Skip to main content

Cara Menemukan dan Memperbaiki Atap Rumah Bocor

Masalah atap bocor biasanya sangat sulit untuk ditemukan karena lokasinya yang ada di ketinggian serta tertutup oleh plafon rumah. Untuk menemukannya lalu memperbaiki atap rumah bocor ikuti pembahasan dalam artikel ini sampai selesai.

Penyebab atap bocor biasanya dikarenakan adanya lubang pada atap akibat dari beberapa hal, misalkan bila Anda memakai atap asbes kebanyakan disebabkan oleh paku yang dipakai untuk mengunci sudah berkarat atau hampir lepas. Namun, apabila memakai genting terkadang penataan yang kurang pas juga bisa menjadi penyebab atap bocor.

Begitu kedua hal di atas terjadi pada atap Anda maka air akan mengalir masuk dan membasahi plafon hingga pada akhirnya membuat basah perabotan rumah tangga milik kamu. Untuk mengatasi hal itu tentunya kita harus memperbaiki atap. Tetapi, terlebih dahulu harus menemukan di mana air bisa masuk ke dalam rumah.

Cari kebocoran atap pada siang hari dengan cara masuk ke loteng. Jangan lupa membawa senter. Cobalah memperhatikan sekeliling loteng, lihatlah apa masih ada sisa-sia air dan perubahan warna kayu akibat terkena air. Selain cara itu kamu juga bisa melihat langsung dari bawah atap karena pada umumnya akan terlihat ada cahaya masuk bila ada kebocoran.

atap bocor

Memakai Air Untuk Mencari Atap Rumah Bocor

Apabila cara di atas tadi tidak mendapatkan hasil untuk menemukan kebocoran, Anda bisa mencoba memakai cara ini. Tetapi, carilah terlebih dahulu 1 orang teman untuk membantu dan naik ke atap dengan membawa ember air atau slang air. 

Salah satu dari orang masuk ke dalam loteng dengan membawa senter yang terang dan satunya lagi berada di atas atap. Orang yang berada di atas atap mulailah untuk menyiramkan air sementara yang ada di dalam loteng memperhatikan bila terlihat air masuk. Lakukan hal ini dari ujung ke ujung sampai kebocoran ditemukan.

Setelah kebocoran ditemukan silakan tandai dengan memakai paku yang di masukkan ke atas melalui bawah atap dan kalau perlu tandai juga dengan kapur supaya mudah ditemukan ketika proses perbaikan nanti.

Cara Memperbaiki Atap Bocor 

Untuk memperbaiki kebocoran atap tergantung pada penyebab dan bahan atap yang dipakai. Misalkan bila bocor karena penataan yang kurang tepat cukup dengan mengubah posisinya seperti seharusnya atau bila kebocoran dikarenakan paku asbes yang telah berkarat anda cukup menggantinya saja atau menambalnya memakai semen serta memberikan paku pengganti di posisi yang masih berdekatan.

Lalu bagaimana jika belum sempat untuk melakukan perbaikan permanen seperti itu? Anda bisa melakukan perbaikan sementara terlebih dahulu, yakni dengan memakai lembaran galvanis yang banyak dijual pada toko-toko bangunan atau bila kebocoran hanyalah berupa lubang kecil bisa ditambal memakai semen putih terlebih dahulu. 

Penting: Melakukan perbaikan atap bocor bisa sangat sulit dan berbahaya terkecuali jika tinggi rumah anda relatif rendah. Pastikan untuk selalu berhati-hati dalam menginjakkan kaki. Jangan sampai menginjak bagian yang rapuh dan mengakibatkan kecelakaan. Jika memang Anda tidak terbiasa bekerja di ketinggian sebaiknya serahkan masalah ini kepada seorang profesional.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar