Skip to main content

6 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dan Online

Cara mengkompres file PDF secara online dan offline. Portable document format adalah sebuah jenis file atau berkas yang diciptakan untuk menyimpan dokumen digital oleh perusahaan Adobe System di tahun 1993 silam.

Pada mulanya tujuan dibuat format ini hanya sebatas untuk mempermudah pertukaran dokumen digital semata. Akan tetapi, sekarang file jenis PDF juga dimanfaatkan untuk media presentasi dalam bentuk dua dimensi yang terdiri atas teks, gambar, dan lain sebagainya.

Melihat banyaknya pengguna yang tertarik pada format PDF, hal itu membuat pihak Adobe bertekat mengembangkan program miliknya, yaitu Acrobat 3-D. Program tersebut dapat membuat PDF bisa memproses dokumen tiga dimensi.

Hadirnya program ini selain membawa perkembangan jika dilihat dari penambahan fitur tapi juga diringi dengan kekurangan, yaitu ukuran file PDF menjadi besar dibandingkan dengan sebelumnya sehingga akan mempersulit pengguna bila ingin menyimpan atau mengirim melalui media yang membatasi ukuran file.

Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya kita harus melakukan kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan. Ada berbagai macam cara yang bisa dicoba bila ingin mengecilkan ukuran file PDF yang akan kami jelaskan berikut ini.

cara memperkecil ukuran file PDF

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline Menggunakan Software

Untuk dapat menggunakan cara offline kita akan memanfaatkan program yang ada di komputer maupun laptop. Jadi, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menyiapkan PC sebelum memulainya beserta aplikasi yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan aplikasi dalam pembahasan ini, silakan pakai salah satu saja.

Baca juga:

1. Adobe Acrobat Pro

Selain dapat dipakai membuat dokumen PDF Adobe Acrobat Pro ternyata juga bisa untuk melakukan kompres ukuran file menjadi lebih kecil sehingga bisa menyesuaikan kapasitas media penyimpanan pengguna. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Adobe Acrobat Pro
  1.  Silakan buka terlebih dahulu file yang akan dikurangi ukurannya.
  2. Apabila sudah berhasil dibuka langsung saja tekan tombol File > lalu Save As > dan pilih Reduced Size PDF.
  3. Akan muncul kontak dialog, pilih saja pada Make compatible with pilihan Retain, terakhir tekan OK.
  4. Pilih folder mana saja tempat untuk menyimpan file tadi, kemudian klik tombol Save.

2. Microsoft Office Word

Bagi Anda pengguna produk Ms. Word versi 2013 ke atas dapat memanfaatkannya untuk mengubah ukuran file PDF menjadi kecil. Caranya seperti di bawah ini.

Microsoft Office Word
  1. Buka file milik Anda memakai Ms. Word terbaru.
  2. Setelah terbuka file tersebut secara otomatis akan terbaca menjadi dokumen Word.
  3. Langsung saja pilih File > Save As dan pilih jenis filenya PDF.
  4. Nah, sesudah itu pada menu Optimize for klik Minimum size, lalu Save.

3. NitroPDF

Software NitroPDF sudah banyak dikenal sebagai aplikasi untuk membuka dan mengedit dokumen PDF. Selain itu, fitur unggulan lainnya ialah mengecilkan ukuran file, khususnya PDF. Oh iya, untuk memakai software ini diharuskan untuk membeli lisensi terlebih dahulu.

NitroPDF
  1. Buka file yang akan dikecilkan ukurannya memakai NitroPDF.
  2. Pilih menu File pada kanan atas > lalu pilih Optimize PDF > Reduce Size > dan Optimize.
  3. Silakan tunggu sampai proses kompres selesai. Biasanya bila ukuran file terlalu besar akan memerlukan waktu lumayan lama. Sesudah selesai akan ditampilkan perbandingan ukuran lama dengan hasil sudah dikompres. Pilih saja Accept.
  4. File tadi akan otomatis dibuka. Langkah terakhir yang harus dilakukan hanyalah menyimpannya dengan menekan Save.

Kompres File PDF Online

Pada cara sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara mengecilkan size PDF secara offline. Apabila cara tersebut tidak sesuai dengan keinginan kamu karena tidak mempunyai software tersebut mungkin cara online bisa dicoba.

1. ILovePDF

Website Ilove PDF ini merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai macam fitur untuk mengolah file berjenis PDF, mulai dari mengedit, mengubah format, memberi watermark, dan mengecilkan ukuran.

ILovePDF
  1. Silakan kunjungi website iolovepdf.com.
  2. Pilih menu Kompres PDF pada urutan ketiga dari sebelah kiri.
  3. Tekan tombol "Pilih file PDF" berwarna merah kemudian cari file yang akan dikompres dan tekan Open. Anda juga dapat mengambil file dari Google Drive dan Dropbox. 
  4. Sesudah file di-upload akan diberi tiga pilihan tingkat kompresi, yaitu ekstreme, kompresi yang disarankan, dan rendah. Pilih sesuai kebutuhan.
  5. Tekan Kompres PDF pada bagian bawah layar. 
  6. Tunggu proses mengompres PDF hingga selesai. apabila sudah selesai silakan download.

2. Smallpdf

Selain situs di atas, Smallpdf juga memberikan layanan kompresi yang tidak kalah baik. Anda juga diberikan kebebasan untuk mengambil file dari berbagai media penyimpanan. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal ikuti panduan berikut.

Smallpdf
  1. Buka terlebih dahulu situs web smallpdf.com/id.
  2. Pilih menu Mengompres PDF pada sebelah kiri atas.
  3. Tekan pilihan Pilih File, lalu cari pada folder mana Anda menyimpannya.
  4. Sampai di sini akan dihadapkan dua pilihan tingkat memperkecil file, yaitu kompresi dasar dan kompresi kuat. Klik salah satu lalu tekan Pilih Opsi.
  5. Anda tinggal menunggu proses sampai selesai. Jika sudah selanjutnya silakan Unduh File.

3. PDF Compressor

Situs online yang terakhir ini mempunyai fungsi sesuai dengan namanya, yakni mengecilkan ukuran PDF supaya tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Cara penggunaannya cukup mudah karena didukung oleh tampilan rapi dan simpel.

PDF Compressor
  1. Langkah awal buka terlebih dahulu pdfcompressor.com/id memakai browser.
  2. Sesudah itu pilih Unggah File. Tunggu proses upload sampai selesai.
  3. Apabila telah berhasil diunggah tinggal klik tombol Unduh yang tepat berada di bawah file.

Itu tadi pembahasan cara mengecilkan file PDF yang pernah saya coba. Anda bisa memilih salah satu cara baik online atau offline sesuai dengan kebutuhan. Apabila ukuran file lumayan besar, saya sangat menyarankan memakai cara offline supaya tidak perlu menunggu proses upload terlalu lama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar