Begini Cara Agar Jaringan 4G Selalu Full dan Stabil

4G adalah salah satu jaringan yang saat ini tercepat di Indonesia. Teknologi 4G sendiri merupakan upgrade dari 3G maupun 2G. Menurut standar 4G, ada dua jenis yang telah diakui, yakni standar Long Term Evolution atau umum disebut LTE dan WiMax.

Di negara kita teknologi 4G LTE telah lama dipakai sebagai standar jaringan baru yang memberikan koneksi cepat. Teknologi ini pertama kali diluncurkan kepada publik oleh PT Internux yang diberi nama Bolt sebagai merek dagang pada November 2013 silam.

Sayangnya, walaupun sudah lama dipakai di negara kita tapi tetap saja hingga saat ini belum merata ke seluruh pelosok nusantara. Masih banyak daerah-daerah yang bukan kota besar belum dapat merasakan kecepatan akses data dari jaringan 4G secara stabil.

 Cara Agar Jaringan 4G Full

Akan tetapi, ada cara mudah yang sebenarnya dapat kita lakukan supaya menjadi lebih stabil. Nah, kali ini kita akan membahas hal tersebut. Berikut ini cara agar jaringan 4G full dan stabil. Silakan simak sampai selesai.


Cara Membuat Sinyal 4G Stabil dan Cepat

Namun, sebelum mulai mencoba cara di bawah ini ada satu hal yang harus kamu pastikan terlebih dahulu. yakni kartu SIM dan smartphone yang telah mendukung jaringan 4G. Apabila syarat tersebut terpenuhi langsung saja simak pembahasannya.

1. Menggunakan Mode Pesawat
Mungkin sebagian besar dari kita berfikir bahwa tidak ada kaitan antara jaringan 4G dengan mode pesawat. Tetapi, mode pesawat sebenarnya dapat dipakai untuk memancing koneksi jaringan menjadi 4G. Caranya ialah dengan mengaktifkan mode pesawat lalu mematikan kembali sehingga jaringan akan otomatis di-refresh.

Jadi, secara teori adalah ketika kita menyalakan mode pesawat maka koneksi data dan lainnya akan terputus dan ketika kita mematikan mode pesawat maka akan otomatis mencari jaringan baru yang terbaik untuk saat itu.

2. Me-reboot Ponsel
Terkadang jaringan tidak stabil juga dapat disebabkan karena adanya kegagalan sistem dari smartphone. Langkah awal untuk dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan me-restart ponsel sehingga sistem dapat kembali normal.

3. Memanfaatkan Fitur Pengaturan Jaringan
Untuk dapat mengakses menu setelan jaringan biasanya setiap ponsel mempunyai cara berbeda-beda. Di sini saya akan memberikan contoh menggunakan HP Xiaomi. langkah yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke aplikasi telepon kemudian tekan *#*#4636#*#*.

Apabila sudah, maka Anda akan dibawa ke menu Menguji. Pilih Informasi telepon 1 atau 2 yang dipakai untuk mengakses internet. Selanjutnya, pada opsi Setel Jenis Jaringan yang Disukai pilih LTE Only. Nah, sekarang koneksi internet kamu akan secara tetap pada jaringan 4G.

Apabila telah mencoba ketiga cara di atas tetap saja internet lemot, kemungkinan memang jarak tower/BTS operator yang dipakai sangat jauh sehingga tidak dapat menghantarkan sinyal secara baik. Terima kasih telah membaca artikel cara agar jaringan 4G full.