Skip to main content

Macam-Macam Penyerbukan Lengkap Dengan Gambarnya

Macam-macam penyerbukan beserta gambarnya. Penyerbukan adalah suatu proses yang terjadi ketika serbuk sari menempel pada kepala putik bunga. Penyerbukan juga dapat didefinisikan sebagai perpindahan pollen (serbuk sari) yang ada pada kepala sari ke bagian stigma (kepala putik).

Proses perkembangbiakan semacam ini hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan generatif karena hanya jenis tumbuhan tersebut yang memiliki alat perkembangbiakan berupa benang sari dan putik. Ada banyak sekali jenis-jenis penyerbukan dan kali ini kita akan membahas beserta pengertian, gambar, dan contohnya.

Proses penyerbukan ada bermacam-macam yang dapat kita kelompokan berdasarkan perantara yang digunakan dan dari mana asal serbuk sari. Adapun contoh penyerbukan berdasarkan perantara misalnya melalui angin dan air, sedangkan berdasarkan asal serbuk sari seperti penyerbukan tetangga. Supaya lebih paham, silakan baca pembahasan lengkap berikut ini.

Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

Ada empat perantara yang berperan penting dalam proses penyerbukan, yaitu air, angin, hewan, dan manusia. Tanpa adanya perantara tersebut proses penyerbukan pada tumbuhan tidak dapat berjalan dengan baik.

Macam-Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

1. Penyerbukan Dengan Perantara Air
Air sudah dikenal sejak lama sebagai sumber kehidupan seluruh makhluk hidup. Tetapi tidak hanya itu, ternyata air juga menjadi perantara untuk penyerbukan bagi tumbuhan tertentu. Air hujan yang jatuh mengenai tanaman akan mengakibatkan serbuk sari rontok, kemudian serbuk sari tersebut akan terbawa mendekati bagian kepala putik. Contoh tumbuhan yang dibantu oleh air seperti hydrilia dan ganggang.

Penyerbukan Dengan Perantara Angin

2. Penyerbukan Dengan Perantara Angin
Penyerbukan dengan bantuan angin disebut juga sebagai penyerbukan anemogami. Angin yang berhembus akan menerbangkan serbuk sari dari tangkainya hingga jatuh pada kepala putik. Tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan dengan bantuan angin biasanya mempunyai ciri khusus sebagai berikut.

  • Ukuran mahkota bunga kecil
  • Mempunyai warna yang tidak mencolok pada bagian bunga
  • Tangkai sari biasanya panjang
  • Tidak mempunyai nektar atau kelenjar madu
  • Memiliki banyak serbuk sari yang ringan dan berbulu.
  • Ukuran kepala putik besar dan terkadang juga berbulu

Contoh tumbuhan yang memiliki ciri-ciri di atas adalah kelapa sawit, padi, jagung, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan tumbuhan semacam ini di sekitar lingkunganmu.

Penyerbukan Menggunakan Perantara Hewan

3. Penyerbukan Menggunakan Perantara Hewan
Selain dapat merugikan, hewan juga mempunyai sisi menguntungkan bagi tumbuhan. Dalam proses penyerbukan, beberapa tanaman memanfaatkan hewan sebagai perantara. Tumbuhan yang penyerbukannya melalui perantara hewan seperti, bunga sepatu, melati, mawar, dan masih banyak lagi. 

Kamu juga bisa menemukan tumbuhan lain seperti contoh tadi di lingkungan sekitar kamu. Penyerbukan bunga tersebut akan terjadi ketika ada hewan seperti kupu-kupu atau lebah menghinggapi bunga, kemudian serbuk sari akan menempel pada tubuh hewan tersebut, lalu terbawa dan akan bertemu dengan kepala putik saat hewan tersebut hinggap kembali pada bunga lain.


4. Penyerbukan Melalui Perantara Manusia
Antropogami atau penyerbukan dengan bantuan manusia bisanya terjadi pada bunga yang memiliki posisi organel tidak memungkinkan untuk melakukan penyerbukan melalui tiga perantara yang sudah kita pelajari tadi. Ciri-ciri dari tumbuhan yang harus melibatkan manusia dalam proses penyerbukan antara lain:
  1. Bunga tunggal, yaitu bunga yang kepala putik dan serbuk sarinya tidak berada pada satu dudukan.
  2. Tidak memungkinkan masuknya serbuk sari karena kepala putik tertutup.
  3. Serbuk sari terikat sangat kuat dan kecil kemungkinan akan rontok secara alami.

Contoh dari tumbuhan yang memiliki ciri seperti tadi adalah semangka, salak, vanili, dan buah naga. Penyerbukan akan optimal bila dibantu tangan manusia sehingga buah yang nanti akan dihasilkan akan maksimal juga.

Jenis-Jenis Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari

Selain berdasarkan perantara, penyerbukan juga bisa dibedakan berdasarkan dari mana asal serbuk sari. Adapun macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari tersebut seperti, penyerbukan silang, penyerbukan sendiri, penyerbukan bastar, dan penyerbukan tetangga. Berikut penjelasan lengkapnya.

macam-macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari

1. Alogami (Penyerbukan Silang)
Alogami atau umum disebut sebagai penyerbukan silang terjadi apabila benang sari berasal dari tumbuhan lain yang masih sama jenisnya. Hasil dari penyerbukan semacam ini biasanya akan menghasilkan tumbuhan dengan dua perpaduan sifat. Banyak sekali tanaman yang dapat melakukan penyerbukan alogami jika dibantu oleh manusia.

2. Autogami (Penyerbukan Sendiri)
Penyerbukan autogami adalah proses penyerbukan bunga yang terjadi ketika serbuk sari berasal dari tanaman itu sendiri. Keturunan yang dihasilkan biasanya akan memiliki sifat tidak jauh berbeda. Ciri-ciri penyerbukan sendiri adalah memiliki bunga sempurna. Tumbuhan yang mampu melakukan penyerbukan secara mandiri seperti ini contohnya ialah bunga telang, sepatu, dan turi.

3.  Hybridogamy (Penyerbukan Bastar)
Penyerbukan basatar terjadi jika serbuk sari suatu bunga berasal dari tanaman lain yang memiliki jenis berbeda atau setidaknya ada satu sifat yang berbeda. Contohnya serbuk sari dari jambu batu dengan daging merah bertemu dengan putik jambu batu yang mempunyai daging putih.

4. Geitonogami (Penyerbukan Tetangga)
Penyerbukan dapat dikatakan sebagai geitonogami apabila asal serbuk sari dari bunga lain namun masih satu tanaman. Penyerbukan semacam ini terjadi dikarenakan perbedaan tempat serbuk sari dan putik. Artinya serbuk sari maupun putih berada pada bunga yang berbeda. Contoh dari tanaman yang melakukan penyerbukan geitonogami adalah jagung.

Itu tadi macam-macam jenis penyerbukan pada tumbuhan yang sudah saya lengkapi dengan gambar supaya lebih mudah dipahami. Semoga materi yang saya tulis hasil dari merangkum beberapa sumber ini dapat mempermudah kamu untuk belajar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar