Cara Membaca Kembali Pesan Yang Dihapus Pada WhatsApp

Untuk membantu menjaga privasi, WhatsApp memberikan fitur yang memungkinkan penggunanya dapat menghapus pesan salah kirim sebelum penerima melihatnya. Akan tetapi, kalau Anda sebagai pihak penerima dan ingin mengetahui pesan tersebut kami akan memberikan cara membaca kembali pesan yang dihapus pada WhatsApp.

Sebelum mulai ke inti pembahasan kita akan sedikit membahas seputar fitur tarik pesan ini terlebih dahulu. WhatsApp menambahkan fitur untuk dapat menghapus chat tersebut pada update tahun 2018 lalu. Semua pesan dalam ruang obrolan individu maupun grup dapat ditarik menggunakan fitur tersebut.

Fitur tarik pesan ini sayangnya masih meninggalkan notifikasi kepada penerima bahwa pesan yang belum dia baca telah dihapus. Karena adanya notifikasi tersebut membuat sebagian orang justru menjadi penasaran dan cenderung mencari cara melihat chat WA yang sudah dihapus lama tersebut. Kalau Anda sudah sangat penasaran mengenai cara mengetahui pesan WhatsApp yang telah dihapus mari kita segera menuju ke pokok pembahasan di bawah ini.

cara membaca kembali pesan yang dihapus pada whatsapp

Cara Melihat Pesan WA Yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Trik ini kita akan memanfaatkan data cadangan yang terdapat pada sistem sehingga tidak perlu menyiapkan aplikasi atau akses root. Langsung simak saja di bawah ini

Baca juga: Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir Teman

  • Buka terlebih dahulu aplikasi File Manager yang terdapat di HP Anda. Cari dan buka folder dengan nama WhatsApp > Database. Di dalam folder tersebut semua data chat Anda disimpan, termasuk pesan yang telah ditarik. 


  • Salin semua data yang ada dalam folder Darabase tadi ke folder lain yang mudah untuk diingat. 
  • Jika telah selesai, silakan pergi ke pengaturan aplikasi dan hapus aplikasi WhatsApp atau bisa juga hanya Hapus Data > Hapus Semua Data
  • Sekarang pindah lagi data yang kita salin tadi ke folder semua, yaitu Database
  • Silakan instal kembali WhatsApp melalui Play Store.
  • Buka APK WA yang berhasil diinstal. Masukkan nomor dan kode verifikasi seperti biasa. Setelah itu, biasanya akan muncul dialog Cadangan Ditemukan, pilih saja Pulihkan > lanjutkan.



  • Tunggu beberapa saat hingga proses restore selesai. Lanjutkan dengan membuat nama pengguna dan sekarang silakan cek apakah pesan dihapus tadi sudah terbaca.



Mengembalikan Chat WhatsApp Menggunakan Aplikasi WhatsRemoved+

  • Anda dapat mengunduh aplikasi gratis ini di Google Plya Store. Buka WhatsRemoved+ bila sudah berhasil diinstal dan ikuti semua petunjuk yang diberikan aplikasi tersebut. Selama proses ini, Anda akan diminta untuk memberikan akses yang diperlukan. Biasanya akan meminta untuk akses notifikasi. 
  • Selanjutnya, akan diminta untuk memilih aplikasi yang akan dideteksi apabila ada pemberitahuan masuk, pilih WhastApp > Berikutnya.
  • Apabila muncul dialog "Apakah Anda ingin menyimpan file yang dihapus" pilih Iya Nih. Berikan akses foto, media, dan file di perangkat dengan menekan Izinkan


  • Sekarang kita akan membuktikan dengan mencoba mengirim chat lalu akan saya hapus sebelum dibaca. Riza dalam contoh ini sebagai pengirim yang sudah menghapus pesan sebelum saya berhasil membacanya. Langsung saja buka APK WhatsRemoved+ atau dapat langsung mengakses dari panel notifikasi karena kalau ada yang menghapus chat biasanya aplikasi ini akan langsung memberikan kita notifikasi. Lihat pada halaman WhastRemoved+ pesan yang telah saya hapus tadi tetap terbaca. 


Dari kedua cara tersebut masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Cara pertama memang tidak memerlukan aplikasi tambahan bahkan dapat dilakukan saat HP tidak terhubung dengan internet sama sekali, tapi kelemahannya memerlukan proses yang sedikit ribet dan panjang.

Untuk cara kedua ini lumayan praktis, kita cukup memberikan akses yang diminta aplikasi tersebut dan seketika ada chat yang tiba-tiba dihapus langsung bisa melihatnya. Tetapi, cara ini sebenarnya juga memiliki kelemahan, yakni anda harus mengeluarkan kuota untuk download aplikasi dan akses gratis yang diberikan tidak selamanya. Sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga Anda berhasil untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus pengirimnya.