Skip to main content

Begini 8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang Dengan Mudah

Banyak orang beranggapan bahwa cara mengetahui karakter seseorang cukup dengan melihat penampilannya saja. Padahal itu adalah suatu hal yang sangat salah dikarenakan orang akan menunjukkan karakter aslinya hanya pada peristiwa-peristiwa tertentu saja yang membuatnya kaget atau melakukan respon secara alami.

Sebagai contoh bahwa penampilan fisik bukanlah sebagai tolak ukur untuk menilai kepribadian ialah dengan melihat pada buku karya O'Toole berjudul Dangerous Instincts: How Gut Instincts Betray Us. Dalam buku tersebut memuat sebuah cerita seorang tetangga yang sangat dihormati dan selalu menjaga penampilan. Namun siapa sangka ia memiliki sebuah kamar penyiksaan yang berada di garasi rumahnya. Ini adalah contoh ekstrem yang mana membuktikan penampilan fisik dapat menipu.

Jadi, seperti apa cara membaca sifat orang? Untuk dapat mengetahui sifat asli seseorang kamu harus melakukan kontak langsung terlebih dahulu. Terlebih lagi orang tersebut merupakan teman atau pacar kamu. Apakah kamu ingin tahu dia jujur, mempunyai kompeten, dapat diandalkan, penyayang, rendah hati, berhati lembut, dan mampu mengendalikan amarahnya?

Untuk itu kamu harus mengamati pada situasi tertentu dan lihat seperti apa reaksinya. Perhatikan dia ketika sedang berbicara, tertawa, mengeluh, menyalahkan, memuji, dan marah. Hanya dengan melakukan hal tersebut kamu bisa mengetahui karakternya. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca di bawah ini.

cara mengetahui karakter seseorang

Cara Mengetahui Karakter Seseorang

Beberapa hal sepele di bawah ini dapat dijadikan cara membaca karakter seseorang hingga pada akhirnya kamu bisa menilai karakter orang tersebut. Tetapi, perhatikan dengan seksama sebelum kamu menyimpulkan apakah orang itu baik atau tidak.

1. Apakah sering meluapkan kemarahan?
Sering sekali kemarahan yang sangat berlebih merupakan tanda adanya suatu masalah yang sangat serius. Tetapi, jangan pernah berpikir ketika melihat orang marah yang sangat berlebih berarti dia mempunyai karakter emosional dikarenakan ledakan amarah sesekali merupakan suatu hal sangat wajar.

Namun bila kemarahan tersebut sering terjadi dalam keseharian maka kamu perlu berhati-hati atau lebih baik menjaga jarak dengannya. Orang yang sering marah cenderung memiliki karakter keras dan tidak bisa menerima pendapat orang lain. Tipe orang seperti ini pada umumnya akan berpikiran bahwa kekerasan dapat menyelesaikan masalah.

2. Seberapa sering kamu melihatnya melakukan tindakan baik?
Apakah kamu sering melihat dia melakukan hal-hal baik walau hanya terbilang kecil? Misalkan saja memberi uang kepada pengemis, menyumbang untuk amal, melakukan bakti sosial, dan rela berbagi sesuatu kepada orang lain.

Baca juga: 


Apabila ia adalah orang yang sering melakukan kebaikan pada orang lemah baik yang dikenal maupun tidak dikenal kemungkinan besar dia akan melakukan hal yang sama kepadamu. Jadi,  karakter seseorang bisa dilihat dari kebiasaan baik terhadap orang yang lebih lemah. Orang seperti ini mempunyai sifat ketulusan hati, lembut, dan kepedulian sangat tinggi kepada sesama, apalagi kepada pasangannya.

3. Apakah mempunyai rasa tanggung jawab?
Mungkin kamu tahu bahwa ia melakukan kesalahan yang harus dipertanggungjawabkan. Cobalah lihat reaksinya. Jika malah menyalahkan orang lain atau mencari-cari alasan ini merupakan pertanda bahwa dia tidak mempunyai sifat tanggung jawab.

4. Perhatikan gaya bicara yang digunakan ketika melakukan chatting.
Cara ini adalah yang paling mudah dikarenakan kita tidak harus berada di dekatnya secara langsung. Gaya menulis pesan berikut ini dapat dipakai sebagai acuan untuk menilai kepribadian tertentu.
  • Terlalu banyak memakai tanda seru menunjukkan sikap semangat.
  • Sering melakukan kesalahan dalam mengetik pesan bisa jadi indikasi sikap apatis.
  • Banyak memakai emoticon adalah sebuah tanda bahwa dia adalah orang periang dan penuh warna, apalagi emoticon smile.
  • Terlalu banyak memakai tanda tanya menunjukkan rasa curiga yang dapat berujung amarah.
  • Sering memakai huruf kapital pada seluruh kata atau kalimat dianggap sebagai tanda berteriak. Biasanya terjadi ketika mood-nya sedang tidak baik.

6. Seberapa sering membicarakan prestasinya?
Dengarkan ketika sedang berbicara. Seberapa sering ia menyebut prestasi, penghargaan, dan kesuksesan yang diraih? Jika sangat sering mengatakan, itu adalah salah satu pembuktian bahwa orang ini mempunyai kebanggaan berlebih tentang segala sesuatu yang dicapainya. Orang seperti ini sangat tidak mungkin mempunyai sikap sederhana dan rendah hati.

7. Melihat seberapa besar rasa empati
Dengarkan bagaimana ketika berbicara mengenai suatu keadaan seseorang yang kurang beruntung misalkan orang cacat, miskin, atau mengalami masalah keluarga. Apakah dia seperti merasa kasihan atau hanya menanggapi biasa saja? Jika ia terlihat serius dan seolah-olah sangat peduli ini adalah indikator bahwa ia mempunyai empati tinggi.

Orang yang tidak memiliki empati tidak akan atau jarang membicarakan keadaan orang lain yang kurang beruntung. Justru kebanyakan akan mengarahkan pembicaraan kepada hal yang berkaitan dengan diri sendiri

8. Perhatikan! Dia sering mengeluh atau tidak?
Sikap pantang menyerah dan tekun sangatlah penting dimiliki oleh tiap manusia. Orang dengan sikap pantang menyerah tinggi biasanya akan sangat jarang membicarakan suatu masalah yang membuatnya mengeluh dikarenakan dalam pikirannya semua masalah akan dapat diatasi bila mau terus berusaha.

Nah, sekarang sudah tahu cara melihat karakter seseorang, bagaimana dengan karakter diri kamu sendiri dan bagaimana orang lain menilai kamu? Untuk mengetahuinya kamu juga bisa memakai tolak ukur di atas. Terima kasih sudah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar