Skip to main content

5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula yang Menguntungkan

Memulai bisnis online yang menjanjikan memang tidaklah mudah terlebih lagi untuk para pemula. Biasanya akan mengalami kesulitan untuk mencoba dan memulai dari mana terlebih dahulu. Sebetulnya sudah banyak panduan dan pembahasan mengenai cara membangun bisnis online tertentu. Namun, sebelum mencobanya kita sebaiknya mengetahui dasar dari beberapa bisnis online karena bisnis online sendiri sangatlah banyak dan memiliki tingkat risiko yang berbeda juga.

Selain hal tersebut, apabila ingin memulai bisnis online kita juga harus belajar bagaimana menumbuhkan mental yang baik dalam diri sebab mental merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam usaha yang ditekuni. Adapun mental yang perlu dibangun, yaitu:
  • Kemauan untuk terus belajar
  • Selalu bekerja keras
  • Tidak mudah menyerah
  • Memiliki target yang tinggi serta terukur
  • Berani mengambil risiko dan menanggungnya

Kali ini kita akan mencoba memberikan pembahasan seputar cara memulai bisnis online yang bisa menguntungkan dan dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Beberapa contoh bisnis yang iFabrix.com sebutkan di bawah ini mungkin sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.


1. Membuat Website atau Blog

Membangun bisnis online dari blog atau website menurut saya adalah yang paling mudah untuk dilakukan bagi pemula. Membuat website dengan pembahasan topik tertentu yang memiliki banyak manfaat dan peminat dapat dilakukan siapa saja karena tidak sesulit bisnis lainnya. Anda dapat membuat blog sesuai dengan minat dan kemampuan karena dengan begitu akan lebih mudah untuk menghasilkan konten yang baik dan berkualitas. Bila konten berkualitas, nantinya akan diminati atau dibaca oleh banyak audiens.

Apabila website atau blog milik Anda mempunyai banyak visitor, Anda bisa mulai mencoba mendapatkan penghasilan dari situ dengan berbagai cara. Adapun cara yang banyak sekali dilakukan oleh pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan bekerja sama dengan penyedia layanan iklan, misalkan Google Adsense. Cara lain yang juga tidak kalah populer, yakni memasang iklan produk pribadi, affiliasi, menawarkan jasa, dan masih banyak lagi. Apabila serius untuk membangun blog maka Anda akan mendapatkan keuntungan jangka panjang.

2. Membuat Toko Online

Untuk membangun toko online sendiri kini bukanlah suatu hal sulit dilakukan. Salah satu platform yang paling mudah untuk membuat sebuah toko online adalah WordPress. Terlebih lagi jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang pembuatan website, mungkin dalam membangun toko online akan lebih mudah untuk dilakukan sendiri. Pada umumnya, toko online digunakan sebagai sarana untuk meletakkan contoh produk dalam bentuk fisik maupun produk digital lalu dipromosikan melalui dunia maya.

Lantas bagaimana apabila kita tidak memiliki produk sendiri untuk dijual? Tenang. Kita dapat menjual produk yang dimiliki oleh orang lain di mana produk tersebut banyak dibutuhkan oleh orang. Produk-produk tersebut bisa kamu dapatkan dan mulai menjulnya dengan mengikuti program dropship terlebih dahulu. Ada beberapa kelebihan dari bisnis dropship, antara lain kita tidak harus menyiapkan stok barang, tidak harus melakukan packing, dan tidak perlu khawatir akan penumpukan stok barang yang tidak laku. 


3. Menjual Produk Digital

Apabila Anda mempunyai keahlian khusus, maka keahlian milik Anda tersebut dapat dijual dalam bentuk video dan eBook. Bisnis produk digital seperti ini memiliki potensi pasar sangat tinggi, terlebih lagi orang zaman sekarang cenderung suka membaca melalui gadget dibandingkan dengan buku dalam bentuk fisik.

Produk seperti ini umumnya banyak dicari oleh pelaku bisnis online yang sering berkomunikasi di forum-forum tertentu. Misalkan saja forum blogger, maka mereka akan tertarik dengan produk digital yang berkaitan dengan teknik konten marketing, SEO, atau template. Bila mempunyai keahlian tersebut Anda dapat membuat program membership bagi para pembeli.

4. Bisnis Affiliate Marketer

Jika di awal tadi Anda telah mempunyai blog dan ingin menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk namun tidak mempunyai produk sendiri alternatif yang dapat digunakan adalah dengan memasarkan produk milik orang atau dikenal dengan sebutan affiliate marketer. Produk yang dapat dijual bisa bermacam-macam, mulai produk digital ataupun produk fisik dengan ketentuan relevan terhadap topik website atau blog milikmu.

Misalkan saja website milik Anda membahas topik seputar kesehatan, maka produk yang paling relevan adalah obat-obatan atau alat terapi kesehatan. Ada banyak situs affiliate yang dapat diikuti seperti halnya Lazada.

5. Menjadi Penulis Artikel

Pekerjaan menjadi penulis konten untuk saat ini memiliki peluang cukup baik karena seperti yang kita tahu semakin hari semakin banyak website baru bermunculan dan tentunya mereka akan membutuhkan penulis artikel. Tak hanya website besar seperti portal berita saja, blog pribadi terkadang juga membutuhkan artikel yang siap diterbitkan.

Walau terlihat sepele, namun sebenarnya sudah banyak orang yang sukses melalui tulisan-tulisan yang mereka hasilkan. Jadi, apabila Anda mempunyai hobi atau kemampuan menulis yang baik, silakan manfaatkan itu untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online.


Bagaimana artikel ini? Menarik bukan? Sesudah membacanya, pasti ada sedikit gambaran yang bisa Anda tangkap tentang bagaimana cara memulai bisnis online dari nol. Walaupun untuk saat ini Anda adalah seorang pemula, jangan pernah takut untuk mencoba dan menghadapi persaingan karena selalu ada celah bagi semua orang untuk memperoleh keberhasilan. Putuskan bisnis online seperti apa yang akan dijalankan dan lakukan dengan komitmen tinggi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar