Edan! Aplikasi Boros Kuota Ini Bisa Bikin Kantong Kamu Jebol

Aplikasi adalah salah satu hal yang wajib ada di dalam sebuah ponsel pintar karena tanpa adanya aplikasi tersebut akan membuat smartphone terasa membosankan. Terlebih lagi kita jika tidak mempunyai app sosial media atau browser maka tidak ada bedanya dengan HP zaman dahulu. Tetapi, tetap saja kamu harus bijak dalam menginstalnya karena ada sebagian aplikasi boros kuota internet.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya beberapa waktu yang lalu iFabrix sudah memberikan cara menghemat kuota internet. Tapi supaya lebih efektif dan membuat kamu semakin hemat tidak ada salahnya mengikuti terus ulasan ini.

Hampir mencapai 80% kuota yang kita miliki dihabiskan untuk menampilkan iklan yang muncul. Selain itu, aplikasi tertentu yang aktif ternyata juga berperan sangat signifikan dalam masalah boros paket data ini. Aplikasi apa saja itu? Di bawah ini telah kami kumpulkan aplikasi Android yang boros kuota.

aplikasi boros kuota

Aplikasi yang Boros Kuota di HP Android

Selain membuat kuota cepat habis APK semacam ini juga akan membuat Android semakin boros baterai. Jadi, jika dirasa kamu tidak terlalu memerlukan, tidak ada salahnya untuk menghapus saja.

1. Instagram
Di sini saya akan meletakkan Instagram sebagai platform media sosial nomor satu yang sangat banyak menyedot paket data karena ia sangat berbeda dengan Facebook atau Twitter di mana tidak bisa posting hanya dalam bentuk teks saja, melainkan berupa foto dan video. Maka dari itu, sudah pasti kuota kamu akan terpakai sangat banyak ketika membuka Instagram, apalagi saat ini sudah ada fitur baru Live Stories dan Instagram Stories.

Mungkin tidak akan boros jika Instagram bisa dimatikan fungsi autoplay. Namun, sampai sekarang masih belum ada cara mematikan autoplay Instagram. Jadi, untuk menghemat kuota kamu, cukup dengan menahan diri supaya tidak sering-sering melihat feed Instagram.

2. YouTube
Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi dan pastinya kamu juga setuju bahwa YouTube merupakan aplikasi penyebab boros kuota bukan? Tentu saja kamu pasti setuju, dengan isinya yang berupa konten video sudah pasti akan menghabiskan banyak sekali kuota untuk menggunakannya.

Untungnya kita masih sedikit tertolong dengan adanya pemilihan resolusi video sehingga pemakaian kuota dapat sedikit dikurangi. Jadi, kalau kamu pengin nonton YouTube lebih hemat kuota sebaiknya di-download saja atau membeli paket internet khusus untuk streaming.

Baca juga: Cara Download Video Youtube

3. Facebook
Sebagai platform sosial media paling besar di dunia, Facebook akan dipenuhi dengan berbagai macam postingan dari para penggunanya. Maka kamu tidak perlu heran kalau setiap membuka beranda akan dipenuhi status yang terus menerus bermunculan. Bahkan sekarang Facebook menyediakan postingan dalam bentuk video yang mendukung fitur auto play di mana hal itu akan menghabiskan banyak kuota.

Selain itu, Facebook juga akan selalu memberikan notifikasi yang kadang menurut saya sangat menjengkelkan karena sebenarnya bukan hal penting. Jadi, kalau kamu gemar scroll-scroll timeline Facebook sudah jelas kuota cepat habis.

Saya ada sedikit tips untuk menghemat kuota saat membuka Facebook, yakni dengan mematikan auto play. Selain itu, jika hanya ingin membaca status dari teman-teman kamu bisa memakai free Facebook yang saat ini sudah banyak disediakan operator seluler Indonesia. Tapi, kalau memakai versi free tidak akan bisa melihat foto atau video otomatis.

4. Twitter
Kicauan yang tertulis di Twitter memang sih enggak akan bikin kuota cepat habis. Tapi fitur auto play video yang sebenarnya akan membuat kuota jebol. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mematikan autoplay dengan masuk ke ke Setting > Data dan pilih autoplay aktif hanya ketika terhubung dengan jaringan WiFi.

5. Snapchat
Fokus pada fitur snap (status dengan video singkat) merupakan ciri khas Snapchat sejak awal kemunculannya. Adanya fitur tersebut membuat banyak orang lupa dan terlalu asyik membagikan video-video mereka hingga mereka tidak sadar bahwa hal itu membutuhkan banyak sekali paket data.

Belum lagi mereka juga melihat video orang lain maka akan cepat sekali dalam menghabiskan kuota. Kalau kamu enggak mau boros gunakanlah aplikasi ini seperlunya saja.

6. Google Play Store
Mungkin Play Store tidak terlihat memakai banyak kuota jika tidak digunakan untuk men-download game atau aplikasi. Namun, kamu juga harus tahu bahwa Google Play Store selalu melakukan update secara otomatis pada aplikasi yang terinstal di ponsel kamu.

Walau sebenarnya fitur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan peningkatan pada aplikasi langsung dari pengembang, namun akan menjadi masalah bagi sebagian orang yang mempunyai paket data terbatas.

Buat Anda yang merasa sangat terganggu adanya auto update tersebut bisa melakukan setting supaya hanya melakukan update ketika terhubung dengan WiFi. Caranya buka Play Store > Setelan > pada menu Update aplikasi secara otomatis pilih Jangan update secara otomatis atau Hanya melalui Wifi saja.

7. Google Photos
Aplikasi ini memang sangat berguna bagi mereka yang memiliki ponsel dengan penyimpanan terbatas dikarenakan menyediakan layanan backup foto secara online. Tapi, tahukah kamu bahwa layanan backup tersebut bekerja dengan menggunakan koneksi internet?

Kalau Anda menggunakan Google Photos dan merasa kuota kamu menjadi lebih boros kemungkinan besar fitur auto backup aplikasi ini aktif dan sedang melakukan pencadangan foto yang begitu banyak ke server. Agar penggunaan kuota dapat dihemat kamu perlu melakukan pengaturan supaya hanya melakukan backup saat terhubung dengan WiFi.

8. Game Mobile Legend, AOV, dan Game Online Lainnya
Bermain game online memang sangat mengasyikkan karena kita diberikan pengalaman berbeda ketika melawan player lain dibandingkan dengan melawan boot. Bahkan saking serunya game semacam ini tidak hanya diminati oleh anak-anak namun juga orang dewasa.

Tapi kenapa bisa boros kuota? Karena adanya fitur PvP tersebut untuk dapat terhubung dengan player lain kita diwajibkan memiliki koneksi internet dan terkadang dari pihak pengembang sering melakukan update secara otomatis ketika sedang login ke dalam game.

9. Spotify dan JOOX
Kedua aplikasi ini menawarkan kenyamanan kepada user untuk bisa mendengarkan musik streaming dengan begitu banyak pilihan judul. Ketika menggunakan kamu tidak akan sadar bahwa kuota cepat habis apalagi kualitas audio yang dipilih adalah kualitas audio tinggi.

Supaya kuota kamu tidak boros ada baiknya untuk men-download-nya saja sehingga di waktu mendatang saat ingin mendengarkan ulang lagu tersebut tidak harus memakai data kembali. Tetapi, untuk Spotify fitur tersebut hanya dapat dipakai bila sudah menjadi pelanggan premium.

10. Aplikasi Chatting (Line, WhatsApp, Google Duo, dan lain sebagainya)
Kemudahan berkirim pesan memakai aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi. Kita bisa mengirimkan berbagai format seperti audio, gambar, GIF di dalamnya. Tapi, kemudahan tersebut tentu juga harus dibayar dengan penggunaan kuota yang cukup banyak.

Bayangkan saja jika kamu selalu melakukan chat dengan voice note selama seharian, berapa ratus Mb kuota yang kamu gunakan? Dan belum lagi jika melakukan video call tentu akan memerlukan banyak sekali kuota.

11. Hooq dan Netflix
Dengan mempunyai aplikasi tersebut kamu akan menikmati serunya melihat film-film terbaru. Namun sayang sekali, untuk bisa menonton film diperlukan kuota sangat banyak. Misalkan saja menonton film durasi 45 menit dengan resolusi HD diperkirakan akan menghabiskan kuota sebanyak 700 - 800 MB.

Baca juga: Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik

Masalah aplikasi boros kuota bisa diatasi bila kamu mampu mengendalikan keinginan melakukan akses internet yang sebenarnya tidak penting dan memasang aplikasi yang diperlukan saja. Selain itu, jika di sekitar kalian tersedia jaringan WiFi tidak ada salahnya menggunakan WiFi saja dan baru memakai kuota reguler saat bepergian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel