Skip to main content

Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Disertai Dengan Tabel

Tumbuhan yang ada di bumi dapat dibedakan menjadi dua kategori. Pohon mapel adalah salah satu contoh dari jenis dikotil dan rumput merupakan contoh dari monokotil. Faktor apa saja sih yang dijadikan tolak ukur untuk menentukan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil? Mari kita bahas secara lengkap dalam artikel ini.

Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang hanya memiliki jumlah keping biji satu saja, sedangkan tumbuhan dikotil ialah tumbuhan dengan biji berkeping dua. Jumlah dari keping biji setiap tumbuhan adalah salah satu faktor utama yang dapat digunakan untuk membedakan jenis antara kedua tersebut.

Akan tetapi, perbedaan tadi hanyalah satu faktor utama saja, masih ada banyak kriteria lain yang akan dipakai untuk menggolongkannya. Adapun hal tersebut seperti dapat dilihat dari ciri-ciri akar, batang, kambium, bunga, daun dan banyak lagi.

Baca juga: Fungsi Jaringan Epidermis Tumbuhan

Supaya kamu lebih memahami bedanya monokotil dengan dikotil, kali ini iFabrix akan menjelaskan secara ringkas dan jelas dalam artikel ini. Agar lebih mudah untuk mempelajari, akan saya bagi menjadi beberapa bagian. langsung saja simak di bawah ini.

perbedaan dikotil dan mokotil

Perbedaan Dikotil dan Monokotil

Apa saja sih selain jumlah keping biji yang membedakan antara tumbuhan/tanaman monokotil dengan tanaman dikotil? Berikut ulasan yang dapat kami berikan beserta dengan tabelnya.

Tabel Perbedaan Monokotil dan Dikotil

PerbedaanDikotil Monokotil
Jumlah keping bijiBerkeping duaBerkeping satu
Proses pembelahan bijiPembelahan terjadi ketika berkecambahSebaliknya tidak melakukan pembelahan saat berkecambah
Jenis akarTunggangSerabut
Adanya tudung akarTidak memilikiMempunyai
Asal pembentukan akarBerasal dari akar utama yang bercabangBerasal dari batang
BatangMempunyai cabangTidak bercabang
Kepemilikan kambiumMempunyai kambiumTidak ada kambium
Bentuk dari daunMelebarMemanjang
Jumlah kelopak bungaDua, empat, dan lima serta berlaku kelipatannyaTiga dan kelipatannya
Struktur berkas pengangkutTeraturAcak atau tersebar
Adanya korteksTersusun dari korteks serta steleTidak memiliki/ada
Susunan serbuk sariTerdapat tiga alur Hanya memiliki alur tunggal pada setiap butir serbuk sarinya
Memiliki pembuluh kayuMempunyaiTidak punya

1. Perbedaan Pada Keping Biji
Seperti yang sudah kita singgung di awal tadi, jumlah keping biji menjadi acuan utama untuk dapat membedakan apakah suatu tumbuhan masuk dalam jenis dikotil maupun monokotil. Kita dapat dengan mudah menebak dari sebutannya saja, yaitu monokotil yang artinya hanya memiliki biji berkeping tunggal dan dikotil berarti mempunyai dua keping biji.

2. Perbedaan Pada Bagian Akar 
Bentuk akar juga bisa digunakan untuk membedakan. Akar tumbuhan dikotil berjenis akar tunggang yang memiliki cabang dan sangat kuat. Pada akar tanaman ini kita tidak akan menemukan tudung akar. Sedangkan tumbuhan monokotil mempunyai jenis akar serabut dan mempunyai tudung akar.

3. Perbedaan di Bagian Daun
Tumbuhan jenis monokotil umumnya memiliki bentuk daun memanjang dengan susunan tulang daun sejajar. Sedangkan untuk dikotil, daunnya berbentuk lebar serta tulang pada daun tersebut menyirip ataupun menjari.

4. Perbedaan Bagian Pada Batang
Batang tumbuhan adalah salah satu bagian yang sangat penting. Batang mempunyai fungsi untuk menopang bagian atas tanaman. Ada beberapa perbedaan batang pada tumbuhan berjenis monokotil dengan tumbuhan berjenis dikotil yang dapat kita gunakan untuk membedakannya. Monokotil biasanya akan mempunyai batang tak bercabang, tumbuh meninggi, dan tidak mempunyai kambium. Kalau dikotil sebaliknya, batangnya bercabang, terdapat kambium yang berada antara floem dan xilem.

5. Perbedaan Bagian Berkas/Jaringan Pengangkut
Adapun perbedaan tersebut adalah jaringan pengangkut monokotil tersebar pada seluruh bagian batang, sedangkan dikotil teratur dan membentuk lingkaran yang menyerupai cincin.

6. Perbedaan Pada Bagian Bunga
Nah, adapun perbedaan yang terakhir adalah di bunganya. Kelopak tumbuhan dikotil biasanya mempunyai jumlah 2, 4, 5 dan juga berlaku kelipatannya. Sedangkan untuk jumlah kelopak bunga monokotil berjumlah tiga dan kelipatannya.

Itu tadi beberapa perbedaan dikotil dan monokotil pada tumbuhan yang didasarkan pada batang, bunga, daun, akar, dan lain-lain. Semoga pembahasan ini dapat memberikan ilmu baru kepada para pembaca semua, khususnya yang sedang mempelajari tentang tumbuhan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar