Cara Menggunakan WhatsApp di Lapotop dan PC Tanpa Ribet

Banyak sekali pembaca yang menanyakan bagaimana cara buka WahtsApp di laptop padahal di internet sendiri telah banyak dibahas tutorial seputar permasalahan tersebut. Karena hal itu, kali ini iFabrix.com akan memberikan pembahasan tentang cara membuka WA di laptop atau komputer dengan OS Windows dari seri ke 7 sampai dengan terbaru. Tentunya dengan mengikuti panduan ini, tidak akan mengalami kebingungan lagi.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting populer untuk saat ini. Sebagian besar para pengguna smartphone IOS maupun Android pasti memakainya untuk dijadikan aplikasi chat utama mereka. Banyak sekali alasan yang mendasari mereka untuk menjadikan WA sebagai pilihan aplikasi pesan instan favoritnya. Namun menurut saya pribadi yang juga memakainya, WhatsApp wajib dipakai oleh semua orang karena ukurannya yang kecil serta ringan dan bisa dijalankan pada ponsel pintar dengan spesifikasi rendah tanpa terkendala.

Sayangnya, hingga sekarang cara membuka WA di PC belum juga dapat dilakukan dengan mudah. Walaupun kebanyakan user yang ingin memakai WahsApp di PC bisa menjalankan dengan cara menginstal emulator, tapi sebenarnya itu terlalu merepotkan.

Baca juga: Cara Backup dan Restore Pesan WhatsApp

Dengan memasang emulator Android di PC memang selain dapat menggunakan WA kita juga bisa mendapatkan sebagian besar fungsi layaknya OS Android yang tertanam pada ponsel. Namun untuk menginstalnya tentu saja tidak dapat dilakukan pada semua laptop dan PC sembarangan karena memerlukan spesifik cukup tinggi agar dapat berjalan dengan baik. Bila dipaksakan pada spesifik rendah akan membuat kinerja laptop kita menurun atau lemot.

Lalu apa bisa membukanya tanpa memerlukan program khusus? Tentu bisa. Kita dapat membuka WA di laptop cukup menggunakan browser seperti Firefox, Google Chrome, maupun Internet Explorer. Tetapi, sebelumnya harus memiliki akun WhatsApp yang sudah terdaftar pada HP terlebih dahulu.

Artinya, cara memakai WA di laptop yang akan saya berikan di sini adalah dengan menghubungkan WhastApp pada ponsel yang kita gunakan dengan laptop melalui browser. Dengan cara tersebut kita bisa melakukan chatting di laptop tanpa perlu membuka HP Android.

Cara Menggunakan WhatsApp di Lapotop dan PC Tanpa Ribet

Berikut Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

  1. Pastikan koneksi internet di laptop ataupun PC milikmu dapat berjalan dengan baik dan juga dapat digunakan untuk mengakses internet melalui browser.
  2. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah aplikasi WA yang ada di ponsel harus memaki versi terbaru. Apabila belum memiliki, kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store secara gratis. Selain itu, tentunya Anda juga harus sudah loging ke WhatsApp terlebih dahulu dengan memaki nomor pribadi. 
  3. Apabila hal di atas tersebut sudah terpenuhi, selanjutnya silakan akses WhatsApp Web dengan mengunjungi url web.whatsapp.com. Nantinya, kita dapat melakukan chat dengan semua kontak yang ada di HP Android melalui halaman web yang dibuka tersebut.
  4. Setelah halaman tersebut terbuka, akan ditampilkan kode bar dan pilihan loging yang akan kita lakukan. Di sebelah kanan barcode terdapat tulisan "keep me signed". Menu tersebut dapat dicentang apabila ingin tetap loging setelah browser ditutup. Tapi ada yang perlu diingat, sebaiknya aktifkan pilihan tersebut hanya apabila memakai perangkat laptop maupun dekstop milik sendiri untuk menghindari akses orang lain terhadap akun kita.
  5. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengakses aplikasi WhatsApp di HP Android, lalu cari menu WhatsApp Web.
  6. Bila telah dipilih, maka kamera akan terbuka dan tinggal mengarahkannya pada barcode di layar laptop hingga berhasil di-scan.

Setelah sampai pada langkah ke enam, berarti sekarang sudah dapat melakukan chatting di laptop menggunakan WhatsApp dengan semua kontak pada ponsel pintar milikmu. Memang untuk saat ini belum ada cara membuka WhatsApp di laptop tanpa kode QR. Walau begitu, tetap saja dengan mengaksesnya melalui laptop membuat pengalaman chat lebih baik.