Skip to main content

7 Manfaat Bunga Lavender: Dari Menyembuhkan Luka Sampai Infeksi

Manfaat bunga lavender. Bunga berwarna ungu dengan nama lavender merupakan salah satu jenis tanaman dengan banyak sekali kegunaan. Yang sering kita ketahui adalah digunakan sebagai minyak esensial atau pengharum ruangan. Selain itu minyak yang dihasilkan diyakini mempunyai khasiat bagi kesehatan karena esensial lavender mempunyai sifat berbeda dengan tanaman lain ketika masuk ke dalam tubuh.

Bunga ini sangat bermanfaat untuk kulit dan kecantikan tubuh. Biasanya produk kecantikan dan perawatan seperti sampo, sabun, atau krim muka akan memasukkan ekstark lavender ke dalam produknya dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembersih kulit.

Pengetahuan umum tentang lavender
  • Lavender banyak tumbuh di pegunungan mediterania.
  • Manfaat lavender untuk mengobati infeksi jamur, rambut rontok, dan luka sudah banyak dibuktikan.
  • Termasuk ke dalam Kingdom Plantae
  • Merupakan tumbuhan penghasil bunga
  • Masuk dalam kategori tanaman dengan biji berkeping dua

Suatu tumbuhan dapat bermanfaat dikarenakan memiliki kandungan zat yang ada di dalamnya. Tanpa adanya zat tersebut tentunya tidak akan dimanfaatkan oleh manusia. Apabila selama ini kamu hanya mengetahui bahwa bunga lavender dapat dipakai untuk mengusir nyamuk, artinya kamu perlu mengetahui kandungannya terlebih dahulu supaya tahu manfaat lainnya. Adapun kandungan zat lavender adalah nerol, Linalool Asetat, Lavandulol, Camphene, Geraniol, Limonene, Alokasi Ocimene.

manfaat bunga lavender

Manfaat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Minyak lavender dipercaya memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka akibat gigitan serangga dan luka bakar. Beberapa penelitian juga mendapatkan hasil bahwa konsumsi teh lavender bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, muntah, dan pembengkakan pada organ perut. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara lebih mendalam.

Baca juga: 

1. Infeksi Jamur
Journal of Medical Microbiology menerbitkan hasil dari sebuah studi yang memuat penemuan tentang kegunaan bunga ini dalam mengatasi infeksi dan jamur. Hal itu disimpulkan dari kinerja lavender (berupa minyak) dalam mematikan strain yang berpotensi mengakibatkan penyakit kulit.

Pada penelitian tersebut terlihat bahwa minyak atsiri yang disuling dari genus Lavandula bekerja dengan cara menghancurkan membran sel jamur.

2. Penyembuh Luka
Sudi lain diterbitkan dalam jurnal Element-Based Complementary membandingkan efek dari berbagai macam bahan perawatan untuk menyembuhkan luka. Perbandingan tersebut fokus pada stimulasi efek transkutan (TENS), minyak lavender, providone-iodine, dan larutan garam.

Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa minyak lavender dan TENS lebih cepat dalam melakukan penyembuhan luka. Hal ini menunjukkan bahwa khasiat bunga lavender untuk menyembuhkan luka dapat dikatakan cukup efektif.

3. Mencegah Rambut Rontok
Lavender juga memiliki kemungkinan untuk mencegah dan mengobati alopecia areata (kondisi rambut rontok pada sebagian atau semua area tubuh). Untuk Anda yang pertumbuhan rambutnya lambat, dapat menggunakan bunga lavender untuk mengatasinya dikarenakan bunga tersebut mampu mempercepat pertumbuhan sampai dengan 44% sesudah melakukan perawatan rutin selama 7 bulan.

4. Mengobati Kegelisahan
Aroma lavender membantu menenangkan seseorang yang sedang gelisah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Psychiatry in Clinic Practice, para peneliti mencatat kecemasan dari 340 pasien dokter gigi selama mereka menunggu di ruang tunggu.

Setengah dari jumlah pasien tersebut dibiarkan menghirup aroma lavender sedangkan setengahnya lagi tidak. Mereka menemukan fakta bahwa orang yang menghirup aroma dari bunga lavender mempunyai tingkat kecemasan yang lebih rendah daripada pasien lain.

5. Membuat Otot Lebih Rileks
Aktivitas akan sangat terganggu jika otot tubuh terasa kaku dan tegang. Apabila mengalami kondisi seperti ini sebaiknya jangan dianggap remeh karena akan mengganggu bagian tubuh lainnya. Bau dari aroma terapi bunga lavender mampu memberikan rasa nyaman dan tenang. Jadi, kamu dapat meletakkan aroma terapi tersebut di ruang kerja atau ruang santai.

6. Mengatasi Insomnia
Apakah kamu pernah merasakan di mana kondisi mata sudah sangat lelah namun tidak dapat tidur? Ini adalah sebuah gangguan yang dinamakan insomnia. Bila dibiarkan terus berlarut-larut maka kemungkinan besar aktivitas kamu di pagi hari akan sering terganggu. Terlebih lagi jika dialami dalam jangka panjang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Di pasaran saat ini sudah banyak sekali tersedia obat tidur yang dapat dibeli pada apotek terdekat. Namun, dengan mengkonsumsi obat kimia dalam waktu yang lama tidaklah baik dan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan lain.

Daripada memakai obat kimia untuk mengatasi insomnia, kamu lebih baik beralih ke bunga lavender yang sudah pasti alami. Dalam bunga lavender terdapat suatu zat yang dapat membuat aktivitas saraf melambat sehingga anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

7. Mengusir Nyamuk
Mungkin ini adalah manfaat lavender yang sudah banyak diketahui oleh sebagian besar orang. Aroma lavender yang harum sangat tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, banyak sekali produk lotion yang memasukkan lavender menjadi bahan utamanya.

Menarik bukan manfaat dari bunga lavender? Ternyata tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Walau Anda tidak mengalami gangguan di atas, tidak ada salahnya jika tetap menanam untuk dijadikan aroma terapi alami.

Selain itu bila kamu punya cukup banyak juga bisa dijual dengan harga cukup tinggi dibandingkan dengan jenis bunga lain. Namun, bila kamu orang yang tidak mau ribet, bisa menemukan produk lavender di toko-toko yang menjual produk kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar