Skip to main content

2 Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android [Terbaru]

Di zaman serba digital seperti sekarang semua informasi dapat masyarakat peroleh hanya dengan menggunakan sebuah perangkat smartphone. Misalnya saja ketika ingin cek porsi haji Indonesia kita tinggal membuka web atau memakai aplikasi untuk mendapatkan informasi tersebut.

Para calon haji yang ingin mengetahui detail keberangkatan dan lain sebagainya cukup memasukkan nomor porsi haji mereka pada aplikasi maupun website Kemenag. Setelah itu semua data penting terkait pemilik nomor akan disajikan secara menyeluruh.

Nomor porsi haji adalah sebuah nomor urut yang diberikan kepada calon haji setelah melakukan pendaftaran dan setoran awal untuk pembiayaan keberangkatan. Apabila Anda saat ini ingin mengetahui cara cek porsi haji melalui HP Android, berikut ini telah kami buat pembahasan lengkapnya.

Cara Mengecek Nomor Porsi Haji Estimasi Tahun Keberangkatan

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, ada dua pilihan cara untuk melakukan pengecekan. Anda dapat memilih salah satu atau keduanya sekaligus. Sebelum memulai silakan siapkan terlebih dahulu ponsel Android dan kuota internet.

cara cek porsi haji melalui hp android

1. Menggunakan Aplikasi Cek Porsi Haji

Untuk cara pertama hanya membutuhkan aplikasi Android untuk bisa melakukan pengecekan. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis melalui Google Play Store. Untuk menggunakannya berikut ini kami jelaskan.
  • Silakan download aplikasi melalui Google Play.
  • Setelah selesai dan berhasil diinstal langsung buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman awal akan terdapat kolom, masukkan nomor haji pada kolom "Nomor porsi" tersebut.
  • Bila nomor telah ditulis, lalu tekan tombol "Submit".
  • Tunggu hingga proses pencarian data selesai.
  • Bila berhasil akan ditampilkan informasi seperti nama, tahun perkiraan berangkat, posisi porsi pada kuota provinsi, dan lainnya.

cek nomor porsi haji online

2.  Melalui Website Kementerian Agama Indonesia

Jika tidak mau repot untuk men-download aplikasi bisa juga menggunakan website Kemenag. Untuk melakukannya hanya membutuhkan HP yang dapat melakukan akses internet menggunakan browser. Berikut ini panduan lengkapnya.
  • Silakan buka alamat web https://haji.kemenag.go.id
  • Gulir ke bawah hingga menemukan tulisan "Perkiraan berangkat".
  • Masukkan nomor porsi milik Anda pada kolom di bawahnya, lalu tekan "Cari"
  • Sekarang data yang dicari sudah ditampilkan. Di situ kita dapat mengetahui kapan perkiraan berangkat berdasarkan tahun Hijriah atau Masehi.

Indonesia merupakan sebuah negara dengan animo keberangkatan haji sangat tinggi sehingga membuat daftar antrean menjadi sangat lama. Selain itu kuota haji yang menjadi jatah Indonesia juga sangat terbatas di mana tidak cukup untuk memenuhi permintaan keberangkatan secara sekaligus. Hal tersebut mengakibatkan lamanya keberangkatan hingga bertahun-tahun.

Dengan mengetahui perkiraan waktu berangkat menuju tanah suci, Anda bisa mempersiapkan segala hal terkait dengan proses ibadah haji. Bila sudah terdaftar ada baiknya lakukan pengecekan secara teratur sebab jadwal tersebut dapat berubah karena faktor tertentu, misalnya adanya pengurangan kuota.

Itu tadi langkah cek nomor porsi haji online yang dapat dilakukan menggunakan HP Android. Apabila nomor milik Anda tidak dapat dicek silakan tanyakan kepada tempat Anda mendaftar atau melakukan pengecekan ulang di hari berbeda karena mungkin server Kemenag sedang dalam perbaikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar