Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran dan Cocok Untuk Pemula

Penasaran bisnis yang laku setiap hari dan menguntungkan? Pasti banyak sekali orang yang memiliki pertanyaan semacam ini. Apa ada usaha yang pasti laku keras dan memberikan banyak keuntungan terus menerus?

Pastinya jawaban dari pertanyaan tersebut adalah "ADA" karena memang ada berbagai peluang usaha yang dapat memberikan profit besar setiap hari untuk para pelaku usaha itu sendiri. Selain bisnis yang menguntungkan dan laris tentunya juga harus berpotensi untuk dapat dijalankan dalam jangka panjang dan dapat terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Bisnis yang Laku Setiap Hari di Pasaran dan Cocok Untuk Pemula

Untuk Anda yang penasaran seputar peluang bisnis menjanjikan untuk anak muda maupun orang dewasa, kamu dapat mencoba salah satu ide bisnis yang iFabrix akan berikan dalam pembahasan di bawah ini.

Bisnis yang Laku Setiap Hari

Dalam bisnis masa kini dapat dibedakan menjadi dua jenis apabila melihat dari media yang digunakan untuk menjalankan usaha tersebut, yaitu bisnis online dan bisnis offline. Namun apabila kamu memiliki pertanyaan "Dari keduanya, mana bisnis yang laku keras sekarang ini?"

Semuanya pasti memiliki potensi yang bagus dan dapat menghasilkan uang untuk Anda. Keberhasilan dari bisnis online ataupun bisnis offline tergantung bagaimana cara menjalankan usaha itu sendiri, barang apa yang akan dijual, dan seperti apa respon calon konsumen.

Bisnis Online Terbaru Pasti Laris

Pada zaman serba canggih seperti pada saat ini, kita diberikan banyak sekali keuntungan. Salah satu sisi positif yang dapat kita manfaatkan, yakni memulai bisnis online yang dapat dikerjakan secara mandiri tanpa terikat waktu dan tempat. Untuk pilihan bisnis online terbaik yang ada saat ini sangat beragam, bahkan apabila dipelajari satu per satu tidak akan cukup dalam waktu 10 tahun ke depan.

Untuk itu Anda harus menentukan terlebih dahulu salah satu bisnis internet yang menjanjikan dan tentunya menghasilkan untuk kamu. Berikut saya sebutkan daftarnya.

1. Bisnis Dropship

Dropship adalah cara pemasaran barang dengan melalui media online yang mana para pelaku usaha tersebut tidak menyimpan stok barang ataupun melakukan pengiriman kepada pembeli. Para penjual hanya memerlukan informasi barang yang akan dipasarkan (dapat berupa foto, harga, merek, dan lain sebagainya). Informasi tersebut ia dapatkan dari pemilik barang sesungguhnya (supplier).

Secara sederhana, pelaku dropship akan memasarkan barang milik orang lain dengan cara menawarkannya melalui toko online, iklan Facebook, atau lainnya. Lalu setelah ada pembeli, dia mengkonfirmasi kepada supplier untuk melakukan pemesanan. Dari mana keuntungannya? Keuntungan yang didapat dari seorang dropshiper adalah dari harga yang dinaikkan olehnya karena pada umumnya harga dari supplier akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga normal.

Ada banyak sekali keuntungan dirasakan dengan sistem dagang semacam ini. Adapun kelebihan tersebut seperti:

  • Pelaku usaha tidak memerlukan modal besar sebab tidak akan memerlukan stok barang yang akan dijual dan tentunya tidak harus mempunyai tempat atau toko untuk menyimpan dan memasarkannya. 
  • Selain itu, kamu juga tidak harus repot-repot menyiapkan dan melakukan pengiriman barang pesanan konsumen karena itu semua telah di-handle oleh supplier.

Selain kelebihan tentunya juga ada kekurangan yang ada pada bisnis semacam ini. Berikut kekurangannya:

  • Dikarenakan posisi kamu dalam usaha dropoship sebagai perantara antara penjual utama dan pembeli, maka kendala yang sering dialami adalah mengalami sedikit kesulitan untuk selalu menjaga komunikasi, terlebih lagi bila kamu telah mempunyai banyak pelanggan dan banyak pesanan. Jadi, apabila bertemu dengan konsumen bawel, Anda harus menyiapkan mental dan kesabaran yang cukup.
  • Kita tidak mengetahui dengan nyata barang yang akan kita jual. Hal tersebut dikarenakan modal utama untuk berjualan hanyalah foto dan informasi seputar spesifik produk saja.

2. Bisnis Reseller Barang

Mungkin menurut pandangan kebanyakan orang, reseller dan dropship ialah satu jenis padahal sebenarnya itu sangat berbeda. Untuk menjadi seorang reseller tentunya Anda harus memiliki persediaan barang sendiri untuk dijual serta harus memiliki tempat yang ingin digunakan untuk menyimpan persediaan barang dagangan.

Salah satu kelebihan bisnis reseller dibandingkan dengan dropship adalah Anda dapat dengan leluasa mengatur persediaan barang sehingga tidak akan mengalami keterlambatan atau kehabisan stok. Namun, dengan menyiapkan stok sendiri secara otomatis modal yang dibutuhkan untuk memulainya lumayan cukup tinggi. Belum lagi risiko barang tidak laku yang dapat menimpamu pasti akan membuat kepala pusing.

Adapun beberapa produk yang laku keras di pasaran setiap harinya antara lain:

  • Produk kesehatan: obat herbal, alat terapi. dan alat olahraga
  • Produk elektronik: smartphone, laptop, monitor, TV, kamera, dan masih banyak lagi.
  • Produk fashion: celana, hijab, gamis, baju batik, pakaian anak, sepatu dan sebaginya.
  • Perabotan: pajangan, almari, kursi kerja, dan hiasan dinding.

3. Menawarkan Jasa dan Keahlian

Keahlian merupakan salah satu modal utama yang dapat digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apabila Anda memiliki sebuah keahlian dalam bidang tertentu dan ingin menawarkan kepada klien secara online berarti kamu memiliki pemikiran yang inovatif. Di era sekrang ini, internet dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya menjual jasa.

Walau ini bukan bisnis terbaru, tetapi kebanyakan masyarakat belum mengetahuinya. Coba saja berselancar di dunia maya dan ketik kata kunci "jasa" maka akan menemukan banyak sekali penawaran jasa yang bisa didapatkan. Bahkan keahlian tersebut dapat dijual ke luar negeri dan saya pernah melakukannya.


Beberapa jasa yang banyak dibutuhkan dan dihargai cukup tinggi setiap hari ialah:
  • Web developer (jasa pembuatan atau pengembangan website)
  • Pengembang aplikasi
  • Desain grafis
  • Translator
  • Online marketing
  • Evaluator
  • Content writer

4. Menjadi Konten Kreator di YouTube

Jadi YouTuber apa termasuk sebuah bisnis yang dapat menghasilkan uang? Kalau bisa menghasilkan, apa yang dijual di YouTube? Saya sering sekali mendengar pertanyaan semacam ini. Padahal berjualan sebenarnya tidak harus selalu berhubungan dengan barang atau jasa.

Seorang YouTuber sebetulnya untuk mendapatkan penghasilan juga menjual sesuatu, yaitu konten berupa video miliknya yang ditonton dengan gratis oleh banyak orang. Lalu dari mana mendapatkan uang? Memang benar, penonton video tidak akan membayar tetapi mereka juga akan melihat iklan atau bahkan memencet iklan yang muncul di video kamu tersebut. Iklan yang dilihat/klik itulah yang menjadi penghasilan bagi pemilik video.

Saat ini, jadi YouTuber telah menjadi inovasi bisnis anak muda yang sangat menjanjikan, terlebih lagi pengguna YouTube semakin hari semakin banyak. Jadi, kalau kamu berniat menjadi YouTuber, bisa mencari referensi yang sudah banyak beredar di internet.

5. Menjadi Profesional Blogger

Sama seperti dengan YouTube, menjadi blogger juga menjual konten berupa tulisan artikel yang bermanfaat supaya pembaca betah berlama-lama membacanya. Kami telah membahas apa itu artikel? beserta cara menulis yang baik. Masih sama juga, blogger mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan pada halaman blok miliknya. Secara mudahnya, dengan memiliki banyak pengunjung blog maka akan semakin tinggi potensi penghasilan yang didapatkan.

Menjadi penulis konten blog profesional termasuk ke dalam usaha yang laku setiap hari karena pengguna internet tidak ada sepinya. Pengguna akan mencari beragam informasi yang mereka butuhkan melalui mesin pencari seperti Bing dan Google Search. Nah, di situlah peluang kamu untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan supaya mereka mau berkunjung dan menjadi pembaca setia dari blog milikmu. Semakin banyak informasi yang disediakan, maka otomatis akan terus bertambah pengunjung blogmu dan tentu penghasilan juga semakin banyak.

Tetapi, untuk menjadi blogger profesional tidaklah semudah bayanganmu, apalagi jika kamu baru mengenal dan baru ingin memulainya. Untuk mendapatkan keberhasilan, dibutuhkan pengetahuan mendalam seputar konten marketing, contohnya saja SEO. Namun, jangan menyerah sebelum memulainya sebab semua hal pasti diawali dengan kegagalan dan usaha keras hingga nantinya mendapatkan keberhasilan.

Adapun sumber penghasilan dari blogger berasal dari:
  • Iklan PPC (Adnow, Google Adsense, dan masih banyak lagi)
  • Iklan secara mandiri (Anda menawarkan pemasangan iklan kepada pihak yang ingin memasang iklan di blog milikmu tanpa ada perantara pihak ketiga)
  • Menjual produk (selain dapat dipasang iklan, blog juga dapat menjadi sarana berjualan. Kebanyakan para blogger menjual produk-produk digital seperti ebook, theme, font, maupun software.)
  • Affiliasi (affiliasi adalah metode pemasaran yang memanfaatkan situs web patner untuk mendapatkan pembeli. Bila berhasil menjual, maka website yang mendatangkan pembeli tersebut memperoleh komisi dengan jumlah tertentu)
  • Membuat ulasan produk berbayar.

Bisnis Offline yang Menjanjikan

Mungkin ada keraguan untuk menjalankan bisnis online, kalau begitu iFabrix akan memberikan beberapa contoh bisnis yang laris setiap hari modal kecil tapi untung banyak dan dijalankan secara offline. Namun jangan anggap bahwa saya menilai Anda gaptek karena ini semata-mata supaya kamu dapat menentukan pilihan bisnis sesuai dengan kemampuan dan keinginanmu.

Bisnis offline tidak kalah menarik dengan online karena pada awal sebelum era digital datang, bisnis dalam dunia nyata telah banyak dijalankan. Selain itu, pada umumnya masyarakat masih banyak juga yang lebih menyukai datang ke toko langsung dengan alasan kepercayaan dan lebih mudah untuk melihat barang secara langsung. Lalu bisnis offline seperti apa yang menguntungkan?

1. Usaha Minuman dan Makanan

Tidak dipungkiri lagi, jualan makanan dan minuman dapat mendatangkan banyak keuntungan karena kedua hal itu merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan manusia setiap hari. Ada banyak pilihan makanan atau minuman yang dapat Anda jual. Tetapi, sebelum memulai harus menentukan jenis kuliner apa yang sesuai dengan kondisi lingkunganmu sekarang.

Coba tanya pada orang di sekitar kira-kira mereka menginginkan makanan seperti apa atau bila dekat dengan lingkungan sekolah juga bisa mencoba resep kue untuk jualan harga 1000-an. Setelah ketemu jawabannya, selanjutnya metode seperti apa yang sesuai untuk memasarkan dagangan tersebut, apa dengan mendirikan warung atau berjualan keliling dengan memakai gerobak. Silakan sesuaikan dengan makanan apa yang dijual. Contohnya bila Anda menjual nasi padang, maka lebih tepat apabila menjualnya dengan mendirikan warung daripada memakai gerobak.

Hal di atas sangat penting untuk dipertimbangkan karena dengan menyediakan produk kuliner yang dibutuhkan masyarakat akan lebih mudah daganganmu laku setiap hari. Selain itu, faktor lain yang dapat dijadikan pertimbangan adalah modal. Bayangkan saja bila Anda ingin membuka usaha dengan membuka warung di ruko tentu akan lebih besar modalnya dibandingkan dengan memakai warung tenda.

2. Usaha Warkop

Usaha warung kopi pinggir jalan atau bahasa kerennya warkop merupakan jenis usaha telah banyak dijalankan orang sejak lama. Harga kopi relatif murah namun tetap memiliki kualitas baik sehingga sangat disukai oleh para pecinta kopi dari semua kalangan.

Kebanyakan warkop ditemui pada area-area ramai penduduk atau tempat nongkrong seperti di perkampungan, dekat terminal, sekitar perkantoran dan lainnya. Yang paling penting untuk mendirikannya harus berada di tengah keramaian. Bahkan kamu juga dapat memulai usaha dagang yang laku tiap hari seperti seperti warung kopi ini di teras rumah dengan modal awal sekitar Rp500.000,00 saja. Kok kecil amat? Ya, emang kecil sebab warung kopi tidak memerlukan alat-alat mahal untuk dapat menjalankannya.

Supaya dapat menambah penghasilan, jangan hanya menyediakan kopi saja. Tapi, jual juga aneka camilan yang enak untuk dinikmati sambil ngopi, seperti pisang goreng, tempe goreng, atau tahu bakar. Apabila kamu sudah memiliki lokasi strategis dan modal cukup, kenapa tidak segera mencobanya saja?

3. Usaha Barbershop

Usaha yang laku tiap hari selanjutnya adalah usaha barbershop. Pertumbuhan usaha tersebut terlihat begitu pesat di berbagai kota di Indonesia, contohnya kota besar seperti Jakarta.

Pangsa pasar dari usaha barbershop  adalah para anak muda metropolitan yang tinggal di perkotaan. 
Apabila pada zaman dulu kaum pria harus selalu mendatangi salon ketika ingin pangkas rambut , sekarang kebanyakan lebih memilih untuk pergi ke barbershop dikarenakan tarif yang lebih murah namun pelayanan tidak mengecewakan.


Nah itu tadi bisnis yang laku setiap hari dan menjanjikan untuk coba dijalankan. Perlu diingat, untuk menjalankan sebuah bisnis dan mendapatkan keberhasilan maka akan melewati berbagai kondisi dan tantangan. Bila Anda orang yang mudah putus asa sebaiknya mencoba bisnis modal kecil terlebih dahulu agar ketika mengalami kerugian tidak begitu banyak menurunkan semangat dan mental untuk terus mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel