Skip to main content

Padahal Lezat, Tapi 4 Makanan Penyebab Bisul Ini Harus Dihindari

Penyakit bisul atau disebut juga sebagai abses kulit merupakan infeksi yang biasanya muncul pada permukaan kulit dengan ditandai benjolan berwarna agak kemerahan. Pada banyak kasus, bisul akan memiliki bagian ujung berisi nanah yang mana tersusun atas sel darah putih, bakteri, dan protein.

Secara medis bisul adalah infeksi berbentuk benjolan pada kulit yang sebagian besar akan berada pada kelenjar minyak atau folikel rambut. Benjolan tersebut bersifat lunak dan terkadang dapat membesar hingga menyerupai bola ping-pong. Kemunculan bisul dapat di mana saja, termasuk pada bagian ketiak, bokong, leher, bahkan selangkangan. Intinya infeksi kulit ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja yang terdapat kelenjar minyak dan sering terkena gesekan. 

Penyebab bisul di ketiak atau pada tubuh lainnya tersebut dikarenakan adanya kehidupan bakteri pada kulit bernama Staphylococcus aureus. Kulit manusia bisa diibaratkan sebagai benteng pertahanan di mana bila terjadi kerusakan dalam bentuk luka maka akan menjadikan sebagai jalan masuk kuman dan bakteri jahat ke dalam tubuh kita lalu terjadilah infeksi.

Siapa saja yang bisa terkena bisul? Semua orang sebenarnya dapat mengalami gangguan kesehatan kulit ini. Tetapi pada kondisi tertentu akan memiliki risiko lebih tinggi terjangkit penyakit bisul. Misalkan saja orang pengidap diabetes yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah akan mudah mengalami infeksi ini. 

makanan penyebab bisul

Apakah Ada Makanan Penyebab Bisul?

Salah satu bentuk bisul paling umum adalah jerawat kistik di mana dapat muncul bila saluran minyak terinfeksi atau tersumbat den beberapa penelitian ilmiah menunjukkan beberapa makanan dapat memperburuk kondisi jerawat kistik sehingga bisa menjadi bisul besar.

1. Makanan Manis yang Mengandung Banyak Gula
Salah satu bahan makanan ini sudah lama diteliti oleh ahli kesehatan dari berbagai dunia sebagai penyebab jerawat kistik. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh New York Times pada 2009 memuat keterkaitan makanan manis dengan potensi kenaikan indeks glikemik. Bila indeks Glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa sehingga secara teori akan merangsang produksi minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat kistik yang bisa menjadi besar.

2. Makanan Berlemak
Terlalu sering melakukan kontak dengan minyak goreng seperti pada restoran cepat saji seringkali dapat mengakibatkan iritasi jerawat kistik di mana akan terjadi erupsi. Kontak tersebut bisa saja terjadi bila bekerja di outlet makanan cepat saji atau penyedia makanan yang sebagian besar terdiri atas jung food. 

Mark Hyman telah menuliskan tentang hal ini pada situs Huffington Post di mana dalam tulisannya tersebut menyatakan bahwa lemak jenuh dan minyak nabati olahan dari kedelai dan jagung akan merangsang pertumbuhan hormon yang menyebabkan infeksi pada folikel. Namun, berbeda dengan lemak baik seperti omega-3 yang diambil dari ikan justru akan membantu menyembuhkan gangguan pada kulit.

3. Susu
Hyman lebih lanjut juga memberikan laporan hasil uji klinis tentang susu sapi juga menunjukkan peningkatan risiko terkena jerawat hingga bisul. Susu sapi diketahui meningkatkan dan mempercepat produksi hormon insulin yang menyebabkan erupsi. 

4. Makanan Dengan Kandungan Karbohidrat Glikemik Tinggi
Sebagian besar penyebab bisul bisa kita temukan pada bahan makanan yang ada di dapur. Salah satunya ialah karbohidrat glikemik. Orang sering melakukan diet dengan menjadikan makanan mengandung karbohidrat glikemik tinggi sebagai asupan harian mereka, misalkan sereal manis yang tidak terbuat dari biji-bijian. Padahal makanan tersebut adalah salah satu sumber penyebab bisul di ketiak atau area tubuh lainnya. 

Hal ini telah diteliti dan diterbitkan oleh Journal of American Academy of Dermatology dengan memberikan bukti kuat bahwa diet tinggi glikemik akan memperburuk kondisi kulit seperti produksi minyak berlebih yang akan menimbulkan jerawat kistik atau bisul.

Nah, itu tadi beberapa makanan penyebab penyakit bisul di bokong, ketiak atau kemaluan yang harusnya kamu hindari. Konsumsi makanan sehat dan alami dapat membantu mengurangi risiko terkena bisul bila diikuti dengan gaya hidup sehat. Terima kasih sudah membaca pembahasan tentang makanan penyebab bisul di www.ifabrix.com.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar