Mengenal Apa itu Artikel, Ciri-Ciri Artikel, dan Jenis Artikel

Jika Anda adalah seorang blogger pasti tidak akan asing lagi tentang apa itu artikel sebab menulis artikel sudah pasti menjadi rutinitas setiap hari. Sebuah blog walaupun mempunyai tampilan yang menarik tetap saja harus didukung dengan artikel berkualitas juga. Tanpa adanya artikel yang berbobot maka kemungkinan blog tersebut akan tersingkir dari mesin telusur.

Mengenal Apa itu Artikel, Ciri-Ciri Artikel, dan Jenis Artikel

Banyak sekali kalangan blogger yang baru mulai untuk membangun sebuah blog pribadi menggebu-gebu dalam pembuatan artikelnya, tanpa memikirkan pemahaman tentang apa yang ia tulis, dan apakah pembahasan yang ia berikan itu yang dicari oleh para visitor blog. Untuk itu kali ini kita akan membahas dan mencoba memahami apa sih artikel itu dan bagaimana ciri-cirinya.

Ada beberapa pengertian artikel yang saya dapatkan dari beberapa sumber seperti di bawah ini yang telah saya ringkas dalam bahasa sendiri.

Wikipedia

Artikel adalah sebuah karangan bersifat faktual di mana disajikan secara lengkap dan mempunyai panjang tertentu yang diterbitkan dalam media tertentu seperti halnya koran, majalah, buletin, dan media lainnya. Adapun tujuan dari dibuatnya sebuah artikel yaitu untuk menyampaikan gagasan atau ide yang sesuai fakta sehingga mampu mendidik, menghibur, serta meyakinkan pembaca.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

 Artikel adalah karya tulis yang lengkap seperti laporan, esai, koran, majalah berita, surat kabar, dan lainnya.

Ensiklopedia Pers Indonesia

Jika kita melihat di EPI kurang lebih artikel didefinisikan sebuah karangan yang mempunyai bentuk prosa dan terdapat di media masa untuk membahas sebuah pokok permasalahan secara lugas.

Selain itu tadi ada pendapat para ahli yang saya dapatkan mengenai pengertian artikel. Berikut ini pengertian artikel menurut para pakar.

Al Aqli

Menurut pendapat Al Aqli, artikel ialah sebuah tulisan atau karya yang ditulis oleh seorang yang menguasai disiplin ilmu yang mana dalam tiap pembahasannya telah melalui kajian dan diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas supaya para pembaca dapat mengambil inti atau pesan yang disampaikan oleh si penulis.

Sumandria

Haris Sumandria berpendapat bahwa artikel ialah karya tulis bebas yang di dalamnya berisi opini atau pendapat seseorang yang membahas secara tuntas mengenai permasalahan bersifat kontroversial dan aktual serta bertujuan untuk membangun pengaruh, keyakinan, pemberitahuan, dan hiburan bagi pembaca.

Rillan E Wolsey

Berdasarkan pendapat E. Wolsey artikel dapat disimpulkan sebagai karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu. Adapun tujuan penulisan tersebut adalah untuk menyampaikan sebuah fakta maupun gagasan guna memberikan keyakinan, hiburan, bahkan pendidikan bagi pembacanya.

Begini Ciri-Ciri Artikel

Dalam sebuah karya tulis berbentuk artikel mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.


  1. Isi yang mempunyai sumber dari sebuah realita serta didukung oleh bukti maupun fakta yang cukup valid.
  2. Artikel tidak memiliki sifat seperti mitos yang kebenarannya tidak dapat dipertanggung jawabkan secara nyata.
  3. Bersifat asli dari karya si penulis itu sendiri.
  4. Gagasan yang dibuat bertujuan memenuhi kebutuhan para pembaca dan khalayak luas.
  5. Disajikan secara faktual sesuai dengan data yang dimiliki oleh penulis.
  6. Artikel dapat berbentuk sebuah laporan, biografi, pendapat, hasil riset, berita terbaru, pengalaman, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Artikel Secara Umum

Artikel dapat terbagi menjadi beberapa jenis. Menurut pengetahuan kami dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis.

Deskripsi

Deskripsi adalah sebuah artikel atau karya tulis yang di dalam pokok pembahasannya menceritakan atau memberikan wawasan suatu hal untuk membuat pembaca seolah-olah dapat merasakan, melihat, mendengar, akan hal tersebut.

Narasi

Narasi dapat juga disebut dengan cerita. Jadi, artikel jenis ini akan menceritakan suatu kejadian maupun peristiwa yang di dalamnya terdapat kronologi, tempat, tokoh, bahkan konflik yang terjadi. Narasi dapat berbentuk biografi maupun hanya suatu kejadian yang menimpa seseorang.

Argumentasi

Argumentasi adalah sebuah karangan yang bertujuan memberikan sebuah kebenaran berdasarkan pemikirannya dan disertai dengan bukti-bukti dalam bentuk data yang dapat mendukung pendapatnya tersebut. Dalam sebuah argumentasi terdapat unsur utama, yaitu fakta, opini, alasan, dan data pendukung. Penulis terkadang juga menginginkan respon dari para pembaca.


Persuasi

Persuasi memiliki sifat untuk membujuk, menyuruh, dan mengajak para pembaca untuk melakukan suatu hal tertentu. Penulis bertujuan untuk membuat pembaca artikelnya melakukan suatu tindakan sesuai dengan yang disampaikan dalam artikelnya.

Bagaimana artikel yang baik?

Artikel yang baik adalah artikel yang memenuhi kebutuhan pembaca, misalkan para pembaca menginginkan informasi yang berkaitan dengan ulasan suatu produk maka artikel yang dapat dikatakan baik adalah pembahasan produk tersebut secara detail mulai dari harga, spesifik, kelebihan, kelemahan, dan perbandingan dengan produk lain yang sejenis. Selain itu unsur data yang valid juga termasuk dalam penunjang sebuah artikel dapat dikatakan memenuhi kebutuhan pembacanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Apa itu Artikel, Ciri-Ciri Artikel, dan Jenis Artikel"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel