Skip to main content

Cara Mengetahui WhatsApp Kita Diblokir Menggunakan 5 Metode Sederhana

Cara mengetahui WhatsApp diblokir teman. Tiba-tiba kontak tidak bisa dihubungi seharusnya sudah tidak mengejutkan lagi bagi kita yang sering menggunakan WhatsApp. Ya, karena kemungkinan besar dia tidak lagi melakukan chat atau panggilan karena telah memblokir kontak kita. Dari berbagai macam fitur yang ada di aplikasi WA, fitur memblokir kontak adalah salah satu yang sangat menyebalkan.

Fitur ini sangat merepotkan apabila dipakai oleh teman karena sangat sulit untuk memastikan apakah dia memang sedang tidak menggunakan WhatsApp atau kita memang diblokir. Tetapi, jika pesan kita terlalu lama tidak terkirim dan akun tersebut tidak melakukan aktivitas sama sekali seperti membuat story ataupun sekedar hanya online kemungkinan besar Anda diblokir.

Walau tidak ada cara pasti untuk dapat melihat apakah benar telah memblok kita selain menanyakan langsung kepada pemilik nomor, tetapi ada beberapa tanda yang dapat dilihat untuk mengetahuinya. Jika kamu saat ini merasa telah diblokir oleh seseorang namun belum yakin, berikut cara memastikannya.

cara mengetahui whatsapp diblokir

Cara Mengetahui Kita Diblokir di WhatsApp

Seperti saya jelaskan di atas tadi kamu dapat mencoba beberapa metode berikut satu per satu dan barulah menyimpulkan hasilnya supaya tidak terjadi keragu-raguan. langsung saja baca di bawah ini.

1. Dengan Melihat Last Seen

Ini adalah metode pertama dan termudah dengan melihat aktivitas terakhir kontak tersebut. Secara default, pada bagian bawah nama akan tertera keterangan jam atau tanggal kapan terakhir online dan sedang online. Apabila pada bagian tersebut tidak ada keterangan sama sekali kemungkinan kamu memang sudah diblokir. Akan tetapi, bisa juga pemiliknya telah mengubah pengaturan menjadi tak terlihat sehingga ketika dia sedang off tidak akan ada keterangan apa-apa.

2. Melihat Tanda Centang Saat Mengirim Pesan

Status penerimaan pesan pada WA standar biasanya akan ditandai dengan tanda ceklist. Jumlah ceklist dan warnanya memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut penjelasan detailnya.

  • Centang satu dengan warna abu-abu menandakan bahwa pesan telah terkirim namun kontak tersebut belum menerima. Biasanya hal semacam ini dikarenakan adanya gangguan jaringan pada ponsel penerima.
  • Tanda centang dua berwarna abu-abu menandakan pesan kamu sudah diterima akan tetapi belum dibaca atau dibuka.
  • Ceklis berjumlah dua dengan warna biru artinya pesan telah dibaca.

Apabila kamu sudah diblokir oleh seseorang maka pesan yang kamu kirim akan bertanda centang dengan jumlah satu dan berwarna abu-abu karena pesan tersebut sudah masuk pada server namun tidak diteruskan kepada penerima. Tetapi, hal tersebut belum cukup dijadikan acuan karena bisa saja si penerima sedang mematikan data seluler atau sengaja berkomunikasi tanpa chat WA.

3. Amati Aktivitas Pada Profilnya

Lihatlah apakah dia sudah lama tidak melakukan update status WhatsApp atau tidak dan apakah foto profil tidak pernah berubah dalam jangka waktu lama. Biasanya orang yang sudah diblokir tidak akan bisa melihat perubahan apapun atau hanya blank putih pada foto dan tidak pernah membuat story. Tapi, sekali lagi ini belum cukup untuk membuktikan bahwa kamu diblokir.

4. Cobalah Dengan Melakukan Panggilan atau Video Call

Untuk langkah keempat ini sangatlah mudah, cobalah langsung menelepon atau VC beberapa kali. Jika pada layar tidak muncul tulisan "Berdering" kemungkinan besar dia sedang tidak aktif atau telah memblokir kamu. Lakukan langkah ini pada waktu yang berbeda karena mungkin saja saat  melakukan panggilan tersebut dia sedang tidak terhubung ke jaringan internet.

5. Undang Kontak Tersebut Ke Grup

Ini adalah langkah terakhir yang dapat dijadikan pertimbangan. Pertama buatlah grup dengan nama apa saja, kemudian coba undang kontak yang ingin kamu ketahui apakah dia melakukan blokir kepada kamu. Apabila kamu diblokir, maka tidak akan bisa mengundang ke grup WA. Cara ini bisa dibilang yang paling akurat dibandingkan dengan keempat cara lainnya.

Baca juga: 

Itu tadi 5 cara mengetahui WhatsApp kita diblokir. Bila dari kelimanya tidak ada tanda bawah nomor WA tersebut bisa untuk dihubungi kemungkinan besar kamu memang sudah di-block atau kalau masih belum yakin bisa langsung menemui dan menanyakannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar