Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk

Terkadang kita tidak sengaja melakukan kesalahan yang menyebabkan file penting dalam penyimpanan flashdisk kita terhapus. Lalu Anda pasti akan berpikir bagaimana cara mengembalikan file tersebut? Kali ini IFabrix akan mencoba membahas tentang cara mengembalikan dile yang terhapus dengan memakai bantuan software ataupun tidak.

Terkadang ada penyebab tertentu yang bukan diakibatkan oleh user yang dapat mengakibatkan file hilang, seperti karena virus, kerusakan pada perangkat penyimpanan itu sendiri, dan gagalnya proses read/write akibat melakukan pencabutan yang tidak benar. 
Ada banyak cara mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan memakai software atau tanpa software seperti pada artikel ini.

Apabila saat ini sedang mengalami masalah tersebut, solusi yang dapat membantu Anda adalah dengan mengembalikan file penting yang terhapus memakai program file recovery. Saat ini ada banyak sekali software recovery yang dapat kita gunakan. Akan tetapi saya akan memberikan contoh dengan memakai Recuva. Program ini memiliki kelebihan yaitu gratis serta powerful. Selain itu pengembang software Recuva sudah terpercaya karena juga merupakan developer dari CCleaner.

Mengembalikan file terhapus memakai Recuva

1. Install terlebih dahulu Recuva

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari software Recuva dan menginstalnya di komputer Anda. Meski Recuva sendiri ada yang berbayar namun Anda cukup memakai yang gratis saja.

2. Melakukan scan file yang sudah hilang dari flashdisk.

Masukkan flashdisk ke port USB perangkat Anda kemudian buka Recuva dan lakukan langkah scaning pada flashdisk yang file di dalamnya telah hilang.

Pada awal proses scan Anda akan dengan pilihan menu wizard. Di situ terdapat pilihan jenis file yang ingin kamu cari (gambar, musik, dokumen, video, file terkompres, maupun memilih mencari semua file sekaligus).


Pastikan Anda memilih lokasi file yang akan dikembalikan, caranya kilk In a spesific location > browser > pilih penyimpanan flashdisk Anda.


Bila sudah, langsung saja klik next  lalu start dan tinggal menunggu proses pencarian file yang sebelumnya terhapus di flashdisk.


Bila file yang dicari tidak terlalu banyak biasanya tidak akan memerlukan waktu yang terlalu lama dan akan muncul jendela Piriform Recuva. Perhatikan warna tanda bulat, nama file, serta state.


Keterangan:
  • Bila tanda bulat berwarna hijau serta state tertulis excellent, dapat dipastikan file tersebut dapat dikembalikan.
  • Tanda bulat berwarna merah dan keterangan state unrecoverable, tidak dapat dikembalikan.
  • Bulatan berwarna orange serta state poor, biasanya dapat dikembalikan namun berkemungkinan akan terjadi corrup.

Beruntungnya semua file yang ingin saya kembalikan akibat terhapus memiliki tanda hijau dab state Excellent. Jadi, file yang hilang di flashdisk dapat dikembalikan. Langkah selanjutnya tinggal mencentang file yang ingin dikembalikan lalu klik Recover. Bila sudah, selanjutnya pilih dimana lokasi yang akan dijadikan tempat penyimpanan file yang terselamatkan tersebut.


Langkah terakhir tinggal mengecek apakah file tersebut sudah terselamatkan dan dapat diakses seperti biasanya.

Memakai Hidden Files and Folders

Sebelum melakukannya kita akan memastikan terlebih dahulu apakah file yang hilang tersebut terhapus akibat virus atau tidak.


  1. Buka Windows Explorer dengan cara menekan Windows + E pada keyboard.
  2. Pilih letak driver di mana tempat flashdisk tersebut, contohnya G:namadariflashdisk. Klik kanan > Properties.
  3. Perhatikan used spaces. Jika tidak menunjukkan angka 0, kemungkinan file tersebut hilang akibat dari virus.

Bila kita sudah tahu melalui tes tersebut apakah hilangnya file dikarenakan virus atau bukan maka kita akan melihat apakah file tersebut tersembunyi/hilang. langkah ini tidak memerlukan bantuan software pihak ketiga, cukup menggunakan hidden files and folder yang terdapat pada folder and search option.

  1. Buka kembali halaman Windows Explorer jika sebelumnya sudah di-close.
  2. Pilih menu Organize pada kiri atas > Folder and search option.
  3. Jika jendela Folder Option sudah muncul cari dan pilih bagian View > pilih Show hidden files, folder, and drivers > Ok.
  4. Cek flashdisk Anda apakah semua file yang sebelumnya hilang sudah muncul kembali atau belum. Jika belum, bisa mencoba cara lain, yaitu memakai CMD.

Mengembalikan file di flashdisk dengan CMD.

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan yakni memakai Command Prompt atau CMD. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Klik start > tulis pada kolom search program dan file "CMD" > klik program CMD.
  2. Bila sudah terbuka ketik CD.. > enter.
  3. Tuliskan di mana lokasi flashdisk Anda berada, contohnya di G maka cukup menuliskan G:, maka akan berubah C:\Users>G: > tekan enter.
  4. Ketik perintah ATTRIB *,* -S -H -R /S /D maka akan menghasilkan seperti pada gambar di bawah.
  5. Jika berhasil maka file maupun folder yang sebelumnya tersembunyi atau hilang akan muncul lagi.

Alternatif software yang dapat digunakan mengembalikan file yang telah terhapus atau hilang lainnya.


Selain cara dan software di atas, Anda juga dapat memakai program pihak ke-3 lain yang memiliki fungsi seperti yang lainnya karena dengan mencoba cara maupun alat berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Software lain tersebut seperti:


  • Glary Undelete
  • EaseUS Data Recovery
  • Puran File Recovery
  • Inspector File Recovery

Dan sebetulnya masih terdapat banyak lagi software yang dapat dipakai. Selain mengembalikan file di dalam flashdisk sebetulnya cara dan software tersebut juga dapat dipakai untuk SSD, SDcard atau microSD, dan hardisk.

Mungkin itu dulu yang dapat kamu berikan kepada Anda. Apabila nada memiliki cara lain yang lebih mudah bisa dibagikan pada kolom komentar atau mengirimkan artikelnya melalui formulir kontak IFabrix.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk"

Posting Komentar

Silakan ajukan pertanyaan kamu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel