Skip to main content

Cara Mengunci Aplikasi di Android Dengan Mudah dan Cepat

Jika ponsel milik Anda dipinjam oleh teman atau orang lain, mungkin ide yang paling baik untuk tetap menjaga privasi atau mencegah mereka membuka aplikasi penting seperti WhatsApp, Email, dan Galeri adalah dengan cara memberinya sandi. Tetapi, bagaimana cara mengunci aplikasi Android?

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunci aplikasi, bahkan sebagian vendor smartphone juga sudah menjadikan fitur ini sebagai bawaan. Lalu bagaimana bila ponsel kita tidak terdapat fitur bawaan?

Anda dapat melakukan kunci aplikasi dengan memakai aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi. Kita akan membahas secara detail dan jelas di bawah ini.

Cara Mengunci Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi Dengan 360 Security

Ada banyak sekali aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan ponsel Anda.  Tetapi, untuk panduan kali ini iFabrix akan memberikan contoh dengan memakai APK 360 Scurity.  Simak caranya di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Android

  • Silakan cari dan instal aplikasi 360 Security di Google Play. Lakukan instalasi seperti biasa.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan temukan menu App Lock. Opsi tersebut bisa Anda temukan dengan menekan tombol menu yang ada di bagian atas kiri layar.
  • Apabila sudah, Anda akan dihadapkan dengan daftar aplikasi yang terinstal pada Android kamu. Silakan centang pada kotak kecil di sampingnya untuk memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci, lalu tekan Lock.
  • Masukkan pola yang mudah kamu ingat misalkan dengan bentuk angka 7. Anda akan diminta memasukkan pola yang sama sebanyak 2 kali untuk mem-verifikasi.
  • Biasanya, sesudah melewati tahap di atas akan muncul notifikasi Last Step. Anda cukup menekan pada tombol Confirm.
  • Pada menu usage acces geser ke posisi on pilihan Premit Usage Access.
  • Ketuk tombol kembali. Bila berhasil akan keluar notif Lock Success dengan menampilkan aplikasi apa saja yang berhasil dikunci.

Kini aplikasi Android di ponsel pintar milik kamu sudah berhasil dikunci. Jadi, ketika ada orang lain yang ingin mengaksesnya tidak akan bisa tanpa sepengetahuan kamu karena ketika membukanya akan dimintai untuk memasukkan PIN ataupun pola.

Cara Kunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Panduan ini hanya bisa diterapkan apabila ponsel sudah terdapat fitur kunci aplikasi secara bawaan. Untuk langkah mengaktifkan silakan baca berikut ini.

Baca juga: Cara Membuka File ZIP dan RAR

  • Buka menu pengaturan atau setting.
  • Cari pada bagian bawah dan tekan pilihan Pengaturan Tambahan.
  • Apabila sudah ditemukan dan masuk pada opsi tersebut, pilih Privasi.
  • Lalu pilih kembali menu Kunci Aplikasi Individu dan tentukan aplikasi mana saja yang ingin dikunci.
  • Agar aplikasi dapat dikunci Anda diharuskan membuat pola terlebih dahulu di mana nantinya akan digunakan untuk membuka aplikasi. Selain memakai pola juga bisa menggunakan fingerprint jika tersedia.
  • Setelah berhasil membuat pola tinggal ikuti langkah-langkah yang akan muncul selanjutnya sampai selesai.

Selain dengan mengunci aplikasi ada beberapa kiat sederhana yang bisa membantu mengamankan privasi di dalam ponsel kamu.

  1.  Jangan memberikan HP kepada orang yang tidak begitu Anda kenal.
  2. Simpan pada folder khusus semua file penting yang Anda anggap tidak layak diketahui orang lain.
  3. Pastikan selalu mengawasi apa saja yang dilakukan orang pada handphone kamu.
  4. Jangan pernah menyimpan sandi akun apapun dalam ponsel misalkan sandi email, akun mobile banking, dan lain-lain.

Keamanan segala data yang ada pada perangkat memang harus dijaga, terlebih lagi itu berkaitan dengan hal privasi seperti uang, foto pribadi, dan pekerjaan. Apabila ponsel Anda tidak mempunyai fitur keamanan seperti pada pembahasan kedua tadi, bisa mengikuti panduan pertama cara mengunci aplikasi. 
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar