10 Manfaat Buah Siwalan Ini Ternyata Tidak Banyak Diketahui Orang

iFabrix - Buah siwalan adalah jenis tumbuhan yang pada umumnya dapat ditemukan tumbuh pada daerah dengan iklim tropis seperti negara Pakistan, Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan India. Ketika bulan Puasa sudah datang kita akan kerap melihat buah ini dijual sebagai makanan penutup. Biasanya akan dijadikan es cendol atau kolak. Lalu, apakah manfaat buah siwalan?

Sebelum membahas manfaat siwalan mari kita mengenal lebih jauh terlebih dahulu tentang tumbuhan tersebut. Buah yang secara bentuk menyerupai kolang kaling tersebut mempunyai nama asing Borrassus Flabelifer (bahasa Latin).

Siwalan sangat bagus untuk dijadikan konsumsi harian Anda karena mempunyai kandungan gizi yang bisa dibilang cukup banyak dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh manusia. Adapun kandungan gizi buah lontar antara lain Vitamin A, B, C, kalium, kalsium, zat besi, karbohidrat, mineral seng, serat, dan protein.Kabar baiknya lagi, tidak hanya bagian buah saja yang berkhasiat, tapi bagian nira serta bunganya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan.

Adapun kandungan gizi buah lontar tiap 100 cc, yaitu:
  • Gula total 10,93 gram
  • Gula reduksi 0,97 gram
  • Protein 0,35 gram
  • Nitrogen 0,057 gram
  • Mineral 0,55 gram
  • Fosfor 0,15 gram
  • Zat besi dan kandungan lain seperti vitamin C, B kompleks, serta kalsium.

manfaat buah siwalan

Manfaat Buah Siwalan Bagi Kesehatan Tubuh

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa manfaat siwalan bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Sebagai Antioksidan
Zat antioksidan merupakan sebuah zat berguna untuk mencegah maupun memperlambat proses oksidasi di dalam tubuh manusia. Vitamin C dapat mengambil peran penting sebagai antioksidan dikarenakan bisa melawan gangguan buruk akibat radikal bebas. Selain itu, ada zat lain terkandung dalam buah ini di mana mampu untuk mencegah kerusakan sel serta berfungsi sebagai anti penuaan, yakni vitamin B1.

Baca juga: Manfaat Labu Kuning

2. Sebagai Sumber Energi
Setiap aktivitas yang dilakukan manusia selalu memerlukan bahan bakar dalam bentuk energi. Tanpa adanya energi, tubuh akan merasa lemas dan tidak mampu melakukan aktivitas sebagai mana mestinya. 

Gula merupakan sumber energi. Bahkan dalam ilmu biologi telah disebutkan otak manusia hanya bisa menerima sumber energi dalam bentuk glukosa.Dalam buah lontar ada kandungan glukosa dan sukrosa yang merupakan salah satu sumber energi untuk manusia.

3. Dapat Dijadikan Obat Penyakit Kulit Maupun Dermatitis
Penyakit kulit sangat mengganggu kita karena selain rasa gatal yang timbul juga membuat penampilan menjadi tidak enak dipandang. Walaupun sampai saat ini belum ada penelitian secara lebih lanjut, tetapi buah lontar dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

4. Ginjal Tetap Sehat
Ginjal adalah salah satu bagian organ manusia yang mempunyai peranan sangat penting untuk melakukan proses ekskresi. Fungsi dari ginjal adalah mengatur cairan di tubuh, mengatur sisa ekskresi, dan hormonal.

Lalu apa yang akan terjadi bila ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Tentu tubuh manusia akan mengalami gangguan. Agar kesehatan ginjal tetap terjaga maka dibutuhkan zat fosfor di mana zat tersebut dapat diperoleh dari buah lontar.

5. Menghilangkan Stres
Setiap orang pasti pernah mengalami suatu masalah hingga menyebabkannya jenuh dan stress. Namun, apakah kamu pernah tahu bahwa stres dapat di atasi dengan buah siwalan? Kesegaran siwalan dapat memberikan kenyamanan dan rasa lebih tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan. Selain hal itu, adanya kandungan vitamin C juga sangat bagus untuk meredakan stres.

Di Montreal sudah pernah dilakukan sebuah penelitian mengenai vitamin C yang mampu memperbaiki mood para pasien rumah sakit ketika sedang menjalani rawat inap. Vitamin C juga mampu melawan berbagai gangguan akibat dari radikal bebas serta berbagai senyawa lainnya.

6. Untuk Antibiotik
Bakteri dan virus yang selalu mengganggu kesehatan tubuh manusia dapat dicegah dengan antibiotik. Nira yang dihasilkan oleh siwalan dipercaya mempunyai kandungan zat yang bisa berperan menjadi antibiotik.

Hal ini juga sudah dilakukan pengujian dengan dengan membuat minuman probiotik dari buah siwalan lalu menambahkan susu krim. Minuman semacam ini adalah minuman yang mempunyai kandungan mikro organisme baik, sehingga akan membasmi bakteri ataupun virus yang merugikan tubuh manusia.

7. Cocok Untuk Orang yang Menderita Diabetes
Diabetes merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh atau gangguan pada produksi insulin. Para penderita penyakit ini umumnya tidak akan bisa mengkonsumsi sebarang makanan karena kadar gula yang dikonsumsi harus tetap terjaga.

Nira pada buah siwalan sangat bagus untuk para penderita diabetes dikarenakan mempunyai indeks glikemik rendah di mana indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan kenaikan gula dara pada sebuah makanan.

8. Memberi Kesejukan Tubuh
Jika musim kemarau sudah datang maka cuaca akan sangat panas sehingga bagi kita yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan akan merasa gerah dan kepanasan. Selain dengan minum air dingin ternyata buah lontar juga mampu menyejukkan tubuh Anda. Cobalah mengkonsumsi buah ini karena tekstur seperti gel dan cenderung segar akan membuat tubuh lebih sejuk.

9. Melancarkan Pencernaan
Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh sebagian besar orang. Kebanyakan penderita gangguan pencernaan akan melakukan konsumsi berbagai macam buah dengan kandungan serat tinggi. Hal tersebut sebenarnya tidaklah salah karena dengan konsumsi makanan mengandung serat alami akan membuat pencernaan tetap sehat.

Namun tidak cukup dengan buah saja, supaya pencernaan tetap terjaga kesehatannya harus terpenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan konsumsi nira dari siwalan yang mempunyai kandungan sama seperti dengan cairan tubuh dapat melancarkan pencernaan jika dibandingkan dengan air biasa.

10. Sebagai Pengganti Isotonik
Cairan isotonik adalah minuman yang mempunyai kandungan zat terlarut sama seperti cairan tubuh. Manusia dalam satu hari setidaknya memerlukan sekitar 2 liter cairan ataupun setara dengan 8 gelas untuk menggantikan cairan yang dikeluarkan ketika sedang melakukan aktivitas.

Supaya tubuh tetap terjaga dan tidak mengalami dehidrasi maka diperlukan cairan pengganti yang cukup. Saat ini banyak sekali produk isotonik dapat ditemukan di toko-toko. Tapi apakah produk tersebut benar-benar sehat dan tidak mengandung bahan kimia? Tentu saja tidak sepenuhnya alami. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti minuman isotonik kemasan yang selama ini kamu konsumsi dengan buah siwalan yang lebih alami dan tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya.

Baca juga: Manfaat Buah Rukem

Manfaat siwalan atau buah lontar sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Anda dapat memakan buah ini setiap hari daripada konsumsi makanan pabrikan yang sudah pasti mengandung berbagai macam bahan kimia. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel