Cara Membuka File TXT di Android Cukup Memakai Aplikasi Ini

Cara membuka file TXT di Android akan menjadi topik pembahasan kita kali ini. Dokumen dalam bentuk teks biasanya akan disimpan dalam berbagai format dan salah satunya adalah format TXT. Kelebihan dari jenis file ini adalah dapat dibuat, diedit, dibuka, dan juga menghapus menggunakan berbagai macam program dari banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac.

Dokumen TXT merupakan teks ASCII yang dapat disimpan degan ukuran kecil sampai yang besar baik secara online atau offline. Hampir semua smartphone masa kini telah disiapkan banyak aplikasi yang menawarkan dukungan kompatibilitas untuk bisa mengakses file TXT layaknya Microsoft Noteped yang ada pada Windows OS.

Untuk membuka dan mengedit file .txt menggunakan perangkat dekstop memang kita tidak akan mengalami masalah karena dengan memakai notepad saja sudah cukup mumpuni. Akan tetapi, masalah akan muncul ketika Anda mencoba memakai perangkat Android karena banyak sekali aplikasi yang belum sempurna untuk melakukan pengeditan dan bahkan hanya sekedar membuka.

Oleh karena itu saya telah melakukan berbagai macam percobaan memakai APK Android yang ada di toko aplikasi hingga akhirnya hanya menemukan sedikit aplikasi yang benar-benar sempurna. Berikut ini telah saya tulis tiga di antaranya.

Cara Buka File TXT di Android


cara membuka dile txt di android

1. Menggunakan APK Office Documents Viewer
Untuk cara pertama ini kita dapat memakai aplikasi bernama Office Documents Viewer besutan dari Joerg Jahnke.  Menurut pengembangnya, aplikasi tersebut tidak hanya mendukung format txt namun juga docx, odt, ods, sxw, sxc, dan banyak lagi. Anda dapat menginstalnya melalui Google Play Store.


2. Memakai Aplikasi Explorer Speed Software
Aplikasi file manager ini sebenarnya sudah sangat terkenal bagi mereka yang sering melakukan modifikasi sistem Android. Ada banyak sekali keunggulan yang diberikan, seperti mengekstrak file ZIP, RAR, atau TAR, mendukung jaringan SMB, terdapat berbagai macam tema, dan tentunya dapat dipakai untuk membuka serta mengedit format .txt.

Ada dua versi yang dapat Anda pilih salah satunya, yakni versi berbayar dengan nama Root Explorer dan gratis dengan nama Explorer dari developer Speed Software. Perbedaannya adalah untuk versi berbayar tentunya akan memberikan fitur yang lebih banyak serta mendukung akses file sistem apabila ponsel telah root.


3. Pakai WPS Office 
Jika Anda sering menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan tentu tidak akan asing lagi dengan WPS Office. Software ini telah mendukung banyak platform termasuk OS Android. Selain dapat melihat file tipe TXT anda juga dapat membuka format yang didukung Microsoft Office.

Cara Menggunakan Aplikasi Pilihan Anda Untuk Membuka Format TXT

  • Buka Play Store dan ketik salah satu nama dari aplikasi di atas pada kolom pencarian.
  • Intsal dan tunggu sampai proses instalasi aplikasi selesai.
  • Buka aplikasi tersebut dan cari file .txt di folder tempat Anda menyimpannya.
  • Tekan file tersebut. Sekarang sudah berhasil terbuka.

Itu tadi cara melihat dokumen txt yang Anda miliki. Sangat mudah bukan untuk melakukannya? Anda tidak perlu lagi bergantung pada PC atau laptop karena hanya menggunakan Android saja sudah bisa.

Dari ketika pilihan di atas berlaku untuk semua jenis Android yang belum root atau sudah root sekalipun juga bisa memakainya. Semoga cara ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca. Terima kasih telah berkunjung.