Skip to main content

Setting APN Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, 3, dan Axis

Setting APN sudah tidak asing lagi bagi para pemilik HP yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Acces Point Name adalah sebuah gerbang yang digunakan pada jaringan seluler seperti 4G, 3G, GPRS, maupun GSM. Jadi, dapat dikatakan fungsinya ialah supaya perangkat dapat terhubung dengan jaringan internet melalui suatu provider. Maka dari itu kamu harus mengetahui bagaimana Setting APN Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, 3, dan Axis

Setelan APN yang salah dapat berakibat membuat koneksi internet menjadi terganggu dan tidak dapat digunakan. Oleh sebab itu bila kamu tidak dapat mengakses internet jangan menyalahkan sinyal terlebih dahulu siapa tahu memang konfigurasi yang kamu buat salah.

Setting APN Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, 3, dan Axis

Perangkat seluler yang sering kamu gunakan akan membuat sambungan data di mana dikonfigurasikan melalui APN supaya dapat dideteksi sistem operator penyedia layanan untuk menentukan jenis sambungan yang akan digunakan. Contohnya alamat IP mana saja yang akan dipakai sebagai perangkat nirkabel, metode keamanan jenis apa yang akan digunakan, dan apakah sambungan bersifat pribadi atau tidak.

Baca juga: Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Lebih spesifiknya, APN dipakai untuk mengidentifikasi PDN yang terhubung dengan perangkat seluler pengguna. Selain itu juga diperlukan untuk menentukan layanan, WAP, MMS, jenis jaringan, dan lain sebagainya.

Cek terlebih dahulu konfigurasi APN di handphone-mu. Pastikan bahwa sudah memakai setelan sesuai dengan layanan seluler yang digunakan pada kartu. Bila kamu bingung dan tidak tahu apakah setting sudah benar atau belum, simak terus ulasan di bawah ini. iFabrix akan memberikan pengaturan APN semua provider di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, 3, dan Axis.

Setting APN Seluruh Provider Indonesia

Untuk mulai melakukan penyetelan pertama-tama buka menu setting di HP kamu. Sebagai contoh saya akan menggunakan smartphone Android. Buka menu pengaturan jaringan & internet > jaringan seluler > lanjutan > nama titik akses.

1. Setting APN Telkomsel

Nama: silakan di sisi bebas
APN: internet atau Telkomsel
Proxy: kosongkan
Port: kosongkan
Nama Pengguna: wap
Sandi: wap123

2. Setting APN Indosat

Nama: Indosat
APN: indosatgprs
Proxy: tidak perlu diisi
Port: kosongkan
Nama Pengguna: kosongkan
Sandi: kosongkan

3. Setting APN XL

Nama: XLGPRS
APN: internet
Nama Pengguna: kosongkan
Sandi: kosongkan
Untuk kolom lain silakan abaikan saja.

4. Setting APN Smartfren

Nama: Smartfren
Sandi: smartfreen
Server: jangan diisi
MNC: 28
MCC: 510
Tipe Autentikasi: PAP atau CHAP
Tipe APN: default

5. Setting APN 3 (Tri)

Nama: GPRS
APN: 3gprs
Proxy: kosongkan
Port: kosongkan
Nama Pengguna: 3gprs
Sandi: 3gprs
Server: wap.three.co.id

Cukup mudah bukan untuk melakukan penyetelannya. Hal ini juga dapat dilakukan apabila jaringanmu lemot. Terkadang lemot dapat disebabkan karena konfigurasi yang salah sehingga jaringan tidak dapat mengirim data secara lancar.

Namun, bila setelah kamu melakukan penyetelan masih merasakan lemot, ada cara lain yang dapat dicoba seperti menghapus cache serta cookies browser dan melihat apakah kuota data masih ada. Nah sekian dulu pembahasan mengenai cara setting APN.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar