Waspadalah Dengan 5 Jenis Penyakit Kulit Ini

Banyak anggapan bahwa penyakit kulit hanya akan diderita oleh orang yang memiliki kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan badan. Statment miring tersebut membuat para penderitanya cenderung merasa malu untuk melakukan perawatan medis dan justru menyembunyikannya.

raum merah pada bagian kulit tertentu bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda terkena penyakit kulit ini

Banyak gangguan kesehatan pada kulit yang berada pada bagian tubuh yang mudah untuk dilihat orang lain. Biasanya orang sekitar akan memberikan tanggapan kurang menyenangkan kepada penderita. Akhirnya reaksi orang lain tersebut memberikan tambahan beban secara psikologis pada penderita penyakit kulit.

Penyakit Kulit Berbahaya


Sebetulnya pandangan negatif masyarakat tersebut dikarenakan kurangnya edukasi mengenai penyakit kulit yang biasa diderita. Padahal ada beberapa yang ternyata umum diderita oleh sebagian besar orang dewasa. Contohnya seperti:

Herpes zoster


Penyakit ini adalah salah satu gangguan kesehatan yang dapat timbul pada orang dewasa. Tanda apabila mengalami penyakit ini adalah munculnya ruam berukuran kecil serta tidak merata yang pada akhirnya akan melepuh. Pada bagian kulit yang terinfeksi akan terasa gatal, perih, dan kadang terasa lebih sensitif. Bagian bokong dan badan merupakan area tubuh yang rawan terinfeksi herpes zoster. Namun, tidak menutup kemungkinan juga herpes zoster dapat menginfeksi pada bagian tubuh lain.

Krim steroid maupun antidepresan bisa digunakan untuk mengobati herpes zoster ini.

Tak perlu Anda risau karena penyakit ini umumnya hanya akan diderita dalam kurun waktu 2 minggu saja. Namun selama dua minggu tersebut penderita akan merasakan rasa gatal, sakit, dan mati rasa, ada beberapa kasus rasa tersebut bertahan dalam waktu lebih lama walaupun penyakitnya sudah terlihat sembuh. Nah, itulah pentingnya menyadari penyakit sejak awal agar tidak menimbulkan gangguan lebih lama.

Urtikaria


Mungkin anda sedikit merasa asing dengan nama penyakit kulit ini. Urtikaria adalah nama penyakit dalam ilmu kedokteran yang mana para masyarakat umum menyebutnya dengan nama biduran. Penyakit tersebut dapat dikenali secara fisik dengan melihat cirinya seperti gatal, munculnya bilur-bilur, ataupun raum yang tak sedap dipandang. Gangguan semacam ini bisa saja muncul pada bagian tubuh tertentu maupun pada beberapa bagian sekaligus.

Urtikaria secara umum dapat sembuh dalam jangka waktu beberapa hari saja tanpa melakukan pengobatan. Tapi bila penderita merasa penyakit urtikaria sudah sangat mengganggu dan mempengaruhi aktivitas bisa juga memakai Antihistamin untuk membantu dalam proses penyembuhan supaya lebih cepat. Hal yang harus diingat apabila sudah lewat 48 jam tapi tak kunjung sembuh atau reda, segeralah menghubungi dokter untuk mendapatakan penanganan lebih lanjut.

Psoriasis


Orang dewasa sering mengalami bercak merah serta bersisik, infeksi itu disebut dengan psoriasis. Biasanya bercak tersebut akan muncul pada bagian sikut , punggung bawah, dan lutut. Bercak merah itu akan terasa sakit, bahkan cenderung gatal bila terkena sentuhan.

Meskipun efek negatif dari psoriasis tidak dirasakan secara signifikan, namun gangguan ini akan mempengaruhi aktivitas keseharian Anda. Pengobatan dapat dilakukan dengan memakai salep, injeksi obat, terapi cahaya atau obat oral untuk meringankan gejala yang muncul. Bila tingkatan penyakit yang diderita masih dalam tahap ringan biasanya dapat dikonsultasikan kepada dokter umum, namun bila sudah berat biasanya akan ditangani dokter spesialis kulit.

Eksim


Eksim adalah penyakit kulit yang juga sering menyerang orang dewasa. Penyakit ini muncul ditandai dengan adanya bercak pada kulit yang meradang dan biasanya diikuti rasa gatal pada area tersebut. Dokter mungkin akan menyebut kondisi tersebut dengan nama dermatitis atopik. Bagian yang sering diserang oleh eksim biasanya pada lutut atau sikut.

Untuk penyebabnya saat ini masih belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan para ahli kesehatan bahwa kemungkinan dipicu oleh sistem kekebalan tubuh bekerja terlalu aktif. Banyak tindakan yang dilakukan terkait penyakit eksim dan yang umum dilakukan seperti memakai obat, terapi memakai cahaya, serta mengubah gaya hidup kurang sehat.

Rosacea


Jika kamu mengalami peradanagn pada wajah sangat kronis mungkin kamu terkena penyakit rosacea. Jika dilihat dengan mata telanjang, rosacea hampir sama seperti jerawat yang umum pada remaja, tetapi umumnya ini diderita oleh orang dewasa.  Wujud peradangan itu seperti:


  • Pelebaran pembuluh darah
  • Kemerahan
  • Papula atau munculnya benjolan-benjolan berukuran kecil
  • Adanya bintik kecil yang berisi nanah atau disebut pustula
  • Jaringan ikat pada bagian hidung berlebihan

Munculnya kemerahan pada kulit dalam penyakit ini adalah sebuah tanda bahwa si penderita mempunyai tingkat sensitivitas tertentu terhadap bahan-bahan kimia dan mengakibatkan inflamasi. Untuk merawat gangguan kesehatan kulit semacam ini, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan pengobatan memakai topikal ataupun oral.

Kelima penyakit kulit itu bias dikendalikan dengan aman apabila kamu meminta bantuan dokter. Pada kasus yang sering terjadi penyakit kulit seperti tadi tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang sangat serius, tetapi kondisi tertentu pada penderita dapat membuatnya menjadi mengakibatkan kondisi kurang baik. Jadi, janganlah kamu menganggap remeh setiap masalah kesehatan yang menimpa diri Anda apapun jenis penyakit kulit tersebut. Jika Anda mampu merawatnya segeralah melakukan tindakan pertama lalu bergegas menemui dokter untuk memastikan kondisi tersebut apakah baik-baik saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel