Skip to main content

Cara Mengunci Flashdisk Di Windows Agar Tidak Bisa Dibuka

USB drive merupakan penyimpanan portabel yang umum digunakan pada saat ini. Walau media penyimpanan tersebut biasanya tidak mempunyai ukuran yang sangat besar seperti hardisk namun tetap sangat berguna.

Flashdisk dapat digunakan untuk menyimpan file penting dengan ukuran kecil seperti dokumen Word dan lain sebagainya. Tetapi, dengan memakai penyimpanan seperti ini sebenarnya sangat rawan akan penyalahgunaan data oleh orang lain.

Lalu bagaimana cara mengamankan flashdisk supaya tidak mudah diakses oleh pengguna yang tidak berhak. Agar media penyimpanan Anda tetap aman iFabrix akan memberikan panduan untuk memberi sandi pada flashdisk milikmu.

Baca juga: 

Cara Mengunci Flashdisk Dengan Kakasoft

Pada pembahasan cara memberi password pada flashdisk kali ini kita akan melakukannya dengan memakai bantuan program pihak ketiga bernama Kakasoft USB Security yang bisa Anda dapatkan di sini. Software ini sudah menerapkan enkripsi dengan sistem 256 bit di mana cukup mumpuni untuk memberikan keamanan tambahan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunci flash drive USB dan juga cara membuka kunci disk USB.

Cara Mengunci Flashdisk

Langkah 1: Jalankan program Kakasoft dan dan pilih drive yang akan dikunci
Masukkan penyimpanan USB milik Anda ke dalam komputer atau laptop, lalu jalankan program USBSecurity.exe dan pilih drive mana yang akan dikunci. Setelah menentukan drive, tekan tombol install.

cara memberi password pada flashdisk

Langkah 2: Mengatur kata sandi flashdisk
Setelah melakukan instalasi tadi, Anda akan dihadapkan pada menu setting password. Jika menu ini tidak muncul otomatis, silakan buka USB drive Anda lalu jalankan program USBSecurittu.exe yang sudah otomatis ada di dalamnya. Masukkan kata sandi dan kata sandi untuk konfirmasi.

Pada pilihan password hint, silakan diisi dengan kata yang akan mengingatkan Anda pada password, sehingga ketika lupa akan mudah mengingatnya kembali. Langkah terakhir cukup tekan Protect untuk mengunci USB flashdisk.

Bagaimana Cara Membuka Kunci Flashdisk?

Untuk membuka kunci USB flash drive yang sudah diberi keamanan cukup mudah. Pertama, colok USB flashdisk ke laptop atau komputer, kemudian buka disk tersebut dan jalankan program yang ada di dalamnya. Masukkan kata sandi yang sudah diatur sebelumnya, kemudian klik pada opsi Unprotected this drive atau Open in virtual drive (silikan pilih salah satu).

Keterangan:

  • Open in virtual drive: dengan memilih pilihan ini Anda akan dapat mengakses data di virtual drive dan setelah menutup drive tersebut maka sistem keamanan akan kembali aktif secara otomatis.
  • Unprotected this drive: Ketika kamu memilih opsi ini perlindungan sandi pada falshdisk akan dimatikan sepenuhnya sehingga setelah anda menutup drive tersebut dan membukanya lagi tidak akan dimintai untuk memasukkan password. Jika ingin mengaktifkan kembali cukup ulangi langkah-langkahnya mulai dari awal.

cara membuka kunci flashdisk

Kesimpulannya, keamanan penyimpanan USB sangat baik diterapkan, terlebih lagi pada media USB flash drive dengan isi data yang sangat penting. Anda bisa mencoba cara ini jika menggunakan Windows XP ke atas.

Software tersebut benar-benar dapat mengamankan flashdisk dengan baik dan hanya memakan sekitar 1,5 mb penyimpanan untuk melakukan instalasi. Selain dapat membuat password pada flashdisk juga bisa dipakai untuk kunci disk penyimpanan jenis lain seperti HDD eksternal, kartu memori, dan lain-lain. 

Nah, itu tadi cara memberi password pada flashdisk. Dengan mengikuti cara tersebut, kamu akan lebih tenang menyimpan data-data penting pada perangkat milikmu karena tidak akan ada yang bisa mencuri data di dalamnya.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar