Skip to main content

3 Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang atau Terhapus di Ponsel

Bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus? Pasti Anda akan menanyakan hal tersebut ketika kontak di telepon tiba-tiba hilang tanpa sengaja atau saat berganti perangkat baru. Tenang saja, kali ini iFabrix akan memberikan solusi mudah supaya dapat mengembalikan kontak di HP yang terhapus atau hilang. Ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Kontak atau umum disebut nomor telepon adalah salah satu file penting yang ada pada sebuah ponsel. Tanpa adanya hal itu, ponsel tidak akan memenuhi fungsinya secara sempurna sebagai alat komunikasi. Walau pada sekarang ini sudah banyak aplikasi chatting serta sosial media, nomor telepon tetap saja dipakai, seperti untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi.

Selain itu, masih ada banyak sekali aplikasi chat yang memanfaatkan nomor telepon sebagai media untuk mendaftar para penggunanya, misalnya WhatsApp, Telegram, dan lain-lain. Tetapi, gimana jadinya kalau kotak pada HP hilang tiba-tiba? Pasti kita juga tidak bisa melakukan komunikasi memakai APK chatting, 'kan?

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kontak menghilang. Contoh penyebabnya dari menghilangnya nomor adalah karena di-reset pabrik atau bisa juga kesalahan sistem sehingga membuat nomor kontak hilang ketika kita mematikan ponsel. Tapi sebenarnya ada cara kok untuk mengembalikan daftar nomor pada telepon yang hilang, seperti di bawah ini.


Cara Mengembalikan Kontak Yang Hilang di Semua Smartphone

Dalam tutorial ini akan saya bagi menjadi tiga cara berdasarkan penyebab dan perangkat yang digunakan sehingga Anda tidak akan kebingungan untuk melakukannya. 

Baca juga:

1. Melalui Pengaturan Kontak Telepon
Tanpa sadar terkadang nomor tiba-tiba menghilang setelah kita melakukan beberapa perubahan di HP. Sebenarnya nomor tersebut tidak terhapus selama masih tersimpan pada kartu SIM hanya saja secara bawaan ponsel akan menampilkan daftar nomor yang buka berasal dari kartu SIM sehingga kontak akan menghilang. Tak hanya pada ponsel jenis tertentu saja biasanya kejadian semacam ini sering terjadi pada semua jenis smartphone baik Android, Apple, dan Windows Phone.


  • Silakan buka aplikasi telepon pada HP. Jika memakai ponsel Xiaomi dengan menekan ikon titik tiga di kanan atas (mungkin di perangkat lain bisa saja berbeda), lalu pilih Setelan.
  • Selanjutnya, cari pilihan Tampilkan Kontak SIM dan aktifkan dengan menggeser tombol kecil di sampingnya sampai berwarna biru.
  • Silakan kembali dan cek apakah semua nomor sudah muncul.
  • Cara ini hanya berlaku jika Anda menyimpan semua nomor pada kartu SIM.


Apabila setelah melakukan pengaturan di atas kontak tidak juga muncul, kemungkinan besar sudah ikut terhapus di kartu SIM. Tapi masih ada lagi cara yang patut dicoba, yakni menggunakan akun dari Google.

2. Memakai Akun Gmail
Cara kedua ini dapat dilakukan jika Anda adalah pengguna HP Android yang memiliki akun Gmail di ponselnya. Untuk pengguna iPhone atau Windows Phone saya belum pernah mencoba metode ini tapi Anda bisa langsung ke cara ketiga saja.


  • Silakan kaitkan email Google milik Anda pada Android yang digunakan dengan cara buka Pengaturan > Akun > Sinkron > Tambah Akun > Google.
  • Masukkan alamat email dan sandi, lalu ikuti petunjuk selanjutnya sampai berhasil login.
  • Jika sudah, buka setelan kontak pada telepon Anda > Setelan > Atur Daftar Kontak > pilih pada akun Gmail yang tadi telah Anda kaitkan dengan ponsel. Kita juga dapat menampilkan semua kontak dari berbagai media penyimpanan lainnya yang ada di dalam ponsel Android.


3. Menggunakan Akun Microsoft (Hanya Untuk Perangkat Windows Phone)

  • Buka terlebih dahulu web live.com menggunakan laptop atau PC. Lakukan login dengan memakai akun Microsoft yang Anda miliki dan telah singkron dengan ponsel Windows Phone.
  • Selanjutnya, perhatikan beberapa menu pada halaman awal live.com. Pilih menu Manage > Restore Deleted Contacts.
  • Tunggu hingga semua kontak muncul kembali yang tadinya telah hilang.
  • Setelah muncul semua, pilih beberapa kontak untuk dikembalikan atau bisa juga mengembalikan semua kontak dengan memilih menu Select All.

Sekarang kontak sudah kembali seperti semula dan sebaiknya segera melakukan backup menggunakan berbagai macam media penyimpanan supaya bila suatu saat terhapus lagi dapat mengembalikannya dengan mudah.

Cara Backup Kontak Telepon Supaya Tidak Hilang

Ada beberapa media penyimpanan yang dapat dipakai untuk mencadangkan kontak, seperti kartu SD dan akun Google. Jika ingin mencoba, ikuti cara di bawah ini.

  • Buka kotak telepon.
  • Pilih menu pengaturan kontak.
  • Tekan pilihan Import/Export.
  • Silakan pilih di mana Anda ingin menyimpan cadangan kontak telepon. Saya sarankan simpang di kartu memori atau akun email.
  • Ikuti instruksi yang diberikan hingga selesai.

Sampai di sini dulu pembahasan kali ini. Jika Anda mendapat kesulitan atau ada kata yang kurang jelas dalam tutorial mengembalikan kontak yang hilang di HP Oppo, Xiaomi, Vivo, iPhone, atau merek lain ini dapat menanyakan langsung melalui formulir kontak ataupun di fans page kami. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar