Skip to main content

Begini Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel di HP Android

Saat ini perkembangan teknologi jaringan sudah sangat pesat. Hal tersebut dapat kita lihat dengan hadirnya teknologi LTE yang mana pada dulunya sangat jarang dipakai oleh operator seluler. Hampir semua operator sekarang sudah menerapkan jaringan 4G tersebut dan pihak Telkomsel sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi juga tidak mau ketinggalan.

Seperti yang selama ini sudah kita ketahui bahwa Telkomsel merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi seluler yang sudah dikenal dan besar di negara kita. Telah terdapat 3 produk dari perusahaan tersebut yang dapat kita temukan, antara lain Simpati, Hallo, dan Kartu As. Tak hanya mempunyai produk beragam namun Telkomsel juga terkenal akan kualitas sinyalnya yang sangat handal dan luas di mana sudah mencakup berbagai pelosok daerah bahkan pedesaan.

Nah apakah kamu sudah memakai kartu Telkomsel yang mendukung jaringan 4G? Kalau belum, di sini kita akan membahas cara aktifkan jaringan 4G Telkomsel. Sebenarnya sinyal 4G ini sudah banyak mendukung di berbagai daerah, terutama kota-kota besar. Tapi sebagian dari pengguna justru tidak bisa memakainya dikarenakan tidak memenuhi syarat dan ketentuan seperti pembahasan cara 4G Telkomsel berikut ini.

cara mengaktifkan 4g lte telkomsel

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Untuk saat ini sinyal LTE atau 4G adalah teknologi yang mampu dipakai mengakses data (online) dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu kita lebih nyaman melakukan kegiatan akses dunia maya seperti browsing, nonton YouTube, atau bermain game online.

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin merasakan betapa cepatnya jaringan LTE ini adalah dengan melakukan upgrade kartu dan mempunyai perangkat yang bisa menangkap sinyal 4G. Untuk cara upgrade kartu Telkomsel ke 4G dapat dilakukan dengan mengunjungi Grapari yang ada di sekitar kamu.

Nantinya di sana akan melakukan penukaran kartu lama dengan kartu baru yang sudah mendukung 4G. Berarti ganti nomor dong? Tentu saja tidak dan menurut keterangan tidak akan dikenakan biaya. Tapi kalau kamu tidak punya waktu pergi ke Grapari bisa ikuti langkah di bawah ini.

Baca juga: 

Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G Lewat Smartphone Corner

Untuk mengikuti langkah ini terlebih dahulu kamu harus membeli USIM 4G yang biasanya dijual pada Smartphone Corner. Silakan kunjungi toko dan bilang pada penjaga toko "ingin membeli USIM untuk kebutuhan upgrade kartu Telkomsel". Setelah kartu tersebut didapatkan langsung saja ikuti tutorial berikut.

Langkah 1: Mendapatkan Token Kartu SIM Lama
  1. Tekan *888*46# pada menu dial up.
  2. Pilih opsi nomor 1.
  3. Kemudian silakan masukkan nomor USIM (kartu yang baru kamu beli tadi) pada kolom yang sudah disediakan.
  4. Tekan Ya.
  5. Sampai di sini silakan siapkan kertas lalu catat PIN atau token milikmu.
  6. Jika sudah, keluarkan kartu SIM lama dari HP.

Langkah 2: Mengganti Ke SIM yang Baru
  1. Masukkan kartu baru yang telah dibeli tadi.
  2. Silakan panggil *888*46#.
  3. Jika muncul menu, pilih nomor 2.
  4. Tekan Ya
  5. Silakan tulis nomor lama yang ingin di-upgrade ke jaringan 4G LTE.
  6. Terakhir adalah tinggal menunggu SMS yang berisi konfirmasi bahwa proses upgrade ke 4G berhasil. Biasanya SMS akan diterima kurang dari 15 menit.

Nah, sekarang sudah bisa menikmati jaringan 4G dari Telkomsel yang mana diklaim mempunyai kecepatan download hingga 48Mbps dan upload 32 Mbps. Dengan kecepatan luar biasa tersebut kamu akan merasakan kenyamanan ketika ingin streaming video dengan resolusi tinggi.

Sampai di sini dulu pembahasan cara mengaktifkan 4G Telkomsel. Semoga tulisan ini bisa membantu memecahkan masalah Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel lain yang sudah kami bahas sebelumnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar