Cara Membuat Email Baru Gmail di HP yang Benar

Cara membuat email baru bagaimana? Ribuan email dikirim setiap hari di seluruh dunia dan banyak layanan di seluruh web tidak dapat digunakan tanpa alamat email. Dengan menggunakan panduan ini, Anda harus dapat menyelesaikan proses sederhana untuk membuat akun email sendiri dalam waktu singkat.

Cara Membuat Email dan Penggunaannya

Dalam artikel ini kami tidak akan memberikan cara mendaftar dari ketiga penyedia layanan email tersebut, tetapi hanya akan memberikan contoh menggunakan Gmail dari Google. Namun kamu tidak perlu risau karena sebenarnya proses pendaftaran di layanan lainpun sama saja.

Cara Membuat Email Baru Gmail

Kunjungi situs web penyedia layanan email. Yang terkenal adalah Yahoo, Google, dan Hotmail yang semuanya gratis selamanya.


Temukan tempat untuk mendaftar. Biasanya, ada gambar tautan kecil atau teks yang mengatakan "mendaftar" atau "daftar," meskipun mungkin harus pergi ke halaman masuk untuk menemukannya.

Baca juga: Cara Membuat Mail Merge di Word

  • Ketik "akun email gratis" dan situs web pilihan Anda ke mesin pencari. Klik tautan yang sesuai, semoga membawa Anda ke laman penyiapan untuk akun email yang diinginkan.

Ikuti semua instruksi di halaman, isi semua detail yang dibutuhkan. Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman memberikan informasi tertentu. Jangan khawatir, sebagian besar penyedia email akan merahasiakan privasi Anda dari publik.

  • Bila sudah mengisi data dengan lengkap tekan tombol "Berikutnya"


Isikan nomor telepon dengan benar untuk melakukan verifikasi dan bila sudah tekan " Berikutnya" lagi

Masukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon yang sudah dimasukkan tadi. Lalu klik "Verifikasi"

Bila muncul form pengisian data kembali isikan saja lalu ketuk "Berikutnya"

Nah sampai di sini cukup pilih "Lewati" bila dirasa tidak diperlukan.

Baca perjanjian layanan dan apabila setuju klik "Saya Setuju"

Selamat! Anda sekarang telah membuat alamat email. Lanjutkan untuk mengimpor kontak agar dapat mengirim pesan dengan teman atau menulis email dan banyak lagi.

Menambahkan Kontak Pada Email


Sampaikan kepada teman dan keluarga tentang email baru Anda. Kumpulkan informasi mereka dan tambahkan mereka ke daftar kontak. Perhatikan bahwa banyak akun email saat ini menyimpan kontak secara otomatis ketika Anda mengirim email ke atau menerima email dari seseorang atau lembaga.

Untuk memunculkan kontak temukan tab sosial atau cukup ketik nama depan atau belakang dari orang yang ingin Anda kirim email, apabila muncul berarti tidak perlu menambahkan kontak bila ingin mengirim email.

Impor kontak Anda jika ingin mengubah akun email. Arahkan ke tab Kontak dan temukan tombol impor kemudian ikuti petunjuk.

Cara Mengirim Email


Temukan tombol "Tulis" setelah masuk ke akun email Anda. Seharusnya tidak terlalu sulit untuk menemukannya, biasanya tombol tersebut memiliki warna berbeda dan berada di sebelah kiri.


Ketikan alamat email orang yang ingin Anda kirim email. Jika Anda tidak ingat alamat email seseorang tetapi sebelumnya pernah mengirim email, akun Anda mungkin mengenali alamat emailnya, lantas mulailah mengetikan namanya saja.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Telkomsel, 3, XL atau Axis, Indosat, dan Smartfren 

Jika ingin mengirim ke penerima lain tetapi tetap terlihat siapa saja penerima email anda tekan "CC," yang berarti "carbon copy", Namun bila ingin tidak terlihat semua penerimanya di email tekan "BCC," yang merupakan singkatan dari "blind carbon copy". Semua pilihan tersebut berada di sebelah kanan atas.


  • Sertakan subjek. Subjek adalah keterangan dari isi email.
  • Ketik isi pesan yang ingin disampaikan atau isi email Anda.


Dalam isi pesan juga dapat dilampirkan foto, file PDF, dan lain sebagainya atau anda juga dapat mengambil dari Google Drive.

Mudah bukan cara membuat maupun menggunakan email? Semoga dengan adanya artikel ini Anda tidak lagi kebingungan bagaimana caranya membuat maupun menggunakannya. Demikian cara membuat email.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Email Baru Gmail di HP yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel