--> Skip to main content

Cara Membuat Akun dan Channel Youtube Yang Menghasilkan Uang

Cara membuat akun YouTube yang menghasilkan uang sebenarnya mudah untuk dilakukan, Anda dapat membuatnya apabila telah mempunyai akun Google atau Gmail. Akun Gmail tersebut dapat dipakai untuk mendaftarkan beberapa channel YouTube sekaligus.

Tetapi, bila Anda adalah seorang pemula dan masih belum mengerti cara untuk mendaftar, maka iFabrix.com akan memberikan panduan yang mudah untuk Anda ikuti. Sebelum memulai persiapkan terlebih dahulu akun Google milikmu. Apabila belum mempunyai bisa mengikuti artikel cara daftar email baru di Gmail.

Akan tetapi, kita akan membahas perbedaan dari akun dan channel pada YouTube terlebih dahulu karena sebagian orang mungkin masih belum mengetahui. Akun yang di maksud di sini adalah email Google yang digunakan untuk masuk atau login ke dalam channel. Sedangkan channel merupakan nama atau brand dari saluran yang berisi berbagai konten video.

Cara Membuat YouTube Channel dan Tips Supaya Sukses

Cara Membuat Channel Youtube Sendiri

Untuk mulai membuatnya, pertama buka terlebih dahulu halaman web YouTube melalui browser. Lalu klik tombol login berwarna biru yang terletak pada sebelah kanan atas. Gunakan akun Gmail milikmu untuk masuk. Nah, selanjutnya tinggal membuat channel. Ikuti panduan di bawah ini.

1. Bila tadi sudah login berarti sekarang sudah masuk ke akun YouTube milik Anda. Jadi, secara otomatis sudah mempunyai channel bawaan dengan nama sesuai pada akun Gmail milikmu.

2. Untuk membuat channel YouTube memakai nama brand keinginanmu, ketuk foto Anda pada pojok kanan atas dan pilih setelan. Setelah terbuka di situ akan disajikan beberapa info seputar aku milikmu. Lihat bagian bawa lalu pilih Lihat semua channel saya atau buat channel baru.


3. Bila sudah melalui tahap di atas, akan dialihkan ke halaman daftar channel. Di situ kamu cukup memilih menu Buat channel baru. Silakan tulis nama channel milik kamu yang pastinya telah direncanakan sebelumnya. Sedikit saran dari kami untuk membuat nama channel YouTube terlihat lebih profesional sesuaikan dengan topik pembahasan dalam konten kamu nanti yang akan dibuat, contohnya seperti Sobat HP di mana saluran tersebut membahas seputar smartphone.


4. Kini Anda telah berhasil membuat channel YouTube sendiri. Agar tampilan lebih bagus lakukan pengaturan pada bagian seperti foto profil, header, deskripsi, dan lain sebagainya.


Cara Memverifikasi Akun YouTube

Jika memang serius ingin menjadi YouTuber maka wajib melakukan verfikasi. Keuntungan setelah memverifikasi akun adalah untuk membuka semua fitur, misalnya dukungan untuk mengunggah video ke YouTube lebih dari 15 menit, dapat melakukan streaming, dan yang paling penting adalah channel bisa di monetize menggunakan Google Adsense.

cara memverifikasi akun youtube

  1.  Silakan login di YouTube memakai email, lalu buka https://www.youtube.com/features.
  2. Tekan tombol "verifikasi" berwarna biru tepat di bawah nama channel.  
  3. Halaman verifikasi akun akan terbuka. Selanjutnya silakan pilih negara dan "kirim saya SMS pesan verifikasi". Jangan lupa untuk memasukkan nomor ponsel pada kolom. Terakhir klik "Kirim"
  4. Cek pesan masuk pada nomor yang didaftarkan tadi. Masukkan kode pada kolom yang disediakan, lalu tekan lagi "Kirim".
  5. Selamat akun Youtube Anda kini telah diverifikasi, pilih "Lanjutkan".

Cara Memasukkan Video ke YouTube

Pada tahap ini kita Anggap sudah menyelesaikan berbagai macam pengaturan dasar dan kita siap mengupload video di YouTube. Langsung saja kita bahas caranya di bawah ini.

cara mengupload video di youtube

  1. Masuk ke halaman utama YouTube dan pada setelan akun pilih channel milik Anda.
  2. Tekan ikon kamera yang terletak pada sebelah kanan kotak pencarian, lalu tekan Upload Video.
  3. Di sini isi judul video, deskripsi, dan tag. Jangan lupa untuk memilih thumbnail juga pada bagian bawah video.
  4. Sesudah mengisi semua hal yang diperlukan tekan tombol "Publikasikan".
  5. Selamat video sudah berhasil di-upload.

Cara Membuat Channel YouTube Sukses

Setelah memiliki channel bukan berarti kamu dapat membagikan sembarang konten begitu saja tanpa memikirkan kualitas dan peminatnya karena di YouTube sendiri Anda akan bersaing dengan konten kreator lain bahkan sekelas perusahaan besar.

Banyak sekali perorangan maupun perusahaan berlomba-lomba mencari popularitas di YouTube. Hal tersebut memang sudah sewajarnya, sebab YouTube mempunyai banyak pengguna dan hal itu dapat dimanfaatkan oleh sebagian besar YouTuber untuk mendapatkan penghasilan. Jika Anda mempunyai keinginan untuk sukses dari YouTube channel milik kamu, kami mempunyai tips membuat channel YouTube menjadi perhatian banyak pengguna seperti berikut ini.

1. Ciptakan Konten Unik dan Dicari Banyak Orang
Jika Anda sebagai penonton tentunya menginginkan video menarik bukan? Selain menarik pasti juga ingin konten tersebut berisi informasi yang dibutuhkan. Dengan membuat video semacam itu tentunya dapat menarik banyak views karena informasi yang mereka butuhkan ada dalam video milik kamu. Untuk mengetahui apa kebutuhan para pengunjung, dapat melakukan riset terlebih dahulu atau juga bisa melihat di grup-grup sosial media tentang apa yang sering ditanyakan atau dibahas.

2. Pakailah Sosial Media Sebagai Pendukung
Fans para publik figur di YouTube tidak hanya datang melalui YouTube saja, tetapi sebagian untuk meraih popularitas mereka memaki bantuan berbagai sosial media miliknya sehingga para fans tersebut dengan sendirinya akan mengikuti setiap update pada channel YouTube-nya.

Contohnya, untuk mendapatkan jutaan views kita dapat membuat cuplikan video menarik lalu membagikan ke Facebook, Instagram, dan Twitter sambil menyisipkan link video versi panjang yang kamu unggah di channel milikmu. Setelah tahu sosial media mana saja yang potensial barulah fokus mempromosikan konten YouTube milikmu di situ.

3. Update Video Dengan Konsisten
Setelah mempromosikan channel perjuangan Anda tidak hanya berhenti sampai di situ, kita juga harus sering membuat konten video baru secara teratur agar loyalitas pengunjung tetap terjaga. Dengan memposting video dengan konsisten, pengunjung setia channel-mu tidak akan kabur dan akan melakukan kunjungan secara berkala untuk melihat informasi terbaru yang kita berikan.

Selain memakai cara di atas, bila Anda memiliki modal lebih juga bisa menjangkau banyak audiance dengan memakai Ads. Cara ini umumnya dipakai oleh perusahaan untuk mempromosikan brand mereka. Namun, untuk memaki Ads Anda harus mempelajari lebih lanjut terlebih dahulu supaya iklan yang kamu bayar dapat tepat sasaran.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Hingga 80 Juta

Selamat mencoba cara membuat channel YouTube beserta tips sederhana agar sukses. Semoga setelah membaca panduan ini kamu dapat terbantu dan mengoptimalkan channel kamu. Punya tips lain? Coba beri tahu kami.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar