Ternyata 11 Manfaat Buah Haw Ini Jarang Diketahui Orang

Manfaat Buah Haw - Apa sih sebenarnya hawthorn berry atau haw itu dan apa manfaatnya untuk kita? Beri howthorn umumnya dipakai sebagai bahan obat atau sajian kuliner. Hebatnya lagi buah howthorn kaya akan bioflavonoid, antioksidan, proanthocyanidin dan banyak lagi sehingga sangat baik untuk pengobatan kardiovaskular.

Berasal dari benua Eropa, haw saat ini sudah ditemukan tumbuh di berbagai belahan dunia. Buah yang mirip seperti beri merah ini mengandung banyak sekali zat bermanfaat. Beri how sepertinya masih dekat kaitannya dengan apel atau mawar. Lihat saja warna yang dimiliki cenderung identik dan pada buah beri haw ini juga terdapat duri-duri layaknya bunga mawar.

Pada zaman dahulu setiap bagian dari tumbuhan haw mulai dari bunga, daun, batang, dan kulitnya banyak dijadikan obat tradisional. Bahkan di zaman modern seperti sekarang juga masih memakai bagian daun dan bunga dalam bentuk ekstrak untuk produk kesehatan karena diyakini mengandung banyak flavonoid. Di daerah tertentu tumbuhan ini disebut dengan nama pohon roti atau keju. Penamaan tersebut bukan tanpa alasan tapi dikarenakan buah, bunga, dan daun semua bisa dikonsumsi.

manfaat buah haw

Manfaat Buah Hawthorn

1. Untuk Gagal Jantung
Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung tidak lagi mampu untuk melakukan pemompaan darah ke organ lain. buah howthorn telah dipelajari secara luas pada penderita gagal jantung di mana menunjukkan perubahan positif. Sebuah studi di Pharmacognosy Review mendapatkan hasil bahwa  haw mampu meningkatkan fungsi jantung.

Sebuah jurnal di Amerika memuat informasi mengenai peningkatan aktivitas olahraga penderita gagal jantung setelah mengkonsumsi tanaman ini. Selain itu, juga dapat mengatasi kelelahan dan sesak napas. Ekstrak haw dengan jumlah 900 ml yang dikonsumsi setiap hari sama efektifnya dengan kaptopril dosis rendah. Kaptopril adalah obat bagi penderita jantung.

Baca juga: Manfaat Bengkoang Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Walau begitu, Anda jangan pernah coba-coba mengobati gagal jantung dengan buah haw secara mandiri sebelum melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu.

2. Mengobati Penyakit Angina
Howthorn bisa memerangi angina yang diakibatkan kurangnya suplai darah ke jantung. Sebuah penelitian yang dimuat oleh The Indian Journal of Tradition Knowledge, menunjukkan bahwa buah ini bisa melebarkan pembuluh darah koroner dan meningkatkan aliran darah. Manfaat buah haw yang lain adalah memperkuat otot jantung serta membuang kelebihan air maupun garam dalam tubuh.

3. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi
Beri howthorn juga mampu mengendalikan darah tinggi yang mana penyakit ini umum diderita masyarakat Indonesia. Studi yang dilakukan oleh Universitas Readings di negara Inggris, memulai penelitian dengan mengetahui potensi ekstrak haw dan magnesium. Setiap partisipan diberikan suplemen harian sebanyak 600 gram dan ekstrak haw 500 gram. Pada minggu ke-10 peneliti menemukan fakta bahwa terjadi pengurangan tekanan darah diastolik pada partisipan yang diberikan ekstrak hawthorn.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selain antioksidan yang mampu menghilangkan racun dalam tubuh, vitamin C dalam buah haw juga meningkatkan aktivitas sel darah putih sehingga orang yang mengkonsumsi akan cenderung terjaga kesehatannya.

5. Mengurangi Kegelisahan
Dalam ramuan tradisional, howthorn fruit dipakai sebagai obat untuk orang yang mengalami gangguan psikologi tertentu seperti kecemasan, stres, dan depresi. Sebuah studi yang dilakukan di Inggris meneliti penurunan kecemasan pada orang yang mengkonsumsi haw dengan yang memakai plasebo. Hasil yang didapatkan sangat baik, yakni menunjukkan efek positif dalam mengatasi masalah psikologi.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Banyak sekali zat organik terkandung dalam haw yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat alami di dalamnya juga mampu mengatasi sembelit, kembung, dan kram.

7. Untuk Infeksi Usus
Selain meningkatkan penyerapan nutrisi dan menghilangkan sembelit, howthorn juga baik dipakai sebagai obat herbal mengatasi infeksi usus akibat cacing pita.

8. Eksim dan Pasoriasis
Kamu bahkan bisa mengoleskan beri hawthorn secara topikal kepada kulit. Beberapa senyawa organiknya mempunyai sifat anti inflamasi. Oleh sebab itu, haw bisa mengurangi rasa gatal pada luka dan mempercepat penyembuhan luka akibat penyakit eksim.

9. Menurunkan Kolesterol
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hawthorn dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Dalam studi delapan minggu di Australia, pasien dengan jumlah lipid yang tidak normal dalam darah bisa diatasi dengan buah haw. Studi tersebut menunjukkan bahwa beri haw secara bersamaan meningkatkan kada kolesterol HDL serum dan menurunkan kolesterol LDL. Dengan demikian, risiko terkena penyakit kardiovaskular akan cenderung lebih rendah.

10. Mempunyai Sifat Antioksidan
Beri hawthorn mengandung senyawa aktif dengan sifat antioksidan di mana antioksidan merupakan zat yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab penuaan dini dan beberapa gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung. Antioksidan yang ditemukan pada tanaman ini mampu menangkal radikal bebas dan mengurangi beberapa kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

11. Meningkatkan Energi
Banyak sumber yang mengatakan bahwa buah haw bisa memperluas pembuluh darah koroner yang mana akan membuat peredaran darah semakin lancar pada tubuh. Hal itu berarti akan mengalami peningkatan suplai energi.

Walaupun manfaat buah haw sangat banyak tapi pada kondisi tertentu justru dapat mengakibatkan efek buruk seperti sakit perut, berkeringat, mual, muntah, dan pusing. Untuk itu sebelum mencoba buah ini sebagai obat atau ramuan sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada ahli kesehatan. Terima kasih sudah berkunjung di www.ifabrix.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel