Skip to main content

3 Cara Memindahkan Kontak Dari Android Ke iPhone

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone dengan mudah. Dalam perangkat telepon, kontak adalah sebuah data yang sangat penting dan tentunya jika hilang akan sangat menyusahkan kita ketika ingin menghubungi seseorang. Untuk itulah ketika berganti ponsel wajib memindah data tersebut dari perangkat lama ke yang baru.

Nah, jika kamu saat ini baru saja membeli iPhone baru yang memakai iOS 12 atau versi lain dan sebelumnya memakai Android pasti akan buang-buang waktu ketika harus menyalin kontak satu per satu? Untuk itulah iFabrix kali ini akan memberikan solusi kepada kamu supaya proses pemindahan lebih mudah dan cepat.

Ada tiga pilihan cara yang dapat Anda gunakan untuk pindah kontak Android ke iPhone, yaitu memakai akun Google, menggunakan aplikasi Move to iOS, dan file VCF.Supaya tidak terlalu panjang mari langsung saja kita lanjut ke tutorial berikut ini.

Cara Pindah Kontak Android ke iPhone

1. Menggunakan Gmail
Akun Gmail tidak hanya bisa dipakai pada perangkat buatan Google saja tapi juga dapat kita gunakan di iOS. Pada Gmail terdapat fitur singkronisasi yang berfungsi untuk memidah data dari perangkat satu ke perangkat lain dengan email yang sama. Oleh karena itu, fitur singkron data ini dapat kita manfaatkan sebagai solusi saat ingin memindahkan kontak ke lintas perangkat.

Untuk dapat menggunakan cara ini tentunya syarat pertama yang harus dipenuhi adalah memiliki Gmail yang sudah sigkron pada perangkat Android. Apabila belum, silakan aktifkan terlebih dahulu. Bagi orang yang sering melakukan singkronisasi data langkah ini tidaklah sulit untuk dilakukan.

cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone
Menu Sync

Sesudah singkron aktif, selanjutnya silakan masuk ke Gmail melalui HP iPhone dengan cara buka menu Setting > lalu pilih Mail, Contacts, Calender > tekan Gmail. Setelah itu kamu akan diberikan beberapa pilihan apa saja yang ingin disingkronkan, aktifkan pada pilihan Contacts. Dengan begitu semua kontak pada Android akan otomatis muncul di iPhone.

2.  Menggunakan Aplikasi Move to iOS
Pihak Apple sebetulnya juga sudah memberikan aplikasi yang dapat mempermudah kita dalam masalah ini, yaitu dengan membuat aplikasi Move to iOS yang bisa didapatkan melalui Google Play Store.

pindah kontak Android ke iPhone
Aplikasi Move to iOS

Aplikasi ini selain dapat dipakai untuk memindah kontak telepon juga bisa untuk pindah data lain seperti video, foto, dan dokumen. Akan tetapi, ada kekurangan yang menurut saya sangat fatal, yakni kita hanya bisa menggunakan aplikasi tersebut saat pertama kali ponsel baru dinyalakan atau dibeli. Untuk cara memakainya simak tutorial di bawah ini.
  1. Silakan download terlebih dahulu aplikasinya di Play Store memakai HP Android.
  2. Bila sudah terinstal, kemudian buka.
  3. Sekarang nyalakan HP iPhone Anda yang baru saja dibeli, lalu pilih menu "Move Data From Android".
  4. Di situ akan diberikan nomor unik, silakan salin nomor tersebut ke dalam aplikasi Move to iOS.
  5. Sekarang perangkat akan terhubung dan mengirim data dari Android lama Anda ke iPhone tersebut.

3.  Memakai File VCF
Sebetulnya ini adalah metode lama yang sering dipakai sebelum era smartphone seperti sekarang ini. Pilihan cara ketiga ini akan sangat membantu bila tidak memiliki akses ke internet. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat file VCF.
  1. Silakan buka aplikasi kontak pada smartphone Android.
  2. Tekan ikon titik tiga di bagian atas kanan layar, lalu pilih Impor/Eksport
  3. Setelah itu pilih "Export to .vcf file". Tunggu hingga proses selesai.
  4. Cari file .vcf tadi kemudian kirim ke perangkat iPhone melalui SHAREit atau Email.
  5. Terakhir buka file tersebut, maka akan langsung muncul semua kontak Anda.

cara pindah kontak dari Android ke iPhone
Cara Membuat File VCF

Itu tadi cara pindah kontak dari Android ke iPhone paling mudah. Silakan pilih salah satu cara paling mudah buat Anda. Namun, saya menyarankan untuk memakai cara pertama karena tidak terlalu rumit untuk dilakukan.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar