Ternyata 8 Manfaat Terong Ini Sangat Luar Biasa

Manfaat Terong - Buah berwarna ungu ini dikenal sebagai sayuran yang mempunyai berbagai manfaat unik bagi kesehatan, seperti menguatkan tulang atau mencegah osteoporosis, mengurangi gejala pada anemia, dan meningkatkan kognisi. Terong juga mampu menjaga kesehatan jantung serta melindungi sistem pencernaan. Beberapa orang menganggap buah ini baik untuk dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan, menjaga kadar gula dara pada penderita diabetes, mengurangi stres, dan melindungi bayi dari cacat lahir.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat buah terong, kita akan mengenal terlebih dahulu tentang buah ini. Terong adalah buah asli yang berasal dari Benua India namun sekarang sudah bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia.

Di negara Inggris, terong disebut dengan nama aubergine atau juga brinjal, melongene, dan guinea squash. Buah mengkilap berwarna ungu kehitaman ini bisa tumbuh lebih dari satu kaki dalam varietas liar walau sekarang kita jarang menemukan dengan ukuran tersebut.

Ada banyak sekali jenis terong yang dikonsumsi oleh orang di seluruh dunia dan disajikan dengan berbagai macam cara. Meskipun termasuk dalam kategori buah-buahan namun di India dijadikan sebagai raja sayuran karena merupakan salah satu bahan makanan yang serbaguna dan fungsional untuk upacara budaya di sana.

Selain itu, terong juga merupakan salah satu buah tambahan yang sempurna untuk dijadikan sup, saus, atau semur. Kabar baiknya tidak hanya lezat dijadikan makanan, tetapi juga mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang banyak bagi tubuh manusia.

Manfaat Terong Untuk Pria dan Wanita

Manfaat kesehatan yang sangat luar biasa dari buah terong berasal dari mineral, vitamin, dan kandungan nutrisi di dalamnya. Menurut informasi dari USDA, terong ialah buah yang kaya akan vitamin C, K, B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat makanan, asam folat, kalium, dan mangan.

manfaat terong

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Seperti kebanyakan sayuran, terong adalah sumber makanan yang baik dan cocok dijadikan bagian dari konsumsi diet sehat. Serat yang ada dalam terong sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan sehingga orang yang sering konsumsi buah tersebut akan lancar ketika buang air besar. Hal tersebut dikarenakan kandungan terong akan mengangkat tinja sehingga lebih mudah melalui saluran pencernaan.

Baca juga: Manfaat Buah Haw

Serat juga dipercaya mengurangi risiko penyakit jantung secara tidak langsung karena mengurangi kolesterol jahat LDL yang mana dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

2. Menurunkan Berat Badan
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Edward Saltzman dan didanai oleh NIH dan USDA menyimpulkan, "Rata-rata asupan serat makanan di Amerika Serikat saat ini hanya 15 g/hari, yakni setengah dari anjuran AHA sebanyak 25-30 g/hari. Dengan menambahkan terong pada konsumsi harian mereka untuk mencukupi kebutuhan serat di atas 25 g/hari akan membantu mengurangi obesitas".

Terong ialah makanan rendah lemak dan kolesterol sehingga sehat bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan atau diet. Selain itu, serat mempunyai fungsi penting menghambat rasa lapar dengan cara memperlambat pelepasan ghrelin (hormon yang memberi tahu tubuh ketika sedang lapar).

Dengan asupan serat yang cukup, maka tidak akan sering-sering makan dan peluang untuk menurunkan berat badan akan semakin besar, tentunya juga harus diikuti dengan olahraga.

3. Membunuh Sel Kanker
Solasodine rhamnosyl glikosida di dalam kulit terong telah menunjukkan potensi sangat baik dalam membunuh sel kanker kulit. Menurut laporan Bill E. Cham pada 2011 yang kemudian diterbitkan dalam International Journal of Clinical Medicine, buah terong efektif dalam mengobati kanker kulit non melanoma.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Terong sangat baik untuk orang yang berisiko tinggi mengalami degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik adalah senyawa yang membuat warna terong berbeda dengan kebanyakan buah lainnya. Senyawa ini juga bermanfaat mencegah datangnya osteoporosis pada usia lanjut, membuat tulang lebih kuat, dan meningkatkan mineral pada tulang. Buah terong juga mengandung banyak zat besi dan kalsium yang merupakan zat baik untuk kesehatan.

5. Mencegah Anemia
Kekurangan zat besi berkepanjangan sangatlah berbahaya karena lama kelamaan dapat menyebabkan anemia. Gejala awal anemia biasanya ditandai dengan rasa pusing atau migran, depresi, kelelahan, dan kerusakan kognitif. Oleh karena itu, makan makanan tinggi zat besi dapat mengurangi risiko anemia dan terong mempunyai zat besi yang cukup.

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Terong adalah sumber dari fitonutrien yang sudah lama dikenal mampu meningkatkan aktivitas kognitif dan kesehatan mental. Tidak hanya mampu melawan radikal bebas dan menjaga tubuh serta otak dari racun dan penyakit, tetapi juga menjaga aliran darah yang menuju otak. Dengan aliran darah yang lancar maka artinya suplai oksigen ke otak juga akan terpenuhi.

7. Menjaga Kesehatan Penderita Diabetes
Diet sehat dengan memakai terong tidak hanya mampu menurunkan berat badan tapi manfaat lain yang diperoleh adalah menjaga kesehatan penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dan jumlah karbohidrat larut yang rendah, membuat buah ini menjadi makanan ideal untuk penderita diabetes.

Kandungan zat dalam terong berguna sebagai pengatur aktivitas glukosa dan insulin dalam tubuh. Ketika kadar insulin normal dan tubuh tidak mengalami kenaikan gula darah secara drastis maka akan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

8. Mencegah Kelahiran Cacat
Terong ialah buah kaya akan asam folat di mana menjadikannya makanan lezat dan bermanfaat untuk wanita hamil. Asam folat secara langsung melindungi bayi dari cacat yang kemungkinan dapat terjadi. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk menambah kandungan asam folat dalam makanannya.

Baca juga: Manfaat Bengkoang

Perhatian: Terong bagian dari keluarga sayuran nightshade yang mana bisa menyebabkan alergi pada kondisi tubuh tertentu. Karena hal ini, bila Anda mempunyai penyakit yang sangat berisiko tinggi sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahli kesehatan.

Ketika sedang memasak terong sebagian orang melakukannya dengan cara menggoreng, padahal itu salah. Meski dengan digoreng akan mendapatkan cita rasa yang sangat lezat, tetapi akan menghilangkan sejumlah manfaat dan malah menimbulkan kondisi buruk pada tubuh, contohnya kenaikan berat badan karena minyak yang dipakai untuk menggoreng terong banyak terserap. Jadi, sebaiknya masaklah secara benar supaya dapat merasakan manfaat terong ungu untuk wanita dan pria untuk kesehatan secara nyata. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel