Arti Humoris dan 7 Manfaat Humor Untuk Kesehatan

iFabrix - Apa arti humoris? Kata humoris artinya adalah orang yang senang melakukan suatu hal lucu atau bersifat humor. Perilaku humor sering dilakukan oleh semua orang baik dari kalangan muda sampai tua. Dulunya, humor sering dianggap sebagai cara untuk menutupi sifat yang sebenarnya oleh psikolog. Maksudnya, seseorang memakai humor untuk merendahkan atau meremehkan orang lain sehingga meningkatkan harga dirinya. Oleh karena itu sebagian orang menyarankan untuk menghindari perilaku humoris secara berlebih.

Tetapi, beda lagi pada sekarang di mana humor dianggap sebagai sikap yang positif untuk menunjukkan karakternya. Selain itu, juga dianggap sebagai suatu hal yang bisa membuat perasaan menjadi lebih baik sehingga dapat mengurangi stres.

Bersamaan dengan rasa bersyukur dan selalu pantang menyerah, selera humor dapat dijadikan suatu kekuatan psikologi yang disebut dengan transendensi. Hal baik lainnya yang didapat saat mempunyai rasa humor adalah mudah dalam menjalin hubungan dengan orang yang baru dikenal. Oleh karena itu, saat ini humor adalah suatu hal yang dipelajari oleh para peneliti dan psikolog.

arti humoris dan manfaatnya

Manfaat Humor Bagi Kesehatan

Salah satu kondisi perasaan terbaik adalah ketika kita dapat tertawa lepas. Hal itu dapat menyatukan orang dan menghangatkan suasana. Kebahagiaan dari tertawa tersebut bisa kita dapatkan dengan tindakan humor dari seseorang yang sedang berbincang dengan kita. Namun masih ada banyak lagi manfaat humoris yang bisa membawa tawa.

1. Menurunkan Tekanan Darah
Orang yang mempunyai rasa humor tinggi cenderung memiliki tingkat tekanan darah normal, minim terkena risiko stroke, dan serangan jantung. Jadi, tanamkan sifat humoris dalam diri kamu sebagai obat alami yang murah dan mudah dilakukan.

Baca juga: Cara Mengetahui Karakter Seseorang

2. Mengurangi Tingkat Stres
Dengan berkurangnya tingkat stres, secara bersamaan kamu akan membuang rasa cemas yang berdampak buruk pada psikologi. Selain itu, orang yang jarang mengalami stres akan lebih tahan terhadap sakit dan memiliki produktivitas tinggi. Tertawalah bersama rekan kerja kamu ketika rasa jenuh dan bosan datang saat di tempat kerja.

3. Mengencangkan Perut
Salah satu manfaat tawa ketika melihat atau mendengar lelucon adalah bisa membuat perut menjadi kencang. Saat tertawa otot-otot yang ada pada bagian perut akan mengembang dan berkontraksi, mirip seperti saat sedang melatih kekecangan otot perut. Sementara itu, ketika sedang tidak tertawa otot akan beristirahat dan tidak melakukan kinerja yang banyak.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Tertawa adalah suatu latihan kardio yang mudah dilakukan, terutama bagi mereka yang tidak bisa melakukan aktivitas fisik karena cidera atau sedang sakit. Tertawa akan merangsang jantung untuk memompa dan membakar jumlah kalori yang sama seperti ketika sedang berjalan lambat atau sedang selama satu jam. Sehingga jantung kamu akan semakin sehat.

Baca juga: Cara Nembak Cewek Supaya Mau Jadi Pacar

5. Meningkatkan Sel T
Sel T adalah suatu kumpulan sel darah putih yang mana berperan untuk menjaga kesehatan. Ketika kamu tertawa sel T akan aktif sehingga dapat menurunkan risiko penyakit tertentu. Ketika kamu sedang merasa tidak enak badan cobalah untuk melakukan sedikit tawa supaya kondisi lebih baik.

6. Memicu Pelepasan Endorfin
Endorfin adalah suatu zat dalam tubuh yang diproduksi secara alami serta mempunyai peranan cukup penting untuk mengurangi perasaan negatif dan rasa sakit. Hormon endorfin dihasilkan oleh sistem saraf pusat dan suatu kelenjar bernama pituari. Jadi, ketika kamu tertawa endorfin akan diproduksi lebih banyak sehingga rasa sakit dan perasaan negatif akan berkurang.

7. Membantu Untuk Mendapatkan Rasa Kesejahteraan
Tertawa lepas bisa membantu manusia untuk mendapatkan rasa sejahtera walaupun sebenarnya dalam kondisi yang kurang beruntung. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa tawa membuat seseorang mempunyai pandangan hidup positif. Sedangkan orang yang selalu berpikir positif akan memiliki kondisi lebih kuat saat sedang menderita penyakit.

Humoris memang dapat membuat orang tertawa dan memberikan hal positif padanya, tetapi juga bisa mengakibatkan hal negatif jika dilakukan secara tidak benar. Misalkan lelucon yang sifatnya menyindir, mengkritik, menjatuhkan seseorang, atau digunakan untuk menanggapi suatu hal serius yang bersifat sensitif. Berikut beberapa tips untuk menghangatkan suasana.


  • Jika kamu berada pada sekitar orang yang cenderung serius atau kurang humor, cobalah untuk memulai membuat lelucon tentang diri kamu sendiri. Hal ini bertujuan untuk memancing orang lain berkomentar dan mengurangi perilaku terlalu kaku tanpa harus menyinggung seseorang.
  • Tetapi, kalau kamu membuat lelucon yang berkaitan dengan orang lain buatlah seolah-oleh meningkatkan derajatnya.
  • Lakukan humor tanpa harus mengucilkan seseorang

Baca juga: Cara Mengetahui Tujuan Hidup

Humor bisa menjadi alat yang ampuh untuk menyatukan orang dan menjaga kesehatan di situasi apapun, termasuk ketika bekerja. Lakukan candaan bersama teman atau keluarga supaya kamu juga bisa merasakan manfaatnya. Sekian dulu pembahasan manfaat humor dan artinya humoris.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel