Skip to main content

2 Cara Mengunci Folder di Laptop dan PC Windows Dengan Password

Cara mengunci folder di laptop dan PC Windows 10 atau versi di bawahnya supaya dokumen aman. Folder adalah suatu wadah yang digunakan untuk menyimpan atau mengelompokkan berbagai jenis format file seperti gambar, teks, video, dan program di dalam perangkat dekstop. Secara umum folder akan memiliki tampilan berupa ikon amplop dengan warna cokelat.

Mengaktifkan fitur folder lock wajib dilakukan jika Anda memiliki file yang sangat penting tersimpan di perangkat Windows untuk menghindari kejahatan atau tangan-tangan usil yang ingin menyalahgunakan dokumen milik Anda tersebut.

Ada banyak pilihan cara password folder yang bisa dicoba untuk mengamankan dokumen kita yang ada di PC atau laptop, baik dengan software tambahan maupun tanpa software. Bagi anda pebisnis ada baiknya melakukan proteksi file-file penting yang ada di perangkat Anda memakai cara kunci folder di laptop.

Mengunci folder file adalah salah satu cara bagaimana kita melindungi privasi maupun karya kita yang tersimpan dalam bentuk digital, tentu anda tidak mau 'kan kalau hasil jerih payah anda disalahgunakan atau dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu, pengamanan ini juga perlu dilakukan apabila perangkat digunakan secara bersama supaya user lain tidak dapat mengakses file anda.

Sebagai orang waspada, saya selalu menerapkan hal ini di setiap penyimpanan yang saya gunakan, siapa tahu ada pihak lain tidak suka lalu melakukan sabotase pekerjaan saya. Dari SD sudah di ajarkan bahwa menyiapkan payung sebelum hujan itu lebih baik. Terlepas dari hal pekerjaan, cara ini juga cocok bagi kamu kolektor foto cewek. Jadi, pacar kamu tidak akan tahu bahwa kamu juga memiliki koleksi foto-foto cewek lain ataupun mantan.

Agar tutorial ini cepat selesai mari kita langsung saja membahas bagaimana mengunci folder di Windows 10 supaya tetap aman terkendali. Ini ialah cara-cara umum yang mungkin sudah banyak diterapkan oleh para pemula, tetapi dari segi keamanan lumayan ampuh serta membantu. Alasan lainnya iFabrix memakai cara ini adalah lumayan sederhana dan saya yakin anda juga menginginkan cara mudah dan sederhana. Baiklah simak petunjuk berikut ini dengan teliti.

mengunci folder

Cara Memberi Password Pada Folder Dengan Software Winrar

Winrar selain berguna sebagai software untuk mengkompres data ternyata juga memiliki fitur yang lumayan bagus yaitu memproteksi hasil kompresi sebuah folder. Secara umum Winrar mampu memangkas ukuran file hingga 30-40 persen dan hebatnya lagi juga mendukung format kopresi populer seperti RAR maupun ZIP.

Baca juga:

Sistem kerja aplikasi windows ini yaitu mengkompresi 1 atau banyak data ke dalam sebuah folder saja. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi yang suka upload maupun download karena mampu menekan penggunaan data. Selain itu program ini juga dapat digunakan untuk folder protect di flashdisk. Adapun cara membuat password pada folder adalah sebagai berikut:

Untuk memulainya tentu anda harus mempunyai aplikasinya terlebih dahulu. Bila sudah, klik kanan pada folder yang ingin di kunci, lalu klik Add to arcive.


  1. Lalu centang bagian Lock Arcive
  2. Klik set paswords
  3. Silakan tuliskan kata sandi yang mudah kamu ingat lalu klik encryp file names dan Ok.
  4. Ok lagi dan selesai.


Bila file berukuran besar sebaiknya siapkan kopi sambil menunggu prosesnya hingga selesai. Ya tapi harus diingat password-nya jangan sampai lupa.

Cara Mengunci Folder Dengan Notepad

Banyak sekali aplikasi yang dipakai untuk mengamankan file di dalam folder salah satunya seperti yang sudah kita bahas di atas. Tapi selain menggunakan aplikasi ternyata ada cara lebih mudah, yaitu dengan Notepad.Berikut tutorialnya.

1. Silakan buka File Evplorer yang ada di laptop atau komputer kamu kemudian cari folder yang akan dikunci.
2. Buka Notepad dan salin kode yang ada di bawah.
3. Ganti tulisan "PASSWORD ANDA" dengan kata sandi yang akan kamu pakai.
4. Setalah di-copy, simpan dengan pilihan Save As > pilih lokasi penyimpanan di dalam folder yang dibuka tadi > beri nama kunci.bat dan ganti Save as type menjadi All Files.

(cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== PASSWORD ANDA goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End).

5. Klik sebanyak dua kali file kunci.bat tadi. Setlah diklik akan muncul folder baru bernama Private.
6. Masukkan ke dalam folder tersebut semua file yang akan kamu kunci.
7. Bila sudah, tekan dua kali lagi file kunci.bat tadi, kemudian akan terbuka halaman CMD.
  • Jika Anda ingin mengunci folder ketik Y > enter.
  • Namun, kalau mau membuka ketik N > enter.

8. Jika ingin membuka folder terkunci, caranya cukup klik 2 kali file kunci.bat, lalu silakan masukkan password Anda.

Selain cara di atas sebenarnya bisa juga memakai Microsoft Office namun saya rasa tidak diperlukan sebab hanya terbatas pada dokumen software tersebut berbeda dengan Winrar di mana dapat mengamankan banyak sekali jenis dan format file. Untuk cara memakai MS Words cukup mudah Anda tinggal klik File > Info > Protect Document > Encrypt With Password lalu Tekan OK kemudian tinggal mengulangi konfirmasi password dan OK.

Semoga dengan adanya artikel cara lock folder di komputer ini sobat semua tidak was-was ataupun mengalami terjadinya pencurian data walau metode ini memang masih dalam tingkat dasar tapi tenang saja karena encription dari Winrar cukup bagus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar