Skip to main content

Arti LDR dan Cara Mempertahankan Hubungan

Apa arti LDR? Long Distance Relationship adalah kepanjangan dari LDR atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti hubungan jarak jauh. Jadi, LDR artinya suatu hubungan yang dilakukan oleh pasangan namun dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh dan zona waktu yang berbeda.

Kebanyakan orang berpikir bahwa LDR-an tidak akan pernah bertahan lama atau berhasil hingga ke jenjang pernikahan. Kalau kamu sendiri sedang melakukan hubungan jarak jauh, kemungkinan orang sekitarmu akan menyarankan untuk tidak terlalu menganggap serius karena kebanyakan akan mengalami kegagalan dan patah hati.

Memang ada benarnya, hubungan semacam ini sangat susah untuk dipertahankan akibat jarak yang memisahkan membuat beberapa hal sulit untuk dilakukan. Misalkan saja sulit untuk bertemu bisa membuat kamu merasa sedih dan kesepian pada waktu tertentu.

Namun, jarak ekstra jauh terkadang juga bisa mengubah hal-hal kecil menjadi harapan yang terasa manis, misalkan keinginan untuk bisa saling memegang tangan, makan berdua, berjalan bersama, dan hal biasa lainnya yang dianggap mudah oleh pasangan lain. Keinginan kecil semacam ini pasti akan sering terlintas di pikiran orang yang sedang menjalani LDR. 


Cara Mempertahankan Hubungan Pacaran (LDR)

Hubungan jarak jauh memang sangat berat tapi di balik itu semua ada sebuah pelajaran penting yang akan kamu dapatkan. Supaya rasa cinta dan sayang kamu tetap kuat, di bawah ini saya telah menuliskan beberapa tips untuk membuat hubungan kamu tetap berjalan baik.

Baca juga: 

1. Hindari Komunikasi Berlebih
Sangat tidak bijaksana untuk terus menelepon dan chatting. Kalian berdua tidak harus selalu berkomunikasi selama 24 jam penuh untuk menjaga hubungan tetap baik. Banyak pasangan yang menjalin LDR berpikir bahwa harus mengimbangi jarak dengan melakukan lebih banyak komunikasi, padahal ini tidak benar. 

Menjaga hubungan dengan cara seperti itu justru akan memperburuk keadaan. Salah satu dari kalian akan segera merasa bosan dan jenuh. Jadi, supaya terus dalam keadaan baik bukan harus dengan melakukan komunikasi tiap jam namun lakukan komunikasi yang berkualitas. Contohnya chatting di saat jam santai pada malam hari.

2. Anggaplah Sebagai Pelajaran Hidup
Bila kamu ingin bersama, tentu juga harus tahu bagaimana hidup saling terpisah. Lihatlah hal tersebut sebagai bahan pembelajaran supaya cinta di antara keduanya semakin tumbuh. Daripada berpikir bahwa hubungan tersebut tidak mungkin berhasil, lebih baik menanamkan rasa percaya bahwa melalui pengalaman ini akan membuat ikatan lebih kuat dari sebelumnya.

3. Buatlah Beberapa Aturan yang Harus Dijalankan Berdua
Kamu dan pasangan harus jelas dengan apa yang diharapkan satu sama lain selama hubungan tersebut berjalan. Tetapkan beberapa aturan sederhana sehingga tidak ada salah satu dari kalian melakukan hal-hal yang membuat pihak lain sedih atau merasa tidak dipedulikan. Misalkan apakah boleh untuk jalan dengan lawan jenis dan lain sebagainya.

4. Hindari Situasi Berbahaya
Jika kamu sudah tahu kalau pergi dengan lawan jenis akan membuat pasanganmu marah, maka jangan melakukannya. Jangan ceroboh dengan masalah seperti ini sebab hanya akan membuat pasangan kamu merasa kesal, curiga, dan berpikir tidak setia dikarena hal tersebut akan membuatnya merasa tidak berdaya untuk mengontrol kamu. 

5. Lakukan Sesuatu Bersama
Mainkan game online bersama, nonton film di TV sambil telepon atau video call, dan saling menyanyikan lagu untuk satu sama lain. Selain itu, bisa juga melakukan hal kreatif seperti merekam video ketika pergi wisata lalu mengirimkannya. Beberapa hal lain yang dapat kamu lakukan adalah merekomendasikan buku, film, musik, dan berita sehingga akan memiliki topik baru untuk diperbincangkan.

6. Lakukan Kunjungan Satu Sama Lain
Bertemu adalah puncak dari setiap LDR. Ini adalah salah satu tujuan terakhir setelah sekian lama menjalani penantian dan kerinduan. Momentum seperti ini akan terasa sangat luar biasa bagi pasangan yang LDR-an. Ketika bertemu, mungkin akan merasakan kebahagiaan sangat luar biasa.

7. Tetap Jujur dan Terbuka
Biasakan berbicara apa adanya walaupun itu hanya hal kecil. Jika kamu mencoba menyembunyikan sesuatu dari pasangan, cepat atau lambat pasti akan ketahuan dan justru hal itu akan membuatnya marah bahkan meninggalkan kamu. Lebih baik ungkapkan semuanya pada tahap awal daripada setelah semuanya terlambat.

8. Pikirkan Tujuan Akhir
"Apa yang akan kita capai nantinya? Berapa lama akan berpisah? Bagaimana dengan masa depan nanti?" Ini adalah pertanyaan yang harus di jawab masing-masing. Yang jelas tidak ada pasangan yang bisa bertahan dalam hubungan jarak jauh selamanya.

Pastikan bahwa mempunyai tujuan akhir yang sama sehingga walau sekarang tidak hidup di kota bahkan negara yang sama akan tetap memiliki motivasi untuk menuju masa depan yang diinginkan satu sama lain.

Itu tadi sedikit pembahasan arti kata LDR serta cara terbaik menjaga hubungan jarak jauh supaya dapat berhasil hingga ke pernikahan. Anda dapat menerapkan tips sederhana tersebut jika saat ini sedang menjalaninya. 
Panduan Berkomentar: Anda dapat menanyakan segala hal yang berkaitan dengan topik pembahasan ini. Tetapi, komentar dengan menyisipkan link eksternal tidak akan disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar