Skip to main content

7 Manfaat Buah Okra Hijau Yang Tidak Kamu Ketahui

Buah okra yang akhir-akhir ini mulai diburu banyak orang rupanya mempunyai banyak protein yang sangat baik untuk kesehatan kita. Tak sampai di situ okra juga mempunyai beragam kandungan lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Tapi sebelum membahas lebih jauh manfaat okra hijau, kita cari tahu dulu seluk beluk dari tanaman ini.

Apa itu okra? Mari kita mulai dari pertanyaan paling mendasar ini. Okra atau Abelmoschus esculentus adalah tanaman berbulu yang masuk dalam kategori keluarga Malvaceae. Tumbuhan okra merupakan tanaman asli daerah tropis di mana banyak ditemui pada belahan bumi bagian Timur.

Tumbuhan ini hanya dapat hidup di daerah dengan iklim hangat dan lembab atau pada suhu antara 85 derajat farheit. Ciri-ciri fisik dari buahnya ialah ukurannya memanjang, berusuk, dan hampir menyerupai cabai.

manfaat okra hijau

Di Indonesia okra hijau cukup digemari karena mempunyai banyak kandungan seperti Vitamin K serta C yang dapat dikatakan cukup tinggi. Dalam 100 gram buah okra terdapat vitamin C 23 mg dan vitamin K 31 mg. Selain itu kadar serat dalam tiap 100 gram okra juga banyak, yakni kisaran 3 gram.

Kandungan Buah Okra Hijau: Serat, Magnesium, Vitamin C, Protein, Vitamin K, Asam folat, Riboflavin, Kalsium, Magnesium, Kalium, Vitamin A.

Manfaat Okra Untuk Pria dan Wanita

Berikut ini kami sajikan 7 manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi okra sesuai dengan rujukan dari berbagai sumber kesehatan terkemuka.

Baca juga: Manfaat Buah Siwalan atau Lontar

1. Sumber Kalsium
Okra memberikan banyak sekali kalsium dan magnesium di mana akan dapat mencegah defisiensi kalsium dan magnesium. Selain menyehatkan tulang, kalsium diperlukan supaya ritme jantung, tekanan darah, dan kadar kolesterol tetap dalam kondisi normal. Untuk orang vegetarian, okra hijau dapat membantu menyediakan kalsium cukup tinggi sehingga dapat menutupi kekurangan konsumsi susu.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Serat dalam buah okra membantu mengurangi kolesterol secara alami dan karena hal itu risiko terserang penyakit kardiovaskular menurun. Menurut Jurnal of Food Processing & Technology, mengkonsumsi okra hijau adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kadar kolesterol tetap dalam kondisi normal.

3. Meningkatkan Penglihatan
Okra juga umum dikonsumsi untuk menjaga penglihatan supaya tetap sehat. Buah okra adalah sumber vitamin A serta beta karoten yang menakjubkan di mana nutrisi tersebut diperlukan untuk mempertahankan penglihatan agar tetap dalam kondisi baik. Selain itu, beberapa penyakit mata tertentu juga mampu dihambat oleh buah ini.

4. Sumber Protein yang Baik
Manfaat nutrisi okra begitu banyak hingga pantas disebut sebagai "sayuran yang sempurna". Komposisi protein okra sebenarnya sebanding dengan kedelai. Jadi, dengan konsumsi tumbuhan ini secara rutin akan mendapatkan manfaat sama seperti ketikan memakan sereal kedelai.

Memang buah okra dikenal kaya akan protein, terutama asam amino atau protein nabati lainnya sehingga menjadikannya salah satu makanan berprotein nabati terbaik di luar negeri.

5. Membantu Menurunkan Kolesterol
Anda dapat memasukkan tumbuhan tersebut ke dalam menu makanan rendah kolesterol. Sebuah kajian ilmiah yang dikeluarkan International Journal of Nutrition and Food Siences pada 2018, menunjukkan bahwa setengah dari buah okra merupakan serat dalam bentuk pektin yang mana membantu dalam menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, lendir yang dimilikinya akan mampu mengikat kelebihan kolesterol dan racun yang ada dalam empedu sehingga akan memudahkan hati dalam menghilangkannya.

6. Menstabilkan Gula Darah
Okra membantu menstabilkan gula darah dengan cara mengatur laju gula ketika diserap dari usus. Benih okra mampu melakukan normalisasi glukosa dan profil lipid. Oleh karena itu bisa membantu secara alami mengobati diabetes.

Jurnal of Pharmacy & BioAllied Sciences pada 2011 di India menemukan fakta bahwa ketika subjek diberi biji okra kering atau ditumbuk mereka akan mengalami penurunan kadar gula darah secara bertahap. Penelitian ini dilakukan secara teratur selama 10 hari berturut-turut.

Selain dari penelitian ilmiah, banyak juga para penderita diabetes melaporkan penurunan kadar gula darah sesudah merendam potongan okra hijau selama semalam lalu meminum air tersebut di pagi hari. Mungkin ini ada benarnya, sebab di negara seperti Turki buah okra panggang sudah menjadi resep pengobatan tradisional bagi penderita diabetes secara turun-menurun.

Baca juga: Manfaat Labu Kuning

7. Baik Untuk Pencernaan
Okra mengandung serat yang tidak larut sehingga dapat membantu menjaga usus tetap sehat dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal. Okra melumasi usus besar sehingga akan membantu mencegah sembelit.
Selain manfaat okra hijau yang sangat banyak, sebenarnya ada lagi jenis okra merah yang tidak kalah dengan yang hijau. Nantikan pembahasan selanjutnya tentang manfaat okra hijau hanya di Daftar Manfaat. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar