Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Sampai Ratusan Juta

Pasti Anda pernah bertanya pada diri sendiri bagaimana sih cara menghasilkan uang dari YouTube? Pertanyaan semacam ini sudah lama ada dan menjadi topik pembahasan hangat di forum-forum bisnis online. Sebagian besar orang ada yang menanggapinya sebagai hal yang sangat susah namun banyak juga yang telah berhasil menjadi kaya melalui konten video yang mereka buat.

Apabila Anda adalah seorang penggiat internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs penyedia video dengan nama YouTube. Di situs tersebut kita dapat membagikan berbagai macam kategori video karya kita agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Selain itu kita juga dapat melihat video hasil karya orang lain dengan gratis.

Para pengunjung YouTube sering menghabiskan waktu hingga berjam-jam melalui gadget mereka untuk melihat berbagai macam video unik dan seru yang dibagikan oleh konten kreator YouTube dari berbagai belahan dunia. Situs tersebut merupakan salah satu sosial media berisi video yang memiliki banyak pengunjung dan menjadi salah satu ladang penghasil uang yang sangat populer.

Sama seperti yang dikatakan oleh pepatah dalam dunia bisnis, di mana tempat yang ramai maka di situlah uang akan berasal atau terdapat potensi keuntungan. hal tersebut benar adanya karena seperti yang kita ketahui sudah banyak orang yang mampu menghasilkan dari puluhan juta sampai dengan ratusan juta melalui video yang dibagikan ke YouTube.

Lantas seperti apa cara mendapatkan uang dari YouTube Channel dan siapa yang mau membayar hingga jutaan kepada kita? Untuk pertanyaan tersebut sudah iFabrix berikan jawabannya di dalam ulasan berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Dengan Konten Video

Alasan umum yang mendasari pengguna internet untuk sering-sering mengunjungi YouTube adalah karena menyajikan berbagai konten menarik dan nyata dalam bentuk video. Sangat berbeda dengan konten teks ataupun gambar yang tidak dapat terlihat hidup apabila dilihat. Banyaknya video di YouTube tersebut diunggah oleh pemiliknya dengan niat dan tujuan berbeda-beda.

Ada pemilik konten video yang hanya bertujuan untuk menyalurkan hobi, ada yang ingin mempromosikan bisnis miliknya, dan ingin menghasilkan uang atau keuntungan dari video miliknya. Namun, dari semua tujuan tersebut ada satu tujuan yang sama-sama ingin dicapai, yaitu mendapatkan banyak penonton dari pengguna internet. Oleh sebab itulah mereka menyajikan konten yang kiranya dibutuhkan dan dapat menarik pengunjung untuk melihatnya dari YouTube.

Ada banyak sekali jenis dan kategori video yang bisa kita dapatkan di YouTube. Topik umum yang kerap dijadikan tema video antara lain humor, tutorial, teknologi, berita, pendidikan, dokumentasi, tempat wisata, makanan, dan bahkan game.

Baca juga: Daftar Pekerjaan Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar Bisa Sambil Sekolah

Apabila kamu pernah mengunjungi YouTube, pastinya pernah melihat berbagai macam iklan yang terdapat pada awal video, baner yang muncul ketika video diputar, dan berada pada menu sidebar. Pada umumnya iklan semacam itu akan terlihat pada video dengan views yang sudah banyak. Nah, dari iklan itu tadi sumber penghasilan dari pemilik video.

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube?

Apabila Anda ingin mendapatkan penghasilan dari YouTube,terlebih dahulu harus memiliki konten video yang menarik dan bermanfaat untuk diunggah ke YouTube. Semakin menarik video milik Anda, semakin banyak pula yang akan melihatnya dan artinya peluang untuk menghasilkan uang dari YouTube akan semakin besar.

Namun sebelum memulainya saya tekankan bahwa tidak ada jaminan setelah Anda membuat video dan mengunggah di YouTube akan memperoleh banyak uang. Pembahasan ini hanyalah informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube untuk pemula yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Jika tertarik silakan ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Membuat Akun YouTube

langkah pertama untuk membuat akun YouTube tidaklah sulit. Bila sebelumnya pernah mendaftar atau membuat akun dari layanan besutan Google seperti Gmail, maka Anda dapat memakainya untuk membuat akun di YouTube. Pertama-tama silakan masuk ke Gmail milikmu, lalu buka YouTube melalui link di sini. Nanti Anda akan melihat tampilan dari halaman YouTube seperti di bawah ini.

Membuat Akun YouTube

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat Channel YouTube milik kamu sendiri. Untuk mulai membuat, klik pada tulisan My Channel yang terletak pada sisi kiri halaman. Setelah itu akan keluar beberapa pilihan untuk menentukan nama dari channel milik kita, apakah mau memaki nama asli dari akun Gmail yang digunakan untuk mendaftar atau memaki nama lain.

Tetapi, saran saya gunakan nama berbeda dari akun Gmail milikmu supaya terlihat unik dan menarik. Anda bisa menyesuaikan nama channel dengan topik pembahasan apa yang nantinya akan dimasukkan ke dalam konten video kita. Untuk melakukannya silakan pilih To use business or other name, kemudian akan terbuka halaman baru.

Pada halaman yang baru terbuka tersebut akan tersedia kolom yang berfungsi untuk memasukkan nama channel milik kamu. Kemudian pilih salah satu kategori sesuai dengan konten video buatanmu nanti dan jangan lupa centang pada I agree to the Pages Terms dan pilih Done.

Apabila sudah melakukan langkah seperti di atas tadi, maka akan dialihkan ke dalam channel milik kamu di YouTube. langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur tampilan, memberikan icon, memberi cover, dan beberapa kostumisasi lainnya yang dirasa akan mempercantik tampilan. Setelah sampai tahap ini berarti kamu sudah selesai dalam proses membuat akun YouTube atau channel YouTube.

2. Upload Video ke YouTube

Supaya dapat menghasilkan uang dari Youtube tentunya kita harus mempunyai video yang di-upload ke YouTube terlebih dahulu dan video tersebut harus original. Konten video tidak boleh hasil karya orang lain atau melanggar hak cipta dan wajib memenuhi kebijakan dari YouTube. Pelanggaran hak cipta yang saya maksud tersebut mulai dari musik/suara, gambar, logo, dan lain sebagainya.

Sebetulnya ada banyak sekali ide-ide untuk membuat sebuah konten video original, misalkan saja rekaman ketika bermain game, bermain gitar, bernyanyi, memasak, tutorial membuat barang kerajinan, atau perjalanan wisata.

Di bawah ini merupakan salah satu contoh konten video karya anak bangsa yang memiliki banyak sekali views di YouTube dari berbagai kalangan.

Upload Video ke YouTube

Lakukan pembuatan video dengan sungguh-sungguh dan konsisten untuk channel kamu. Paling tidak Anda harus mempunyai video unik dan menarik sebanyak 100 sampai dengan 200 agar bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Jadi, semakin banyak video yang di-upload maka akan semakin besar juga potensi untuk dapat menghasilkan uang dari YouTube.

Perhatikan: Jangan pernah untuk mencoba meng-upload hasil karya milik orang ke channel milikmu karena hal tersebut dapat melanggar hak cipta dan mengakibatkan masalah pada channel YouTube kamu pada kemudian hari.


3. Meningkatkan Viewers YouTube

Terdapat berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk membuat channel semakin populer sehingga mempunyai jumlah viewers banyak. Namun, beberapa metode umum yang mudah dilakukan ialah sebagai berikut.

  • Sering update video terbaru yang memiliki banyak manfaat, menarik, dan tidak mencontek ide orang lain. Video sebaiknya mempunyai kualitas bagus atau memiliki resolusi tinggi sehingga akan membuat penonton betah melihatnya.
  • Fokus pada topik tertentu yang sudah direncanakan sejak awal pembuatan channel. Hal ini dilakukan supaya kamu memiliki pengunjung tetap yang memang membutuhkan tiap video buatanmu. Contohnya bila Anda mempunyai keahlian untuk bermain musik maka tetaplah fokus untuk memberikan video yang berhubungan dengan topik seputar musik. Misalkan anda melakukan rekaman saat bermain gitar atau bernyanyi, membuat tutorial tentang kunci gitar,  dan sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda akan memiliki subscriber yang setia menanti update konten video terbaru buatan kamu.
  • Sama seperti hal di atas, subscriber channel YouTube merupakan faktor penentu popularitas sebuah channel. Maka dalam setiap video jangan lupa menyampaikan ajakan kepada pengguna untuk melakukan subcribe.
  • Lakukan promosi di berbagai sosial media. Sosial media seperti Facebook dan Twitter bisa mendatangkan banyak pengunjung karena di dalam sosmed tersebut terdapat begitu banyak akun yang aktif untuk mencari-cari informasi atau sekedar hiburan. Anda juga bisa mempromosikan memaki iklan FBAds agar lebih efektif.

4. Memasang Iklan di YouTube

Walaupun ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari YouTube, tetapi kebanyakan YouTuber lebih memilih untuk menayangkan iklan Google Adsense di video mereka. Pihak Adsense terkadang akan mengundang pemilik channel yang telah memiliki banyak views untuk bergabung dalam program iklan mereka. Namun, bila Anda tidak mendapatkan undangan bisa melakukan pengajuan untuk mendaftarkan monetize pada Google Adsense.

Tetapi, jika sebelumnya sudah punya akun Adsense tidak perlu melakukan pendaftaran kembali. Hal yang harus dilakukan hanyalah menghubungkan akun Adsense pada akun YouTube dan pastinya email yang dipakai di kedua akun tersebut harus sama. Apabila sudah berhasil terhubung, kini tinggal menunggu earning yang terus mengalir melalui video milik kamu.

Untuk bisa menjadi pemain YouTube profesional harus memiliki ide-ide kreatif dan sikap pantang menyerah. Semakin tekun dalam membuat video kreatif untuk channel kamu, maka semakin terbuka lebar kesempatan mendapatkan uang dari YouTube. Penghasilan yang diperoleh tidaklah terbatas karena penentu dari jumlah pendapatan adalah konten menarik, bermanfaat, serta banyaknya views yang dimiliki dari tiap-tiap video YouTube di channel-mu.

Jenis Video yang Banyak Menghasilkan Uang di YouTube

Seperti yang sudah saya katakan tadi, untuk menghasilkan uang dari YouTube kunci utamanya adalah mempunyai konten unik serta menarik. Lalu seperti apakah konten menarik itu contohnya? Tentunya yang dapat mengalihkan perhatian orang agar mau menonton video Anda. Di bawah ini merupakan contoh dari beberapa konten menarik untuk YouTube yang dapat menghasilkan uang.

  • Voice Over: Dapat berupa rekaman dari suara anda sedang membahas suatu topik atau fakta terkini, berita aneh, ulasan sebuah produk atau film dan lain sebagainya sehingga membuat orang penasaran untuk melihatnya.
  • Video List: Tayangan semacam ini membahas suatu daftar tertentu yang disajikan secara visual. Misalkan saja membuat video mengenai daftar film horor terbaik tahun ini, 7 fakta dibalik boneka jailangkung, 10 tempat yang diduga menjadi sarang alien, dan masih banyak lagi.
  • Tutorial: Konten tutorial adalah salah satu yang saya sarankan karena dapat bertahan lama. Misalnya tutorial memasak rendang, maka dari tahun ke tahun untuk memasak rendang akan melalui proses tanpa banyak perubahan. Jadi, konten milikmu masih relevan untuk beberapa tahun ke depan.
  • Parodi: Konten jenis plesetan atau parodi ini juga salah satu topik abadi yang mana akan tetap disukai dari waktu ke waktu. Namun, bila membuat video parodi jangan sampai berlebih di mana dapat mengakibatkan orang yang diparodikan tersinggung dan membuat Anda terjerat kasus hukum.

Baca juga: Bisnis yang Laku Setiap Hari Bikin dan Untung Terus

Pembahasan di atas ialah langkah dasar mengenai cara menghasilkan uang dari YouTube terbaru yang dapat kamu coba saat ini juga. Tapi bukan berarti akan seketika mendapatkan kesuksesan bila telah mengikuti tutorial ini karena segala macam bisnis untuk mencapai keberhasilan diperlukan proses panjang serta berbagai macam uji coba.  Bila Anda terus berusaha menghasilkan konten terbaik pasti suatu saat akan bisa merasakan penghasilan besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel