasi. Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Cara Mempercepat Jaringan Axis

Apabila kamu mengalami hal seperti saya di mana kuota masih sangat banyak serta jaringan 4G Axis full namun internet sangat lemot cobalah melihat konfigurasi APN pada Android milik kamu. Access Point Name merupakan sebuah gerbang yang digunakan oleh jaringan GSM maupun CDMA supaya bisa melakukan akses internet. Maka dari itu, bila setelan APN salah dan tidak sesuai dengan operator terkait akan mengalami gangguan ketika ingin membuka internet.

Sebenarnya secara default operator seluler telah menyediakan APN namun pada beberapa kasus seperti yang saya alami justru malah mengakibatkan gangguan jaringan di mana malah menjadi lemot.  Maka dari itu mau tidak mau harus mengubahnya ke APN Axis tercepat.

Untuk melakukan setting APN Axis full speed dapat dilakukan melalui menu pengaturan. Tiap ponsel biasanya mempunyai letak berbeda, tapi secara umum berada di Setelan > Jaringan & Internet > Jaringan Seluler > Nama Titik Akses. Langkah terakhir yang perlu dilakukan ialah mengatur APN. Silakan sesuaikan dengan setting di bawah ini.

Setting APN Axis
  • Nama: Axis
  • APN: axis
  • Username: axis
  • Sandi: axis
  • untuk yang lain dibiarkan saja

Sesudah pengaturan tersebut selesai dilakukan, cobalah mulai memakainya lagi untuk browsing dengan aplikasi browser tercepat milik kamu. Jika masih lambat, cobalah nyalakan ulang HP dan lakukan pengujian kembali. 

Itu tadi cara mengatasi internet Axis lambat yang pernah saya terapkan. Bila mana setelah mengikuti cara ini tidak ada perubahan, sebaiknya hubungi operator terkait untuk meminta melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap nomor ponsel yang mengalami gangguan ketika akses internet tersebut. 
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar