Skip to main content

5 Cara Membuka Pola HP yang Lupa Tanpa Factory Reset

Pola HP sudah menjadi suatu fitur keamanan yang wajib digunakan pada smartphone masa kini supaya tidak semua orang dapat membuka atau mengakses ponsel kita. Namun selain dapat membuat ponsel lebih aman, sayangnya juga dapat membuat pengguna kebingungan apabila lupa pola HP sehingga pemilik sendiri tidak dapat menggunakannya. Untuk itu iFabrix akan memberikan sedikit tips cara buka pola HP terkunci.

Kita semua sudah tahu bahwa dengan mengaktifkan kunci pola dapat mengamankan segala data penting yang kita simpan di dalam handphone agar tetap aman dan untuk berjaga-jaga dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih lagi bila dalam ponsel terdapat akun penting seperti PayPal sehingga akan gawat apabila ada tangan jahil yang dapat mengakses nya atau bahkan ingin mencuri uang/saldo yang ada di dalamnya. Karena alasan tersebut kamu pasti akan mencoba mengaktifkan fitur pengaman seperti memakai pola HP yang sangat rumit sehingga tidak ada orang yang dapat mencurinya.

Tapi dengan mengaktifkan pola tersebut, bagaikan kita sedang memaki pedang bermata dua di mana dapat memberikan perlindungan pada data milikmu namun juga dapat membuat kamu kerepotan apabila lupa pola HP tersebut. Terlebih lagi kunci pola yang Anda buat sangat rumit maka akan semakin besar kemungkinan untuk lupa.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Terus bagaimana apabila kita lupa pola HP Android? Tenang saja, saya akan jelaskan cara membuka pola yang lupa tanpa harus mengembalikan ke pengaturan pabrik. Saya tegaskan kembali cara ini untuk mengatasi lupa pola Android bukan kata sandi atau fingerprint tidak berfungsi. Simak ulasannya berikut ini.

 Menggunakan Fitur Forgot Pattern atau Lupa Sandi

Ini adalah cara paling mudah untuk membuka pola HP karena hanya membutuhkan sambungan internet dan akun Google untuk melakukannya. Langsung saja kita bahas caranya.

  1. Siapkan ponsel Android yang lupa pola, akun Google, dan koneksi internet.
  2. Apabila ponsel dalam kondisi mati, nyalakan terlebih dahulu.
  3. Sekarang Hp sudah hidup dan dihadapkan pada kunci pola, tekan Forgot Pattern.
  4. Maka kamu akan masuk ke dalam menu account unlock. Masukkan email beserta dengan passwordnya. Tekan Singn in.
  5. Setelah itu akan muncul pilihan kembali, yaitu Anda dapat menjawab pertanyaan yang hanya diketahui oleh kamu atau Google akan mengirim pola  HP milikmu ke email yang dimasukkan tadi. Pilih opsi yang kedua saja.
  6. Buka email di perangkat lain seperti melalui PC atau meminjam ponsel milik teman.
  7. Sesudah membuka email dan menerima pola yang dikirim oleh Google, masukkan pada smartphone milikmu agar terbuka.
  8. Nah, kini ponsel sudah dapat digunakan kembali.


Dengan Android Device Manager

  1. Siapkan perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengakses halaman web melalui browser, misalnya menggunakan laptop, PC, atau handphone lain.
  2. Buka website Android Device Manager melalui link di sini
  3. Masuk ke website tersebut dengan memakai akun Gmail yang sama pada HP lupa pola. 
  4. kamu akan dihadapkan pada tiga pilihan, yaitu Hapus, Deringkan, dan Kunci. Tab pada pilihan Pilih Kunci atau bila ponsel milik kamu memaki bahasa Inggris berarti Lock.
  5. Sudah memilih opsi kunci, selanjutnya silakan input password baru.
  6. Bila diminta untuk konfirmasi kata sandi, lakukan saja dan klik Kunci.
  7. Tunggu beberapa menit kemudian. Coba masukkan kata sandi baru pada ponsel milikmu.
  8. Hore, kini handphone Android milikmu sudah dapat digunakan kembali.

Menggunakan Bantuan Smartphone Lain

Cara ini dapat dilakukan hanya di beberapa HP Android tertentu saja, tapi tidak ada salahnya kamu mencobanya.
  1. Siapkan HP lain yang dapat digunakan untuk telepon.
  2. Panggil nomor yang terpasang pada ponsel lupa pola tersebut.
  3. Bila panggilan sudah masuk, terima saja kemudian segera tekan tombol Home.
  4. Bila berhasil masuk home tanpa diminta untuk memasukkan pola, artinya ponsel kamu dapat tertolong memakai metode ini.
  5. Buka menu pengaturan dan segera matikan kunci pola.

Menggunakan Menu Safe Mode

Lupa pola yang dapat diatasi dengan safe mode umumnya dikarenakan kesalahan akibat aplikasi pihak ketiga. Untuk dapat masuk ke safe mode dapat disesuaikan dengan merek dan tipe HP masing-masing. Bila sudah berhasil masuk, Anda tinggal mematikan pola yang aktif dikarenakan APK pihak ketiga.

Gunakan ADB untuk Menghapus Pola Android

Apabila kamu pernah melakukan flashing atau root pasti tidak asing lagi dengan program ADB ini.
  1. Pertama pastikan terlebih dahulu sudah memasang program ADB pada PC atau Laptop dan sudah menghubungkan Android ke PC memakai kabel data.
  2. Buka CMD pada pada folder instalasi ADB.
  3. Ketik perintah adb shell rm/data/system/gesture.key lalu tekan enter.
  4. Lalu reboot HP Android dan lihatlah sekarang sudah tidak ada pola lagi.
  5. Segera ubah atau buat pola baru karena pola lama hanya hilang sementara saja dan akan muncul kembali jika tidak segera membuat konfigurasi pola baru.


Cara buka pola HP dengan mudah pada pembahasan kali ini tidak terlalu sulit dilakukan, 'kan? Anda dapat mencobanya satu per satu mana yang berhasil dilakukan. Bila punya cara lain silakan bagikan kepada kami dengan menulisnya pada kolom komentar di bawah.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar