10 Manfaat Buah Rukem Bagi Kesehatan yang Tidak Diketahui

iFabrix - Apa manfaat buah rukem? Orang zaman sekarang pasti sebagian besar tidak mengetahui mengenai tanaman jenis ini. Padahal pada zaman dulu sangat populer digunakan oleh orang tua atau nenek dan kakek kita sebagai jamu. Kalau Anda belum tahu mari ikuti terus pembahasan kali ini.

Buah rukem adalah salah satu jenis tanaman asli dari Indonesia yang sekarang keberadaannya sudah tergolong sangat langka. Buah dengan nama latin Flacourtia rukam tersebut mempunyai berbagai macam khasiat alami untuk kesehatan tubuh manusia.

Namun ada satu hal yang menurut saya sangat unik, yaitu cara memakannya. Biasanya sebelum dikonsumsi orang akan menjilat terlebih dahulu. Katanya, "agar rasa sepat pada buah rukam hilang". Jika Anda mencari, kemungkinan masih dapat ditemui di Pulau Sumatra.

Tidak hanya cara memakannya yang unik rupanya buah dengan bentuk bulat dan berwarna merah bila matang ini memiliki berbagai khasiat serta kandungan vitamin C, serat, lemak, dan berbagai nutrisi lainnya.

manfaat buah rukem

Manfaat Buah Rukem Untuk Kesehatan

Berikut ini akan kami sajikan sedikit informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber mengenai khasiat buah rukam.

1. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A yang dimiliki oleh buah rukem sangat baik untuk kesehatan mata. Selain bagian buah, daun nya juga dapat digunakan sebagai obat ketika sedang mengalami radang kelopak mata. Cara penggunaannya cukup dengan menghaluskan beberapa lembar daun lalu peras dan minum air hasil perasan tersebut sampai radang pada mata sembuh total.

Baca juga: Manfaat Buah Okra Hijau

2. Mengembalikan Energi
Jika kamu adalah orang yang melakukan pekerjaan berat atau suka olah raga. Tumbuhan ini bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan tenaga yang hilang selain minuman berenergi. Apa alasannya? Karena di dalam buah rukam terkandung sekitar 345 kJ/100 gram energi. Jadi, tidak diragukan lagi bisa memulihkan energi dengan cepat.

3. Sebagai Obat Diare
Selain sebagai sumber energi, daun dan buahnya yang masih dalam kondisi muda atau hijau sangat ampuh mengobati diare. Hal ini dikarenakan bagian buah memiliki kandungan zat pembunuh bakteri sedangkan daun mempunyai serat alami yang bagus untuk organ pencernaan. Anda cukup merebus dengan air bersih lalu minum air hasil rebusan tersebut.

4. Meredakan Nyeri Ketika Menstruasi
Adanya nutrisi beragam pada rukem sangat baik dikonsumsi oleh wanita. Hal tersebut dikarenakan bisa meredakan rasa nyeri yang umum dialami seorang wanita saat menstruasi. Terlebih lagi yang dimakan adalah buah yang masih muda.

5. Mencegah Kanker
Vitamin C pada rukem merupakan salah satu senyawa antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan sel dan mutasi DNA. Dengan begitu akan berguna untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu, vitamin C juga berfungsi membantu regenerasi pada vitamin E yang merupakan antioksidan kuat.

6. Menghilangkan Bekas Luka Akibat Gigitan Serangga
Nyamuk dan hewan sejenis pada umumnya akan meninggalkan luka kecil setelah menggigit permukaan kulit, terlebih lagi bagi orang dengan kulit sensitif tentunya akan terlihat jelas atau bentol. Bila Anda adalah tipe orang dengan kondisi seperti itu, tidak ada salahnya mencoba mengoleskan air dari buah rukam pada luka tersebut karena cukup ampuh menghilangkan bekas gigitan serangga.

7. Menjaga Tulang Tetap Sehat
Gangguan kesehatan pada tulang sangat banyak dialami oleh orang lanjut usia dan sayangnya obat untuk menjaga kesehatan tulang sangatlah mahal. Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk menjaga tulang supaya tetap sehat sebab kandungan kalsium yang dibutuhkan tulang juga bisa didapatkan pada tumbuhan ini. Maka dengan mengkonsumsi setiap hari akan mencegah dan mengatasi osteoporosis secara alami.

8. Membuat Rambut Tetap Sehat
Rambut rontok salah satu penyebabnya adalah kekurangan vitamin C. Bila kondisi tersebut terus dibiarkan lama-kelamaan bisa menyebabkan botak. Oleh karena itu sebaiknya biasakan konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi. Kabar baiknya, anda tidak perlu membeli buah mahal, cukup dengan makan rukem secara teratur sudah bisa menyembuhkan kerusakan rambut.

9. Membuat Kulit Tetap Sehat
Kandungan vitamin C pada rukem sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran produksi hidroksiprolin serta hidroksil di mana keduanya merupakan penghasil kolagen. Sedangkan kulit sangat membutuhkan kolagen agar tetap tampak kencang. Jadi, bisa disimpulkan bahwa rukem bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini.

10. Mengobati Gangguan Pencernaan
Orang yang menderita gangguan pencernaan seperti diare biasanya karena kekurangan serat atau adanya bakteri di dalam organ pencernaan miliknya. Cobalah sedikit memakan atau menjadikan tanaman ini sebagai minuman ketika sedang mengalami gangguan tersebut.

Baca juga: Manfaat Buah-Buahan 

Khasiat buah rukem memang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu kondisi tubuh sebelum menjadikannya sebagai obat herbal sebab ada kondisi tertentu yang mungkin akan memburuk bila memakan buah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel