Skip to main content

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE Supaya Koneksi Makin Cepat

Cara mengunci jaringan 4G supaya internetan tidak lemot. Jaringan LTE saat ini sudah menjadi salah satu teknologi yang populer digunakan pada perangkat smartphone. Karena hal tersebut, sebagian besar operator seluler di Indonesia sudah menyediakan layanan internet berbasis LTE/4G sejak beberapa tahun belakangan ini. Teknologi jaringan tersebut diklaim mampu memberikan kecepatan akses data dari 100 Mb/detik sampai dengan 1 Gb/detik.

Walau teknologi 4G LTE sudah mulai diterapkan di negara kita mulai beberapa tahun lalu, tetap saja pada daerah-daerah tertentu terutama pedesaan masih belum dapat merasakan kualitas sinyal stabil sehingga mengakibatkan masalah jaringan yang otomatis beralih ke 3G atau 3,5G (H+).

Sinyal 4G tidak stabil dapat dikarenakan beberapa faktor, antara lain jarak BTS dengan perangkat sangat jauh, area atau lokasi yang berbukit-bukit, berada pada ruangan tertutup, berada pada tempat yang dekat dengan gedung-gedung tinggi, serta adanya gangguan sistem pada pemancar jaringan itu sendiri.

Apabila hal itu terjadi padamu tentu kamu akan merasa sangat jengkel, kan? Ya, itu sudah pasti karena akan sangat mengganggu kenyamanan ketika sedang berselancar di dunia maya dengan memakai jaringan 4G.

Untuk cara setting 4G only ada beberapa pilihan yang mana dapat kita coba satu per satu, antara lain bisa melalui pengaturan, menggunakan aplikasi tambahan, atau dengan mengakses menu jaringan melalui dial pad. Untuk lebih jelasnya silakan baca panduan lengkap berikut ini.

cara mengunci jaringan 4G

Cara Lock 4G Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Supaya bisa mengunci sinyal 4G sebenarnya kita bisa lakukan tanpa perlu instal aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu. Agar lebih jelas bagai mana cara melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah


1. Mengunci Sinyal 4G Dengan Menu Setelan
Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya membuka menu setelan/pengaturan/setting (silakan sesuaikan dengan bahasa pada ponsel milikmu) yang terdapat pada HP Android Anda. Selanjutnya cari menu Jaringan & Internet, lalu pilih Jaringan seluler dan Jenis jaringan yang dipilih. Nah, hal terakhir yang perlu kamu lakukan cukup pilih opsi Hanya LTE/ 4G only.

Cara ini cukup mudah untuk Anda coba karena tidak perlu melakukan akses ke sistem yang lebih mendalam. Tetapi, sayang sekali sebagian besar pengguna baru tidak mengetahui adanya menu tersebut.

2. Kunci Sinyal 4G Melalui Menu Pengujian
Tips kedua ini kita akan memakai menu telepon yang biasa kita gunakan untuk mengetik nomor atau mengecek pulsa. Lanjutkan membaca supaya kamu lebih tahu.


  1. Tekan pada papan telepon *#*#4636#*#* atau bila tidak bisa coba *#*#3646633#*#*. Silakan coba satu per satu kode mana yang bisa berfungsi pada ponsel milik Anda.
  2. Jika berhasil, maka akan otomatis masuk pada menu Menguji atau Pengujian.
  3. Pilih opsi Informasi telepon.
  4. Di situ akan ditampilkan banyak sekali informasi mengenai perangkat, seperti IMEI, kekuatan sinyal dan lain sebagainya. Abaikan info tersebut. Silakan cari saja pilihan Setel Jenis Jaringan yang Disukai, lalu pilih LTE only.
  5. Jika sudah, silakan kembali dengan menekan tombol home dan tunggu beberapa saat sampai dialihkan ke jaringan LTE.

Apabila dari kedua cara tersebut terlalu susah dan sulit mungkin cara selanjutnya ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengunci Jaringan 4G Dengan Aplikasi

Pilihan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah memakai aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Aplikasi ini tentunya aman dan gratis karena kamu bisa mendapatkannya di Goole Play Store. 

Secara umum aplikasi ini tidak membutuhkan persetujuan akses root untuk kunci jaringan 4G karena cara kerjanya hanyalah sebagai jalan pintas supaya lebih mudah membuka menu Tentang Ponsel yang akan digunakan untuk lock sinyal 4G.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi bernama 4G LTE Switch
  2. Setelah terinstal langsung saja buka aplikasinya. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke menu Info Telepon.
  3. Temukan pilihan Setel Jenis Jaringan.
  4. Tap pada kolom yang ada pada bagian bawahnya dan pilih LTE only.

Dari semua cara di atas secara umum dapat diterapkan pada berbagai merek ponsel yang umum digunakan saat ini, misalnya ASUS, Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, Nokia, LG, Sony, HTC, Meizu, Infinix, dan lain sebagainya.

Sampai di sini saja pembahasan cara kunci jaringan 4G di Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, dan HP Android lainnya. Semoga dapat membantu Anda semua yang sedang mengalami permasalahan semacam ini. Apa kamu punya saran lain? Coba beri tahu kami melalui kolom komentar.
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar