Cara Menghemat Kuota Internet Telkomsel, 3, Axis, dan lainnya

Suka berselancar di Internet tapi tidak mau boros data? Begini cara mudah untuk menghemat kuota internet agar kantong tidak kempes. Di era modern ini aktivitas browsing sudah menjadi hal yang umum dilakukan setiap orang, bahkan sebagian besar aplikasi juga akan selalu terhubung dengan koneksi internet baik ketika memakai Wi-Fi ataupun data seluler. Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara menghemat kuota.

Semakin sering kita mengakses internet dan semakin cepat kecepatan transfer maka akan semakin cepat habis juga kuota kita. Perusahaan telekomunikasi rata-rata memberikan batasan jumlah byte yang dapat digunakan dalam satu bulan. Jika Anda telah mencapai batas tersebut, tidak akan bisa melakukan penelusuran web atau Anda harus membayar memakai pulsa dengan tarif normal.

Jika Anda adalah orang yang kerap memakai media online untuk bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya, Anda harus menyediakan kuota dengan jumlah yang lebih banyak. Namun bila dirasa itu akan menghabiskan banyak uang, berikut tips untuk menghemat kuota ala iFabrix.

Begini Cara Menghemat Kuota Internet Semua Operator

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan supaya pemakaian paket data dapat lebih hemat sehingga pengeluaran bulanan untuk membelinya bisa ditekan.


1. Selalu Pantau Penggunaan Kuota Anda


Pantau terus pemakaian data internet dan bila diperlukan matikan aplikasi yang memaki banyak kuota.

Saat Anda mempunyai kuota data seluler, hal yang harus dilakukan adalah memperhatikan penggunaan data Anda. Lebih tepatnya, kamu harus melihat aplikasi apa yang banyak menghabiskan kuota. Dengan mengetahuinya, bisa segera mematikannya bila dirasa aplikasi tersebut tidak begitu diperlukan.

Ponsel Android biasanya dilengkapi dengan fitur pemantau penggunaan data internet. Bila tidak ada, bisa mencarinya di Play Store. Salah satu aplikasi yang dapat menampilkan pemakaian kuota baik telkomsel, xl, 3, atau Axis adalah aplikasi Onavo Count. Aplikasi ini tersedia diperangkat berbasis iOS dan Android. Jadi, dengan aplikasi itu Anda dapat membatasi aplikasi mana yang menghabiskan banyak kuota.

2. Kompres Data Seluler



Dengan melakukan kompres data maka kuota yang dibutuhkan untuk mengakses internet akan lebih sedikit.

Ada beberapa layanan yang menawarkan untuk mengecilkan data yang akan diterima perangkatmu sehingga tidak membebani kebutuhan datamu yang terlalu besar. Contoh aplikasi Android terbaik yang dapat digunakan ialah Onavo Extend. Aplikasi ini akan bekerja seperti layaknya VPN. Jadi, sebelum data masuk ke perangkat Anda, data akan dikirim ke server Onavo untuk di-kompres.

Beberapa browser juga telah menyediakan fitur semacam ini, seperti browser Chrome yang mana bekerja dengan mengirimkan data terlebih dahulu ke server Google untuk meminimalkan pemakaian data Anda. Ada juga browser dengan kemampuan serupa, yaitu Opera Mini.

3. Matikan Notifikasi Push


Push adalah notifikasi yang akan muncul setelah ditemukan pembaharuan. Sayangnya push menghabiskan banyak kuota karena setiap notifikasi yang muncul akan memakai data seluler.

Push adalah fitur yang sangat berguna. Dengan adanya fitur ini akan lebih mudah untuk mendapatkan pembaharuan lebih tepat waktu dari email, pesan, dan media sosial. Namun kelemahan dari fitur tersebut ternyata banyak yang tidak menyadarinya, yaitu notifikasi push akan memakai data dan semakin banyak notifikasi maka akan semakin banyak juga kuota yang akan dihabiskan.

Untuk menghemat kuota, batasi permintaan push dari aplikasi di perangkat Anda, berikan akses hanya pada aplikasi penting seperti aplikasi chatting dan lain sebagainya.

4. Hapus Proses Latar Belakang


Proses latar belakang dapat berupa proses pengunduhan data dan sebagainya. Ini juga merupakan salah satu penyebab kuota cepat habis.

Ketika kamu membuka aplikasi dan keluar dengan menekan tombol home pada Android maka aplikasi tersebut tidak benar-benar tertutup. Aplikasi tersebut masih melakukan proses latar belakang yang berjalan dan akibatnya dapat membuat HP menjadi lemot serta menguras kuota internet anda. Proses latar belakang tersebut bisa berupa pengunduhan data dan sebagainya.

Untuk memastikan bahwa semua aplikasi yang tidak dibutuhkan tertutup sepenuhnya, gunakan menu recent app. Di menu tersebut akan menampilkan proses dari semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Bila banyak ditemukan aplikasi tidak penting yang masih bekerja di background, segera hapus saja.

5. Mematikan Data Untuk Aplikasi Tertentu


Aplikasi yang sebenarnya dapat berjalan tanpa adanya koneksi internet sebaikan diberikan pemabatasan penggunaan data supaya tidak buang-buang kuota.

Terkadang, seberapa kalipun Aplikasi telah dihentikan tetapi tetap selalu hidup kembali dan terus menerus memakai penggunaan data. Jika ini terjadi secara terus menerus pada HP kamu, ada cara sepenuhnya untuk mematikan pemakaian kuota internet supaya tidak boros, yaitu mematikan akses penggunaan data pada aplikasi tertentu saja.

Buka menu pengaturan > aplikasi terinstal > batasi penggunaan data > hilangkan centang pada data seluler. Di setiap ponsel mungkin letak pengaturan ini dapat berbeda-beda.

6. Matikan Pembaharuan Otomatis Melalui Data Seluler


Untuk menghemat banyak kuota jangan pernah membiarkan update berjalan secara otomatis. Sebaiknya atur saja update berjalan ketika perangkat terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Baik perangkat iOS atau Android  memungkinkan penggunanya untuk memperbaharui aplikasi atau sistem secara otomatis. Memang ini sangat berguna, tetapi fitur ini sangat menguras kuota apalagi aplikasi yang diperbaharui bukanlah aplikasi penting.

Untuk mematikannya pada Android cukup dengan membuaka Play Store > SetelanUpdate aplikasi secara otomatis > pilih update hanya memakai Wi-Fi atau jangan izinkan sama sekali.

Baca juga: HP Lemot? Begini Cara Mudah Mengatasinya

7. Matikan Data Seluler Saat Perangkat Tidak Digunakan


Jika kuota internetmu sudahmenipis, ada baiknya menyalakan data seluler ketika perangkat atau HP sedang digunakan saja supaya kuota tidak terbuang sia-sia.

Cara ini cukup dilakukan bila kuota kamu benar-benar mau habis dan belum bisa untuk membelinya. Karena setelah mematikan data tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi yang membutuhkan akses internet. Jadi, hidupkan saja data seluler ketika perangkat mau digunakan.

Itu tadi 7 cara untuk menghemat kuota internet pada HP Android. Apabila kamu punya cara lain silakan bagikan di kolom komentar agar pembaca yang lain juga mengetahuinya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Internet Telkomsel, 3, Axis, dan lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel