Skip to main content

5 Manfaat Buah Untuk Kesehatan yang Sangat Luar Biasa

Bagian tumbuhan ini mempunyai beragam manfaat untuk tubuh manusia, misalkan mencegah komplikasi stroke, tekanan darah tinggi, kanker, gagal jantung, dan diabetes. Selain itu, buah juga ampuh mengatasi berbagai macam gangguan kulit serta menjaga pertumbuhan rambut tetap sehat. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan selalu mengkonsumsi buah segar dan matang agar mendapatkan manfaat buah untuk kesehatan.

Buah-buahan adalah bagian dari tumbuhan dan tanaman yang mempunyai biji. Ia memiliki macam-macam rasa, termasuk asam, pahit, manis, dan banyak lagi. Mereka merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kita sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa buah mempunyai manfaat sangat banyak.

Makan buah dan sayur dapat membantu menjaga emosional tetap stabil bagi orang dewasa ataupun muda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suasana hati yang baik salah satunya dikarenakan oleh makanan sehat. Khasiat buah lainnya telah kami rangkum di bawah ini secara rinci.

manfaat buah

Manfaat Buah Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Energi
Ketika seseorang makan buah-buahan segar, pasokan energi dalam tubuhnya meningkat secara signifikan. Ini adalah hal yang dapat kita manfaatkan ketika sedang menghadapi pekerjaan berat. Maka dari itu sering kita temui atlet akan mengkonsumsi buah selama dan setelah latihan serta diet ibu hamil hampir selalu melibatkan buah-buahan.

Baca juga: Manfaat Bunga Lavender

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah seperti apel, blewah, pisang, jeruk bali, beri, dan lain sebagainya sangat bagus untuk melindungi jantung kita karena memiliki kandungan flavonoid, serat, karetonoid, magnesium, dan kalium. Terdapat juga kandungan vitamin A, B6, C, E, K, dan folat di mana semuanya membantu dalam mengatur keseimbangan kolesterol dan mencegah penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

3. Mencegah Penyakit
Kombinasi flavonoid yang kuat, mineral, antioksidan, phytochemical, dan vitamin yang tak terhitung jumlahnya membuat buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Konsumsi buah setiap hari akan menurunkan risiko stroke, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Beberapa jenis buah seperti pisang mengandung bahan kimia penting misalkan kalium yang membantu mencegah kecemasan. Pada dasarnya memakan buah akan mengatasi kekurangan vitamin dan meminimalkan akibat dari kondisi tersebut. 

4. Melancarkan Pencernaan
Agar proses pencernaan dalam tubuh dapat berjalan dengan baik dibutuhkan makanan berserat dan itu bisa didapatkan dari buah. Sebagian dari kulit buah juga mempunyai kandungan serat makanan sehingga bisa bermanfaat untuk mencegah sembelit dan gastritis. Namun dalam beberapa kasus, kulit  buah yang tebal seperti lemon, pisang, jeruk, dan melon tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, hanya bagian daging saja yang bisa dimakan.

Baca juga: Manfaat Terong

Manfaat serat buah tidak hanya membuat pencernaan sehat, tapi juga bisa membantu membuat rasa kenyang dikarenakan terdapat tambahan nutrisi dalam makanan. Karena sifat berserat tersebut, makanan ini juga dikenal sebagai penolak penyakit usus besar.

5. Menurunkan Berat Badan
Setelah mulai memakan sebagian besar buah-buahan ketika diet, kamu akan melihat berat badanmu semakin menurun dan kondisi kesehatan semakin membaik. Namun, tidak hanya dengan buah saja, Anda perlu melakukan olah raga secara teratur.

Di negara maju seperti Amerika telah banyak dilakukan survei dan penelitian seputar penurunan berat badan yang efektif ketika memasukkan buah ke dalam menu diet sehat. Dr. Joanne L. Slavin dari University of Minnesota, menyatakan bahwa orang yang terbiasa makan buah akan cenderung meninggalkan makanan ringan dan junk food yang dikenal kurang mempunyai gizi. Selain itu, buah-buahan terdiri dari 90-95% air. Dengan demikian, akan mampu membuang racun yang berbahaya untuk tubuh.

6. Untuk Perawatan Kulit
Ternyata ada juga manfaat buah buahan untuk kecantikan. Jika Anda bosan memakai produk kecantikan kulit tidak ada salahnya untuk menggantinya dengan konsumsi rutin bahan alami seperti buah pisang, beri, atau apel ke dalam makanan harian. Dengan jumlah konsumsi yang tepat dan menghindari makanan berlemak akan secara alami mengatasi masalah kulit seperti jerawat dibandingkan membeli krim yang mahal.

Tomat adalah pilihan terbaik untuk merawat kulit dari gangguan jerawat karena kandungan di dalamnya mampu mempercepat dan mengempiskan jerawat yang membengkak. Selain itu ada juga buah yang bisa membantu membersihkan dan memperbaiki kerusakan kecil pada kulit, yaitu pepaya.

7. Menjaga Kesehatan Rambut
Selain manfaat buah untuk kesehatan kulit, rupanya buah juga baik untuk kesehatan rambut. Vitamin A yang terkandung sangat bermanfaat untuk menjaga rambut tetap berkilau dan lembut. Selain itu, vitamin C yang ada pada buah seperti jeruk juga bermanfaat mencegah rambut rontok. Sedangkan buah-buahan seperti nanas, kiwi, dan stroberi juga dikenal baik membantu pertumbuhan rambut

Manfaat untuk kecantikan tersebut tidak hanya argumen kami semata tetapi berdasarkan rujukan dari berbagai sumber terpercaya. Bahkan ahli kecantikan juga menyarankan penggunaan masker melon dan pisang untuk perawatan rumahan.

Baca juga: Manfaat Buah Okra Hijau

Prosi Konsumsi Buah Berdasarkan Rekomendasi WHO
Supaya bisa merasakan manfaatnya secara maksimal maka harus makan buah dengan porsi yang sesuai dengan aturan. Berdasarkan rekomendasi dari WHO, setidaknya kita harus mengkonsumsi lima porsi atau bila dalam bentuk satuan ukuran adalah sekitar 400 gram sayur dan buah secara rutin. Dengan mengikuti rekomendasi tersebut dikatakan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Agar Anda lebih mudah mengatur pola makan buah, berikut ini maksud dari satu porsi buah sama dengan:
  • Sebuah apel, pisang, pear, jeruk atau sepotong besar buah melon berukuran besar.
  • Dua kiwi ataupun plum berukuran kecil.
  • Stroberi, anggur, rasberi, dan ceri seberat 100 gram.
  • Buah kering sebanyak satu sendok makan.
  • Jus buah sebanyak 150 ml.
  • Buah kalengan atau salad sebanyak dua sendok makan.

Anda mempunyai banyak pilihan cara mengkonsumsinya, bisa dalam bentuk jus. buah masih segar, kalengan, kering, atau beku. Tapi, sebaiknya harus konsumsi berbagai jenis buah dalam sekali makan karena tidak ada satu jenis buah mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan memakan macam-macam buah artinya tubuh akan mendapatkan suplai nutrisi lebih lengkap.

Cara Memilih dan Penerapan Kebiasaan Makan Buah 
Agar buah yang dikonsumsi dapat memberikan nutrisi secara maksimal ada beberapa tips untuk memilih buah:
  • Membeli buah sesuai dengan musimnya. Contohnya, membeli buah rambutan saat musim rambutan telah tiba. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas buah yang memang benar-benar sudah waktu panen serta memperoleh harga lebih murah daripada ketika tidak musim.
  • Mengambil buah di pasar jika kondisinya segar dan tidak ada cacat. Cara mengetahui apakah buah tersebut masih baik atau tidak dapat melihat dari bagian permukaan kulit. Jika warnanya sudah kusam kemungkinan besar sudah lama dan akan busuk.
  • Cuci terlebih dahulu memakai air mengalir ketika akan dimakan agar kuman dan kotoran hilang.
  • Konsumsi dua atau lebih buah dalam sekali makan agar memperoleh nutrisi berbeda.

Untuk menerapkan kebiasaan sehat memakan buah bisa dilakukan dengan mengikuti kiat sederhana ini:
  • Menjadikan buah sebagai menu pencuci mulut saat habis makan pagi, siang, dan malam.
  • Jadikan buah untuk camilan sehat. Anda dapat mencari referensi di internet mengenai camilan dari buah. Tapi, paling mudah adalah dijadikan rujak.
  • Simpan buah pada tempat-tempat yang mudah terlihat sehingga akan lebih menarik perhatian untuk memakannya.
  • Buatlah kreasi makanan yang terbuat dari buah sehingga tidak akan bosan dan akan meningkatkan selera untuk memakan buah-buahan.
  • Jangan mengkonsumsi terlalu banyak jus atau buah kering yang mempunyai kandungan gula tinggi. Apabila ingin meminum jus, buatlah sendiri tanpa gula atau hanya memakai sedikit saja karena buah yang tanpa campuran mempunyai gizi lebih baik dibandingkan yang sudah diberi berbagai macam tambahan.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor

Ternyata banyak sekali ya yang bisa kita ketahui dari pembahasan dalam artikel manfaat buah buahan untuk kesehatan ini. Tetapi, sebelum menerapkan tips ini sebaiknya lihat terlebih dahulu bagaimana kondisi tubuh Anda karena ada sebagian orang yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah. Misalkan saja orang yang menderita intoleransi fruktosa akan mengalami gangguan pencernaan setelah makan buah tertentu. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar