Skip to main content

Cara Backup dan Restore Pesan WhatsApp Anda Dengan Google Drive

Mungkin sebagian besar dari kita menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan atau telepon dikarenakan gratis dan mudah untuk digunakan. Aplikasi pesan instan ini merupakan salah satu perantara untuk menjaga hubungan komunikasi dengan keluarga, teman, dan kekasih yang berada jauh dari kita.

Anda dapat mengirim pesan dalam bentuk video, foto, dan audio memakai aplikasi tersebut. Lalu bagaimana jika pesan tersebut tiba-tiba hilang begitu saja setelah berganti ponsel atau karena hal lainnya? Tentu sangat disayangkan bukan?  Itu sebabnya kita akan membahas cara backup WhatsApp agar hal tersebut tidak terjadi.

Dalam tutorial ini akan menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan hasil backup semua isi pesan yang ada dalam akun WhatsApp. Kenapa memakai Google Drive? Kita memakainya karena lebih mudah untuk melakukan backup maupun restore WhatsApp tanpa harus melalui langkah-langkah yang cukup rumit. Untuk lebih jelasnya berikut kami berikan pembahasan lengkapnya.

cara backup whatsapp

Cara Backup WhatApp di Google Drive

Untungnya, WhatsApp secara otomatis mencadangkan dan menyimpan pesan Anda ke dalam penyimpanan telepon setiap hari. Namun, tergantung pada pengaturan, kita juga bisa backup pesan ke Google Drive.

Dengan begitu bila suatu saat akan menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel maka data-data di dalamnya akan tetap aman. Tetapi, pastikan terlebih dahulu sudah mencadangkan semua data WhatsApp sebelum menghapus aplikasi.

Google Drive adalah salah satu media terbaik yang dapat digunakan untuk backup chat WhatsApp sehingga bisa lebih leluasa apabila ingin beralih dari satu ponsel Android ke ponsel lain. Semua pesan media seperti foto dan video akan dapat kita akses kembali setelah melakukan restore. Berikut cara membuat cadangan chat WhatsApp memakai Google Drive.


  1. Buka WhatsApp yang terdapat pada ponsel Android milikmu.
  2. Tekan ikon menu yang berada pada kanan atas layar (simbol titik tiga).
  3. Pilih Setelan lalu ketuk pada tulisan Chat.
  4. Pilih pada menu Cadangkan chat.
  5. Sampai di tahap ini akan dihadapkan beberapa pilihan tentang pengaturan pencadangan data yang diinginkan. Pada opsi Cadangkan ke Google Drive, bisa memilih interval waktu yang diinginkan bila ingin mem-backu, tapi saya akan memaki pilihan Hanya ketika saya mengetuk "Cadangkan". Pada opsi Akun silakan pilih akun Gmail mana yang ingin dipakai untuk backup. Selanjutnya kamu bisa memilih jaringan apa yang ingin dipakai dan terakhir apabila ingin konten video ikut dicadangkan bisa centang kotak sebelah kanan tulisan Sertakan video.
  6. Setelah pengaturan di atas tadi selesai, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menekan tombol Cadangkan berwarna hijau.

Nah, selamat sekarang semua data yang kamu inginkan sudah berhasil dicadangkan dan siap kapan saja untuk dipulihkan ketika sudah menginstal aplikasi WhatsApp lagi di perangkat lain. 

Sebelum mencadangkan ke Google Drive pastikan terlebih dahulu koneksi internet kamu tidak lambat karena bila pertama kali melakukan backup biasanya akan memiliki ukuran lebih besar sehingga dengan koneksi yang tidak lambat akan mempercepat proses backup.

Baca juga: 

Cara Restore Chat WhatsApp dari Google Drive

Setelah melakukan backup WhatsApp tentunya juga akan melakukan restore WhatsApp bukan? Tanpa restore chat WA tidak akan bisa mendapatkan percakapan yang sudah terhapus di ponsel milik kamu. 

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp.
  2. Bila muncul peringatan pilih OKE lalu tap Setuju dan Lanjutkan.
  3. Jika muncul dialog permintaan akses ke kontak, berkas, dan lain-lain pilih Lanjut.
  4. Masukkan nomor telepon yang sama dengan nomor yang sudah di-backup semua pesannya dan lakukan verifikasi.
  5. Setelah itu akan muncul dialog "Jika Anda sebelumnya mencadangkan pesan Anda ke Google Drive dan ingin memulihkannya, berikan izin ke WhastApp untuk memeriksa cadangan di akun Google Anda" silakan tekan Beri Izin
  6. Pilih akun Gmail yang sebelumnya digunakan untuk mencadangkan pesan WA lalu pilih Pulihkan.
  7. Selanjutnya tinggal mengatur akun seperti yang pertama kali dilakukan ketika mendaftar WhatsApp

Sekarang kamu sudah bisa mengakses obrolan WhatsApp di ponsel Android manapun yang diinginkan tanpa khawatir kehilangan chat atau data-data penting. Jadi, jika ingin memindahkan data ke ponsel lain cukup ikuti langkah-langkah di atas.

Catatan: Proses restore terkadang mengalami kegagalan dan mungkin tidak berfungsi. Apabila terjadi hal tersebut silakan hapus data aplikasi WhatsApp lalu cobalah mengulangi langkah dari awal. Walau cara ini bisa digunakan berpindah-pindah ponsel, tapi jangan lakukan terlalu sering karena bisa mengakibatkan penangguhan sementara dikarenakan terdeteksi perilaku tidak wajar dari nomor Anda. 

Sekian dulu pembahasan mengenai cara backup WhatsApp dan cara restore chat WhatsApp kali ini. Jika dirasa ada yang kurang dipahami, Anda dapat menanyakannya melalui kolom komentar, saya akan senang hati menjawab pertanyaan tersebut.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar