Cara Mudah Mengatasi Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca

Mengatasi kartu SD rusak bisa dikatakan susah-susah gampang karena biasanya tidak terbaca di PC maupun di HP secara normal, tanpa bantuan aplikasi. Sehingga tidak bisa di format datanya supaya normal kembali seperti semula. Lalu bagaimana cara memperbaiki? Tenang saja, semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan kabar baiknya dapat diperbaiki dengan mudah. Terlebih lagi di era modern seperti sekarang ini sudah banyak ditemukan cara memperbaiki memori rusak yang terbukti ampuh.

Memperbaiki kartu SD rusak seperti ini sebenarnya sudah banyak sekali dibahas di forum maupun artikel di internet, tetapi kali ini iFabrix akan membagikan cara efektif dan ampuh guna memperbaiki kartu SD cepat rusak walau baru dipakai kurang dari 3 bulan. Mengatasi masalah kartu SD keluar sendiri sebenarnya hampir sama dengan cara mengatasi kartu memori yang rusak total.

Cara Mudah Mengatasi Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca

Dengan membaca artikel ini, dalam waktu singkat kamu akan dapat mengatasi kartu SD error. Contoh permasalahan yang sering dialami misalnya saja memori yang dipakai sebagai media penyimpanan external file musik, gambar, dan foto di HP Android tiba-tiba tidak terbaca atau tidak bisa dihapus. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh banyak faktor, seperti karena terjadi lecet pada bagian kuningan akibat sering disentuh atau tergores benda keras.

Nah, itu kebiasaan yang umum kamu lakukan bukan? Saya sendiri juga sering melakukannya sehingga menyebabkan kartu memori yang rusak total. Tetapi, sekarang saya sudah tahu dan tidak mengulangi lagi sehingga kartu SD di Xiaomi milik saya masih awet sampai saat artikel ini ditulis.

Setelah mengetahui salah satu penyebab memori rusak di atas, pastinya kamu tidak akan melakukan lagi bukan? Dari pada nantinya akan mendapatkan notifikasi "kartu sd rusak ketuk untuk memperbaiki" pada smartphone Android-mu. Sebelum ke inti dari pembahasan kali ini, sebaiknya kita ketahui dulu apa penyebab SD card cepat rusak.

Penyebab Kartu SD Rusak 

Sebelum mengatasi suatu masalah tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari kerusakan kartu SD. Rusaknya kartu memori seperti tidak bisa dihapus atau bahkan tidak terbaca di HP maupun PC, salah satu penyebabnya telah saya tulis di atas tadi. Namun, masih ada 3 hal lagi pemicu kartu memori yang minta diformat.

1. Karena Kotor
Debu sering dianggap remeh oleh sebagian orang, padahal tanpa disadari akan mengakibatkan dampak buruk atau kerusakan jangka panjang pada barang elektronik. Hal ini juga berlaku pada kartu SD yang bagus sekalipun. Apabila sering kotor oleh debu bisa saja tiba-tiba kartu sd kosong karena error.

Selain debu, kotoran lain seperti keringat yang menempel ketika sedang memegang juga bisa mengakibatkan rusak total. Kenapa bisa begitu? Keringat yang menempel pada bagian kuning akan mengganggu kelancaran sirkuit yang berfungsi untuk transfer data sehingga jangan kaget apabila seketika kartu memori tidak bisa di format.

2. Cairan
Walau ini kasus jarang terjadi, namun tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati karena bisa saja karena lalai lalu tidak sengaja menumpahkan cairan ke perangkat penyimpanan milikmu. Bila sudah terlanjur ketumpahan, segera lap memaki kain bersih atau juga dapat memakai tisu.

Untuk membersihkan juga harus sedikit berhati-hati supaya tidak merusak sehingga dapat kembali normal dan kartu SD terbaca penuh pada perangkat PC atau HP.

3. Kesalahan Penggunaan
Kartu memori yang digunakan untuk melakukan kerja berlebih akan mengalami kerusakan secara perlahan. Contoh kesalahan pengguna semacam ini seperti mengisi sd card sampai batas maksimal padahal kapasitas penyimpanan yang dimiliki cukup kecil.

Baca juga:Begini Cara Mengunci Folder File Penting Agar Tidak Dibuka Orang Lain

Selain itu, banyak juga user yang melakukan partisi kartu SD lewat TWRP dan dengan PC tanpa memiliki pengetahuan yang cukup. Akibatnya kartu memori write protected sehingga tidak dapat diformat.

Cara Mengatasi Kartu SD Rusak

Setelah kita mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, selanjutnya saya akan membahas bagaimana perbaiki kartu SD yang rusak agar kamu dapat mengatasi masalah tersebut.

1. Membersihkan Kartu SD
Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas sd card pada Android atau perangkat di mana digunakan. Cara memperbaiki kartu memori rusak ini tidak memerlukan format data atau alat seperti PC dan HP. Kita bisa mencoba membersihkan sd card memakai penghapus karet yang umumnya dipakai oleh anak sekolah. Gosok memakai penghapus pada bagian lempengan kuning sd card sampai benar-benar bersih. Apabila sudah, coba pasang kembali pada perangkat milikmu dan pastikan penyimpanan exsternal telah kembali terbaca.

2. Mengatasi Error Dengan Komputer
Cara ini berlaku untuk kartu SD minta format maupun write protect dan masih dibaca oleh perangkat komputer. Masukkan micro sd ke card reader kemudian sambungkan pada port usb komputer atau laptop. Masuk ke Windows Explorer > klik kanan pada penyimpanan kartu memori > Properties > pilih Tools > dan klik Error Checking. Ini merupakan cara memperbaiki kartu SD rusak tanpa format yang dapat Anda terapkan di rumah.

3. Memformat kartu SD di Android
Sebelum melakukan format sebaiknya kamu mencadangkan file kartu SD yang rusak tersebut bila memungkinkan. Untuk format SD card bisa dilakukan melalui Pengaturan > Penyimpanan > Penyimpanan Portabel > Setelan Penyimpanan > Format. Dengan begitu semua data yang menjadi penyebab memori rusak akan terhapus semua.

4. Memformat kartu SD di PC
Terkadang kartu memori tidak terbaca di HP namun setelah dipasang pada komputer masih dapat terdeteksi. Untuk melakukannya, sama seperti langkah awal pada nomor dua dan tentunya juga memerlukan crad rider. Ini merupakan cara terakhir bila langkah 1 sampai tiga tadi tidak berhasil.

Cadangkan semua file apabila mungkin untuk dilakukan. Selanjutnya masuk ke pengelola file seperti Windows Explorer > lalu klik kanan dan pilih Format > Restore device defaults > Start. Tunggu saja sampai prosesnya selesai dan apabila tetap tidak teratasi mungkin Anda harus membeli baru kartu sd paling awet seperti dari merek Sandisk.

Baca juga: Mengalami HP Lemot? Lakukan Ini Kalau Mau Kenceng Lagi

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi kartu SD yang Rusak, entah tidak terbaca, atau tidak bisa diformat. Walau tulisan ini acak-acakan semoga dapat membantu memecahkan masalah Anda. Semoga kartu memori milik Anda dapat kembali normal.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel