Cara Mengobati Bisul Besar Maupun Kecil

Bisul atau furunkel adalah benjolan pada kulit berwarna merah dan bisa sangat menyakitkan. Tumbuhnya benjolan tersebut diakibatkan oleh infeksi bakteri jahat. Nama bakteri tersebut ialah staphylococcus aureus. Setelah beberapa waktu, benjolan merah tersebut akan terdapat nanah berwarna putih kekuningan. Bisul biasanya tumbuh pada folikel rambut yang telah terinfeksi namun tidak menutup kemungkinan tumbuh di bagian tubuh mana saja.

Area-area tubuh sekitar folikel ini cenderung memiliki lebih banyak keringat yang mengakibatkan rawan terkena infeksi. Kombinasi tersebut memberikan kondisi sempurna untuk tempat munculnya bisul maupun karbunkel.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat jenis-jenis bisul secara rumahan maupun medis.

Ketika bisul baru muncul akan memiliki ukuran sebesar biji kacang dan berwarna merah. Selanjutnya ketika sudah penuh dengan nanah maka akan lebih besar dan menjadi lebih menyakitkan. Kulit di sekitar bisul juga akan menjadi kemerahan dan kemungkinan membengkak. Puncak dari benjolan pada akhirnya akan memiliki ujung sedikit lancip di atasnya yang berwarna putih. Bila sudah lama ujung tersebut akan pecah dan mulai mengeluarkan nanah. Orang yang menderita karbunkel mungkin akan mengalami demam dan merasa tidak sehat.

Cara Mengobati Bisul Kecil

Bisul kecil umumnya dapat dirawat dan diobati secara mandiri di rumah. Perawatannya biasanya memerlukan waktu antara hitungan hari hingga beberapa minggu untuk sembuh. Ada tips yang dapat Anda lakukan untuk perawatan.


  • Jangan meremas atau mencoba memecahkannya bila belum pada waktunya. Memecahkan bisul bisa menyebabkan infeksi.
  • Kompres memakai kain yang sudah sebelumnya di celupkan pada air hangat setidaknya 3 kali sehari.
  • Jangan terlalu menekan ketika menempelkan kompres pada bisul yang dapat mengakibatkannya pecah.
  • Bila sudah pecah dengan sendirinya segera bersihkan memakai alkohol lalu perban atau tutup memakai kain kasa. Tujuannya supaya infeksi tidak menyebar ke bagian lain maupun terkena bakteri.
  • Biasakan mencuci tangan sesudah dan sebelum melakukan perawatan pada bisul supaya infeksi tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Cara Mengobati Bisul Besar

Apabila Anda menderita bisul dengan ukuran besar ataupun bisul dengan jumlah yang banyak (carbunculosis), sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Karena bisul besar merupakan kondisi yang tidak aman untuk melakukan perawatan secara mandiri. Terkadang bisul yang berukuran besar tidak akan pecah dan hanya dokter yang bisa membersihkannya secara benar.

Dalam beberapa kasus, dokter akan meresepkan antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi terutama bisul pada wajah karena memiliki risiko komplikasi tinggi misalkan infeksi sekunder atau jaringan parut.

Furunculosis Rekuren

Furunculosis rekuren adalah kondisi bisul yang kembali tumbuh lebih dari 3 kali dalam satu tahun. Furunculosis rekuren dalam banyak kasus lebih mudah menyebar terutama di antara anggota keluarga. Seringkali bisul kembali tumbuh pada area lipatan kulit, seperti di bawah perut, selangkangan, dan ketiak.

Mencegah Bisul

Anda tidak selalu dapat mencegah tumbuhnya bisul. Namun Anda tetap harus melakukan melakukan pencegahan serta penyebaran ke bagian tubuh maupun ke orang lain. Kiat pencegahan meliputi:

  • Biarkan bisul dengan perban setiap hari.
  • Setiap kali Anda atau orang lain bersentuhan untuk alasan apapun, Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air.
  • Biasakan selalu mencuci dan menjaga pakaian serta seprai tetap bersih untuk membantu mengurangi penyebaran infeksi bisul. Barang-barang tersebut harus dicuci memakai air panas dan menambahkan sabun cuci untuk mematikan bakteri/kuman yang ada di pakaian tersebut.
  • Bersihkan semua permukaan benda yang sering Anda sentuh entah itu gagang pintu, toilet, gayung, dan lainnya.

Komplikasi Bisul

Bisul, termasuk yang berulang, biasanya akan mengakibatkan komplikasi. Risiko komplikasi paling utama adalah jaringan parut. Komplikasi lain juga termasuk furunculosis rekuren dan tingkat lanjut sebagin penderita mengalami kondisi yang disebut hidradenitis suppurativa. Kondisi tersebut bisa menyerupai bisul yang muncul berulang, tetapi sebenarnya kronis dan lebih serius. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Bisul Besar Maupun Kecil"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel