12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Apa kamu tahu manfaat buah bengkoang? Kalau belum tahu, artinya kamu tidak salah membaca artikel ini sampai selesai karena di sini akan dibahas dengan tuntas dan jelas mengenai berbagai manfaat bengkoang.

Mengatur asupan gizi dan makan merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan tubuh sebab dengan melakukan hal tersebut akan menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Asupan nutrisi tersebut dapat kita peroleh dari berbagai macam serat buah-buahan.

Tidak dipungkiri buah adalah salah satu jenis pangan yang kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh, misalkan saja bengkoang. Buah ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia karena sering dijadikan sebagai bahan rujak.

Bengkoang atau disebut sebagai bengkuang merupakan tanaman dari keluarga umbi jalar di mana tumbuhan ini banyak ditemukan hidup pada Benua Amerika dan Asia. Selain hanya sekedar untuk bahan makanan, rupanya manfaat buah bengkuang jauh lebih banyak terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Anda sudah penasaran? Mari mulai kita bahas.

12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Wajah

Kalau kamu sering menggunakan produk kecantikan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bengkoang. Buah tersebut kerap dijadikan salah satu bahan utama pada produk perawatan wajah. Lalu apa sih manfaat buah bengkuang untuk wajah sampai dipakai sebagai produk kesehatan kulit? Ini dia manfaatnya.

1. Membantu mencerahkan wajah
Hal tersebut dikarenakan buah bengkoang memiliki kandungan vitamin C dan B sangat banyak di mana vitamin tersebut dapat membantu kulit untuk melakukan regenerasi sel mati sehingga kulit wajah tetap bersih dan bersinar.

2. Mengecilkan pori-pori pada kulit wajah
Kotoran serta sel kulit mati pada pori-pori akan hilang secara bertahap apabila memakai masker bengkuang secara rutin. Dengan begitu maka pori-pori akan menyempit.

3. Mengurangi minyak berlebih
Kandungan bengkuang mampu untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah. Hal ini telah dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang memanfaatkan buah ini untuk menjadi bahan bakunya.

4. Menghilangkan bekas jerawat
Punya wajah berbintik hitam akibat bekas jerawat? Munculnya bintik tersebut dikarenakan adanya sel kulit mati yang tertimbun akibat jerawat. Untuk menghilangkan kamu cukup memakai masker bengkoang secara teratur atau satu kali dalam seminggu.

5. Mencegah penuaan dini
Banyak sekali orang dengan usia muda namun memiliki wajah kusam dan berkeriput. Hal itu adalah salah satu tanda dari penuaan dini. Apabila tidak segera diatasi akan sangat berbahaya dan mengganggu penampilan. Maka dari itu, iFabrix.com menyarankan kepada para pembaca di sini untuk memakai pelembab bengkoang karena kandungan vitamin C di dalamnya ampuh mengatasi penuaan dini.

6. Melembabkan kulit wajah
Tidak hanya memiliki kadar air tinggi, buah ini juga dikenal sebagai penghasil zat anti inflamasi di mana zat tersebut umumnya digunakan pada kosmetik yang ditujukan bagi wajah kering. Anda bisa mencoba memblender bengkoang lalu dioleskan pada wajah setiap akan tidur.


Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan

Selain dapat membantu memutihkan kulit, rupanya bengkuang berkhasiat untuk kesehatan tubuh juga. Di bawah ini beberapa khasiat buah bengkuang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

1. Menyehatkan pencernaan
Seperti yang kita ketahui bengkoang mempunyai kandungan serat makanan, serat tersebut sangat berguna ketika tubuh melakukan proses pencernaan. Dengan begitu, makanan ini berarti akan sangat baik bila digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, diare, dan berbagai macam gangguan lain.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Setiap 100 gram bengkuang, di dalamnya terdapat 40 persen dari jumlah vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Lalu apa hubungannya? Vitamin C memiliki peranan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil dan produksi imun meningkat. Apabila sistem imun meningkat maka tubuh tidak akan mudah untuk terkena penyakit akibat bakteri maupun virus.

Selain kandungan vitamin C, bengkoang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dikarenakan mempunyai kandungan antioksidan. Radikal bebas adalaah salah satu penyebab penyakit kanker yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

3. Menjaga kesehatan tulang
Bagian tubuh yang memiliki peran penting salah satunya adalah tulang. Apabila tulang tidak sehat tentu akan mempengaruhi aktivitas kita. Untuk menjaga kesehatan pada tulang diperlukan asupan mineral secara cukup. Mineral sendiri terdiri atas zat tembaga, zat, besi, dan magnesium. Dengan selalu mengkonsumsi makanan mengandung mineral akan meningkatkan kepadatan tulang dan membantu pertumbuhan sel tulang yang rusak.

4. Untuk membantu diet pada penderita diabetes
Makanan rendah glukosa banyak dibutuhkan para penderita diabetes dan salah satu makanan tersebut ialah bengkoang. Di dalam bengkuang terdapat zat oligofruktosa inulin yang merupakan jenis karbohidrat sulit untuk dicerna. Sehingga orang yang menderita diabetes dan ingin diet tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsi bengkoang.

5. Baik untuk meningkatkan kesehatan otak
Otak merupakan bagian tubuh dengan fungsi mengontrol pergerakan dari semua organ manusia. Bila otak mengalami gangguan akan mengakibatkan terganggunya fungsi pada organ lainnya. Oleh karena itu, dengan menjaga kesehatan otak berarti sama halnya menjaga kesehatan semua anggota tubuh. 

Bagaimana agar otak tetap sehat? Untuk menjaganya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B6. Vitamin tersebut mempunyai fungsi untuk membantu perkembangan kemampuan kognitif serta fungsi lainnya. 

6. Pengobatan demam
Sifat alami bengkuang yang dingin bisa juga dipakai untuk menurunkan suhu tubuh saat sedang demam. Untuk penggunaannya bisa dimakan secara langsung maupun dijadikan jus terlebih dahulu.


Ternyata manfaat bengkoang banyak sekali ya. Setelah mengetahuinya hal tersebut pasti kamu akan tertarik untuk mengkonsumsinya, kan? Sering-seringlah memakan bengkuang, maka kesehatan tubuh dan kecantikan wajah kamu akan tetap terjaga. 

Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel