Wajib Baca! Inilah Novel Terbaik Indonesia

Novel terbaik karya para penulis Indonesia sangat begitu banyak. Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia melahirkan puluhan bahkan ratusan penulis handal dengan kemampuan menulis begitu menakjubkan. Kita dapat menemukan macam-macam kategori novel seperti fiksi dan non fiksi yang mana sudah banyak beredar sampai ribuan eksemplar buku dan memiliki rating tinggi sebagai umpan balik dari para pembaca.

Menurut situs Goodreads yang menampung berbagai karya buku, telah menetapkan pilihan kepada novel Indonesia terbaik untuk sepanjang masa. Hasil tersebut diperoleh dari voting yang dilakukan oleh para pembaca dalam tiap kategori buku. Nah, apabila kamu adalah seorang dengan hobi membaca buku mungkin artikel ini dapat memberikan referensi buku novel selanjutnya yang akan kamu beli.

Novel Terbaik Indonesia

Namun, bila kamu bukanlah seorang kutu buku mungkin saja tetap akan menarik perhatianmu karena banyak sekali novel menarik yang mengusung tema ringan serta sering diusung ke layar lebar. Sehingga dengan memilikinya, dapat memperluas imajinasi dan juga menambah pengetahuan seputar karya sastra anak bangsa, yaitu novel.

Novel Terbaik Indonesia

Di sini iFabrix telah memilih berbagai novel populer yang mana dapat dibeli di toko buku kesayangan Anda. Kamu tidak perlu ragu, sebab semua daftar di bawah mempunyai alur cerita menarik dan tentunya tidak akan merogoh kocek terlalu dalam. Berikut ini kumpulan novel dengan alur cerita mengasyikkan ciptaan bangsa kita.

1. Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Noer

Buku berjudul Bumi Manusia adalah sebuah karya tertulis pertama dari seorang bernama Pramoedya Ananta Noer. Genre dari novel ini ialah sejarah yang memiliki latar belakang kisah pada abad ke-19 di Kota Blora. Di dalamnya menceritakan seorang toko Minke dengan sifat pemberani, terpelajar, dan gigih dalam berusaha mewujudkan setiap impiannya. Dalam ceritanya, Minke dikisahkan menempuh pendidikan di HBS Surabaya di mana merupakan tempat bangsa Eropa yang juga menempuh pendidikan. Karena dia adalah pribumi, ia sering kali mendapatkan ejekan. Namun, seiring berjalannya waktu dia mampu menyesuaikan diri dan bergaul terhadap orang eropa yang membuatnya berubah dan mengagungkan segala kebudayaan Eropa. Karena hal tersebut, Minke lupa akan budayanya sendiri hingga pada akhirnya menimbulkan keinginan untuk mencari jati dirinya.

2. Laskar Pelangi - Andrea Hirata

Memakai latar belakang dari sebuah pantai di Kabupaten Belitung, novel Laskar Pelangi mengusung cerita dari sebelas anak berasal dari keluarga kekurangan yang juga merupakan pelajar dari sebuah SD Muhamadiyah. Kondisi ekonomi serba kekurangan tidak menyurutkan semangat mereka dalam meraih kehidupan lebih baik di masa depan. Justru hal itu menjadi penyemangat untuk terus belajar dan menempuh pendidikan meskipun tempat mereka bersekolah akan ditutup karena jumlah murid tidak memenuhi batasan minimal.

Pantang menyerah, setia kawan, dan kegigihan yang tercermin dari tokoh dalam novel tersebut memberikan banyak sekali pesan moral yang baik untuk diterapkan pada anak-anak dengan usia dini. Meski sesusah apapun keadaan hidup, harus tetap berusaha dan bertahan untuk mendapatkan masa depan kehidupan lebih baik.

3. Anak Semua Bangsa - Pramoedya Ananta Noer

Berlanjut dari novel Bumi Manusia, buku Anak Semua Bangsa masih menceritakan kisah seputar Minke, namun latar yang diusung mengenai negara Indonesia pada 1898 sampai 1918. Karena penjajahan Hindia Belanda, banyak rakyat yang mengalami pahitnya penderitaan. Penindasan, teror, serta paksaan untuk menyerahkan harta dan tanah kepada penjajah dari bangsa belanda.

Tidak sampai di situ saja, penderitaan bangsa semakin bertambah dengan perlakuan sesuka hati dari para pejabat pribumi maupun Eropa. Mereka melakukan perampasan kepada semua hal yang diinginkan. Selain mengambil kemerdekaan yang seharusnya dinikmati semua rakyat, mereka juga melakukan pengambilan paksa atas harta benda, tanah, bahkan istri juga ikut dirampas. Cerita Anak Semua Bangsa adalah masa di mana Minke melakukan observasi mengenai kehidupan rakyat bawah yang pasrah tak berdaya terhadap kekuasaan dan kekejaman Eropa.

4. Ronggeng Dukuh Paruk - Ahmad Tohari

Dukuh Paruk merupakan nama dari sebuah desa terpencil yang dihuni oleh rakyat miskin. Akan tetapi, warga di sana sangat menjunjung kesenian, yaitu tarian ronggeng yang merupakan  kesenian kebanggaan serta pemacu gairah hidup warga Paruk. Suatu ketika datanglah sebuah kejadian buruk, keracunan makanan bernama tempe bongkrek, hingga menelan nyawa belasan penduduk. Mulai saat itu semangat hidup masyarakat di sana mulai lenyap.

Hingga pada akhirnya muncul gadis bernama Srinthil yang piawai dalam melengak-lengokkan tubuhnya saat menari ronggeng. Karena bakat miliknya, Srinthil diakui banyak warga akan bakatnya tersebut dan menjadikannya gadis yang bisa dimiliki orang banyak. Namun hal tersebut juga membuat ia berpisah dengan pujaan hati den memberikan rasa sakit di dalam hatinya.

5. Negeri 5 Menara - Fuadi

Cerita yang diangkat dari kisah nyata tentu saja akan memberikan ketertarikan tersendiri kepada pembaca. Seperti halnya novel Negeri 5 Menara, novel ciptaan Ahmad Faudi tersebut adalah buku ke-1 dari trilogi yang mengangkat kisah 6 orang santri yang berasal dari beberapa daerah berbeda namun menuntut ilmu di sebuah Pondok Mandani, Jatim. Walaupun ke enam orang tersebut jauh dari orang tua dan rumah tetapi mereka sukses menggapai mimpi melihat jendela dunia.

Alif merupakan tokoh utama di dalam cerita ini. Ia adalah orang yang gemar nongkrong di dekat menara pondok bersama lima kawannya. Mereka semua sering menanti datangnya waktu salat Magrib sembari melihat awan yang semakin bergerak ke arah ufuk. Awan tersebut di mata mereka berubah menjadi benua dan negara yang diimpikan masing-masing. Mereka tidak mengetahui akan ke mana impian tersebut membimbing mereka. Tetapi, yang dipercayai mereka ialah impian tidak dapat diremehkan walau setinggi apapun itu karena masih ada Tuhan yang selalu mendengar suara hati hambanya.

6. 5 CM - Donny Dhirgantoro

Pasti kamu tidak asing lagi walau belum pernah membacanya. Ya karena saking menariknya kisah dari novel 5 CM ini sampai diangkat menjadi film di layar lebar. Selain itu, di Gramedia juga menjadi salah satu buku terlaris selama kurun waktu dua tahun dan tentunya menjadi novel terbaik tentang cinta yang wajib dibaca.

Karya dari Donny Dhirgantoro ini mengisahkan sebuah kehidupan dari lima sahabat yang telah saling mengenal selama 7 tahun. Mereka kerap melakukan kegiatan bersama-sama seperti nonton dan mengunjungi kafe. Tapi suatu saat mereka merasa ada yang kurang dengan hidupnya karena hanya mengenal lingkungan kehidupan sendiri hingga akhirnya memutuskan untuk tidak bertemu sementara waktu. Sampai pada saat mereka bertemu kembali dan melakukan sebuah perjalanan yang mengubah pandangan hidup mereka ke hal positif

7. Rembulan Tenggelam di Wajahmu -Tere Liye

Apabila Anda pecinta novel sejati pasti tidak asing dengan nama pengarang Tere Liye. Gaya bahasa yang khas serta alur cerita yang seolah hidup menjadikan karakternya semakin kuat. Karya ini iFabrix sangat merekomendasikan untuk kamu sebagai tambahan koleksi novel terbaik Tere Liye ini. Tak hanya menyajikan suasana romantis, tapi banyak sekali pelajaran hidup yang dapat kita petik untuk diterapkan dalam kehidupan.

Baca juga: Kayak Di Bali, Rupanya 5 Pantai Tersebut Ada Di Pacitan

Novel terbaik sepanjang masa di atas kami simpulkan dari hasil referensi pada situs lain dan pendapat para pembaca yang memberikan ranting pada berbagai situs penyedia buku. Anda punya pendapat lain? Silakan tulis pendapat Anda seputar novel karya anak Indonesia di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Baca! Inilah Novel Terbaik Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel