--> Skip to main content

4 Cara Menghilangkan Internet Positif di Android dan PC Terbaru

Cara Menghilangkan Internet Positif - Kalau anda sering melakukan browsing pasti tidak akan asing lagi dengan istilah internet positif di mana merupakan sebuah halaman pengalihan yang dikontrol oleh pemerintah untuk membatasi akses pengguna pada situs-situs tertentu. Walau Anda mencoba memakai berbagai perangkat apapun untuk membuka web semacam itu tidak akan pernah bisa dikarenakan IP Indonesia sudah difilter.

Saat ingin mengunjungi website kesayangan Anda baik memakai PC maupun Android namun malah diblokir memang sangat menyebalkan. Lalu apakah ada cara membuka internet positif di PC dan Android?  Tentu saja ada dan kabar baiknya kami akan membagikan cara tersebut di dalam artikel ini. Tetapi, sebelum membahas masalah itu sebaiknya ketahui terlebih dahulu kenapa suatu website tidak diperbolehkan untuk diakses.

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menjauhkan rakyat Indonesia dari pengaruh internet negatif dan berbahaya. Hal itu dapat kita lihat dengan terlibatnya Kominfo dalam sebuah program bernama INSAN (Internet Sehat dan Aman).

Situs yang dianggap memuat informasi seperti pornografi, penipuan, kejahatan cyber, dan perjudian akan otomatis diblokir dari IP indonesia. Pembatasan akses website didasarkan pada UU Nomor 11 Tahun 2018 dan UU Nomor 25 Tahun 2009 di mana isinya mengenai transaksi elektronik dan informasi dalam bentuk digital.

Cara Menghilangkan Internet Positif Android

Dalam pembahasan kali ini akan saya bagi menjadi dua kategori, yakni untuk HP Android serta Dekstop. Anda dapat mengikuti salah satu tutorial tersebut dengan menyesuaikan perangkat yang akan digunakan. Untuk caranya silakan baca di bawah ini.

Baca juga: 

1. Cara Mengatasi di Android Tanpa Memakai Aplikasi
Untuk yang pertama kita akan memakai web proxy. Jadi, bisa dilakukan lebih mudah dan tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

cara menghilangkan internet positif android

  • Buka terlebih dahulu https://www.proxysite.com/id menggunakan browser apapun yang kamu miliki.
  • Pada bagian server ubah menjadi negara lain selain Indonesia, misalkan memakai EU Server.
  • Setelah itu tulis pada kolom enter URL alamat dari website yang mau dibuka. 
  • Sekarang kamu sudah bisa mengakses situs web diblokir tersebut.

2. Menggunakan VPN
Selain memakai cara di atas, kita juga dapat membuka memakai VPN pada ponsel Android. Aplikasi pihak ketiga semacam ini sudah banyak beredar dan bisa didapatkan pada Google Play Store. Sebagai contoh saya akan menggunakan VPN bernama Pshipon untuk mengatasi pembatasn akses web ini.

cara menghilangkan internet positif

  • Instal terlebih dahulu aplikasi tersebut. 
  • Sesudah terinstal, silakan langsung buka.
  • Terakhir tekan tombol Start yang ada pada kiri bawah. Namun bila ingin mengatur server mana yang akan dipakai, bisa membuka pada menu option dan tentukan server negara mana pada kolom Select region.
  • Selesai

Cara Membuka Internet Positif di PC

Pada perangkat PC atau Laptop kita bisa membuka web yang diblokir memakai beberapa pilihan cara berikut yang mana akan menggunakan browser kesayangan Anda seperti Opera Mini, Google Chrome, Mozila, dan sebagainya.

1. Menggunakan Ekstensi Google Chrome dan Mozila
Bagi pengguna Chrome versi laptop atau komputer sangat mudah untuk melewati blokir, yakni hanya dengan memasang ekstensi Betternet VPN melalui Chrome Webstore

cara membuka internet positif di google chrome dan mozila

  • Buka Google Chrome pada PC kamu, lalu unduh ekstensi berikut melalui link Betternet Unlimited Free VPN Proxy.
  • Pasang ekstensi tersebut dengan cara tekan tombol Tambah ke Chrome yang ada pada kanan atas. Jika muncul kotak dialog pilih Tambah ekstensi.
  • Setelah proses instalasi selesai akan muncul logo perisai pada kanan atas browser. Klik simbol tersebut lalu tekan Connect.

Ekstensi atau add-ons ini selain bisa dipakai pada Chrome juga dapat digunakan di browser Mozila Firefox. Jadi, silakan pasang pada kedua browser tersebut apabila kamu mempunyainya.

2. Di Opera Mini PC
Cara ini sebenarnya sama saja dengan sebelumnya namun kita akan memakai VPN yang berbeda dikarenakan Betternet tidak tersedia untuk Opera mini. Lebih jelasnya langsung saja simak pembahasannya berikut.

cara membuka internet positif


  • Unduh terlebih dahulu VPN SurfEasy Proxy melalui tautan tersebut. 
  • Lalu pasang add-ons tersebut dengan menekan Add to Opera.
  • Setelah selesai bukan dan jalankan dengan klik pada tombol on/connect.
  • Cobalah untuk membuka halaman web yang sebelumnya terblokir.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini. Sekarang Anda sudah seperti mempunyai browser tanpa blokir internet positif sehingga bisa melakukan akses ke berbagai situs manapun. Walau begitu, tetaplah bijak dalam menggunakan dan jangan melihat konten-konten yang mempunyai pengaruh buruk pada kehidupan kita.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar