Skip to main content

5 Software Editing Video Terbaik Saat Ini

Kualitas suatu konten video biasanya akan sangat dipengaruhi oleh keahlian editor. Nah, bagi seorang editor untuk dapat menghasilkan video berkualitas tentunya selain karena kemampuan mengedit yang baik juga didukung oleh software editing video terbaik dan mumpuni. Jika kita mencari aplikasi edit video, saat ini ada banyak sekali pilihan yang kita dapatkan, baik yang free atau berbayar.

Namun, karena banyaknya pilihan tersebut justru membuat kita malah makin kebingungan untuk memilih. Tetapi tenang saja, kali ini kita akan membahasnya supaya kamu tidak galau lagi. Dalam artikel ini saya telah mengumpulkan pilihan software video editing yang umumnya dipakai oleh editor profesional maupun pemula. Tapi perlu diingat, kamu juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan supaya tidak mubazir.

Software edit video PC yang akan kami rekomendasikan ini memiliki banyak sekali fitur unggulan yang dapat mendukung proses mengedit video semakin mudah dan hasilnya bagus. Oh iya, tentang cara penggunaannya juga tidak begitu sulit karena saya sudah menanyakan ke beberapa forum mengenai macam-macam software editing video yang akan dibahas ini. Oke, langsung saja ke pokok pembahasan.

Macam-Macam Software Editing Video PC Terbaik Saat Ini

Materi yang ada dalam ulasan ini merupakan pendapat admin pribadi dan dari rekomendasi teman-teman yang ada di froum tempat saya bertanya. Jadi, kalau dirasa kurang tepat bisa memberikan saran melalui kolom komentar dan akan saya tambahkan saran dari kamu dalam artikel ini.

Adobe Premiere Pro CC

1. Adobe Premiere Pro CC

Jika kamu adalah pengguna sistem operasi Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan program ini. Adobe Premiere Pro CC adalah software pengedit video terbaik saat ini. Banyak sekali para editor profesional yang menggunakan aplikasi ini sebagai senjata utama mereka untuk menghasilkan fisualisasi video yang realistis.

Kita dapat menebak dengan mudah mengapa perangkat lunak ini sangat populer di kalangan editor. Premier Pro mampu mendukung jumlah trek video tidak terbatas dan yang membuat saya kagum adalah bisa menerima video dari berbagai sumber seperti kamera, file digital, DVD, dan kabarnya juga mendukung video VR. '

Selain itu, pihak developer juga menyediakan aplikasi pendukung gratis yang memudahkan para editor untuk mengedit rekaman video dari perangkat ponsel. Aplikasi tersebut diberi nama Adobe Premiere Rush. Saat artikel ini ditulis Premiere Rush mendukung perangkat iOS, MacOS, dan Windows.

Lightworks

2. Lightworks

Kalau yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka gratisan. Lightworks sudah ada sejak 20 tahun lalu dan menjadi salah satu aplikasi video maker berlabel gratis namun mendukung berbagai sistem operasi populer. Ada banyak sekali format yang bisa diolah menggunakan software tersebut, misalnya Avid, Avc-Intra, HD 422, RED R3D dan banyak lagi.

Untuk versi gratis, kamu dapat menggunakan Lightworks untuk mengubah atau menambah text atau title, mengedit menggunakan bantuan multicam, dan juga bisa menyematkan banyak built-in preset supaya video semakin menarik.

Tapi tidak sampai di situ saja loh, sebenarnya keunggulan yang paling menonjol menurut saya karena desain simpel dan mudah diakses dari fitur superior trimming. Sekedar info tambahan saja, Lightworks kabarnya sudah lama menjadi program andalan untuk produksi film terkenal contohnya The Wolf of Wall.

Flimora9

3. Flimora9

Flimora9 adalah salah satu software edit video yang sangat bagus untuk digunakan bagi para pemula yang baru saja terjun dalam dunia editing. Antar muka yang intuitif sangat memudahkan pengguna untuk memberikan efek, filter, maupun elemen lain. Nah, kalau kamu mau terjun ke dunia YouTube dan belum memiliki pemahaman mengenai dasar pengeditan, perangkat lunak ini wajib untuk dicoba.

Ada beberapa pilihan versi yang bisa digunakan. Jika kita memakai versi gratis, sebenarnya tetap dapat mengakses semua fitur yang ada di dalamnya tapi hasil dari video akan terdapat watermark. Untuk versi berbayar dapat memilih paket 1 tahun maupun selamanya.

Adobe Premiere Elements

4. Adobe Premiere Elements

Selain Flimora ada pilihan bagus lain untuk pemula maupun editor berpengalaman, yaitu Premiere Elements. Software edit video PC ini tidaklah serumit Premiere Pro dalam hal pengoperasian. Tapi tidak usah khawatir, walau ini ditargetkan untuk para amatir tetap saja memberikan fitur-fitur luar biasa layaknya yang digunakan kalangan profesional.

Dalam Premiere versi ini terdapat juga fitur untuk stabilisasi video layaknya versi Pro. Ada juga pilihan kostumisasi transisi, opacity, dan sebagainya. Daftar pustaka video juga diatur secara cerdas di mana dapat ditemukan dengan mudah karena adanya menu pencarian sehingga kamu akan lebih cepat untuk menemukan video konsep yang akan dipakai.

VSDC

5. VSDC

Kamu butuh software video editor all in one? VSDC merupakan pilihannya. Perangkat luna yang satu ini sudah berumur 6 tahun dan telah melewati beberapa tahap penyempurnaan yang menjadikannya super canggih dan ramah pengguna. Salah satu keunggulan yang diacungi jempol dari software ini adalah dukungan full format dan juga tidak ada batasan sama sekali untuk melakukan export.

Jadi, semua format dapat dibaca dengan baik oleh VSDC dan kamupun juga bisa menyimpan video dengan segala jenis format, sekalipun menjadi H.265 codec. Kalau kamu pernah mengunjungi website resminya, jangan berprasangka buruk dulu. Walau situs resmi VSDC terlihat ketinggalan zaman, tapi tidak dengan program buatannya. Buktinya VSDC telah melakukan update yang memungkinkan pengguna mampu mengikuti tren video editing zaman now.

Nah, itu tadi software editing video rekomendasi dari saya. Silakan putuskan sendiri mana pilihan kamu, Tetapi, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan saja supaya tidak buang-buang uang untuk membeli terlalu mahal. Jika ada kekurangan silakan tambahkan di komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar