Mengejutkan! Ternyata Inilah Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat daun kelor ternyata begitu banyak, terutama untuk kesehatan manusia. Tanaman yang merupakan suku Moringaceae ini memiliki bentuk daun oval bertangkai dan ukurannya juga terbilang kecil. Tinggi dari pohonnya sama dengan pohon-pohon pada umumnya, bahkan dapat juga mencapai sebelas meter. Di ujung rantingnya terdapat bunga dengan warna kuning yang memiliki aroma semerbak. Setelah kita tahu apa saja cirinya selanjutnya mari bahas mengenai manfaat daun kelor.

Banyak sekali manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh, baik kesehatan mata, rahim, kulit wajah, dan bahkan ibu hamil.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Dalam bahas latin tanaman ini dinamakan Moringa Oleifera. Menurut beberapa sumber daun kelor menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia . Di bawah ini beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Untuk Kesehatan Rahim

Kandungan vitanin A, Falvonoid, vitamin C, filosterol, potasium, zat besi, kalsium, dan kalium di dalamnya menjadikan tumbuhan ini bermanfaat bagi kesehatan rahim. Rahim adalah bagian organ reproduksi wanita yang memiliki fungsi untuk menyimpan zigot hasil dari proses pembuahan antara sel telur dan sperma. Bila organ ini tidak sehat, sudah pasti akan mengganggu kesehatan reproduksi. Untuk menjaganya, bisa memanfaatkan daun kelor sebab daun kelor bisa membantu menjaga siklus atau periode menstruasi, mencegah penularan penyakit seksual, kanker ovarium, asam folat tinggi, fibroid, mencegah terjadinya produksi hormon yang berlebih, dan kesehatan kandungan.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Seperti yang saya jelaskan di atas, daun kelor mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi, dalam beberapa penelitian bahkan disimpulkan kandungannya empat kali lebih banyak jika dibandingkan dengan wortel yang selama ini kita kenal sebagai tanaman dengan kandungan vitamin A yang banyak. Dengan mengkonsumsi atau memanfaatkannya memakai cara tertentu dapat menjaga mata tetap tajam, mencegah katarak, rabun, dan mata minus.

Manfaat Daun Kelor Untuk Wajah

Siapa yang tidak mau memiliki wajah cantik/tampan dan sehat. Ya, wajah diibaratkan sebagai titik fokus pandangan orang terhadap kita. Dengan selalu menjaga wajah tetap menarik maka orangpun tidak akan bosan-bosan memandang kita. Wajah yang menarik tentunya adalah wajah yang sehat dan terhindar dari masalah seperti jerawat, flek hitam, dan penuaan dini. Untuk merawat dan menghindari hal tersebut, Anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan banyak uang, karena masalah tersebut dapat diatasi dengan memakai masker yang terbuat dari daun kelor.

Manfaat Untuk Penderita Diabetes

Kandungan daun kelor dipercaya mampu menangani masalah diabetes. Hal tersebut dikarenakan adanya zat yang terdapat di dalam kelor bisa mengurangi tingginya kadar gula darah. Tak cuma itu saja, ternyata tumbuhan ini juga bisa menjadi insulin alami untuk tubuh. Jadi, apabila Anda sehabis menyuntikkan insulin, sangat bagus bila kemudian mengkonsumsi daun ini.

Sangat bermanfaatnya daun kelor bagi penderita diabetes karena adanya zat seng yang merupakan salah satu mineral yang begitu diperlukan ketika tubuh memproses insulin. Para peneliti sudah mendapatkan fakta baik bahwa penderita diabetes yang rutin mengkonsumsi daun kelor memiliki kadar gula cukup rendah dibandingkan dengan yang tidak. 

Mengobati Asam Urat

Selain dapat dijadikan sebagai sayuran, kelor juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan nyeri sendi atau asam urat. Untuk melakukan pengobatan memaki tanaman ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menjadikannya serbuk untuk dibuat teh ataupun dicampur pada makanan, dikonsumsi sebagai sayur, dan memrubahnya menjadi obat oles. Bila ingin merasakan manfaatnya, sebaiknya melakukan pengobatan secara rutin.

Untuk Ibu Hamil

Untuk memanfaatkan daun kelor, bisa dibuat menjadi bubuk lalu disedu atau dibuat menjadi keripik. Tidak hanya untuk orang sakit, tanaman ini baik dikonsumsi untuk wanita hamil, baik hamil muda maupun hamil tua. Beberapa manfaatnya seperti mengurangi risiko catat pada bayi, mengurangi peradangan yang menyebabkan kelainan jantung bayi, menyehatkan jantung ibu hamil, melawan adanya infeksi, dan memberikan energi tambahan pada wanita hamil.

Baca juga: 8 Makanan Terbaik untuk Dimakan Saat Mual

Itu tadi beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan dan bahkan kecantikan yang perlu Anda ketahui.

Belum ada Komentar untuk "Mengejutkan! Ternyata Inilah Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel