Skip to main content

Tips Sukses Jualan Online, Bisa Profit Sampai 80 Juta

Banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis online di bidang tertentu namun sayangnya berhenti di tengah jalan atau mengalami kegagalan. Seperti kita tahu bahwa dunia usaha mempunyai persaingan sangat ketat. Apabila ingin mendapatkan sebuah keberhasilan maka haruslah mengerti seluk beluk seputar usaha tersebut. Untuk itu kami akan memberikan beberapa kunci sukses jualan online agar laku terus.

Sebagian besar para pedagang masa kini mengembangkan usaha mereka melalui toko online dikarenakan memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah tidak membutuhkan dana lebih untuk menyewa maupun membangun toko offline. Dengan memanfaatkan media pemasaran memakai internet biasanya malah memiliki potensi pasar cukup luas serta kelebihannya lagi kita tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Walau jualan online melalui online store mempunyai banyak kelebihan seperti yang kami sebutkan di atas, tetap saja membutuhkan perencanaan yang baik dan matang. Bila tidak melakukan hal tersebut kemungkinan besar bisnis yang Anda rilis dalam waktu dekat akan mengalami kegagalan.

Tips Sukses Jualan Online, Bisa Profit Sampai 80 Juta

Beberapa Pertimbangan Agar Sukses Jualan Online

Sebelum memutuskan untuk memulai jualan online ada beberapa hal penting yang harus dijadikan pertimbangan terlebih dahulu. Silakan simak pembahasan berikut ini.

1. Memilih Satu Jenis Produk
Jenis produk yang kami maksud di sini adalah sekumpulan barang sejenis, contohnya produk pakaian, ponsel, makanan, dan lain sebagainya. Dengan memilih 1 jenis produk saja akan memperkecil tingkat persaingan pasar sehingga lebih mudah dalam mendatangkan pelanggan.

Selain itu, penentuan niche ini juga bertujuan memberikan kemudahan dan kepuasan kepada customer. Bayangkan saja apabila Anda menjual beberapa jenis produk secara bersamaan seperti menjual pakaian bersama dengan produk handphone tentu akan membuat para calon pembeli mengalami kebingungan dan tidak fokus pada apa yang mereka inginkan.

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual
Apabila Anda memutuskan untuk berjualan melalui media online, pastinya harus mempunyai beberapa pilihan produk yang akan dipasarkan. Ini sangat penting, sebab barang yang laku di jual secara offline belum tentu akan mendapatkan respon baik ketika dijual dengan sistem pemasaran online. Karena hal tersebut, Anda harus memutuskan berdasarkan pertimbangan seperti:

  • Jangka waktu produk tersebut dibutuhkan
  • Stabilitas harga dari waktu ke waktu
  • Ketersediaan jasa pengiriman
  • Melihat seberapa ketat tingkat persaingan dari penjualan produk tersebut.

3. Menguji Potensi Pasar
Sebelum mengeluarkan dana yang sangat besar untuk benar-benar memulai berjualan online, sebaiknya lakukan pengujian atau mencoba menjual produk dalam skala kecil terlebih dahulu. Caranya dapat dilakukan dengan menawarkan melalui forum jual beli di kotamu atau dapat juga dilakukan secara offline dengan menitipkan produk tersebut pada toko di sekitarmu yang mau menerimanya. Dengan melakukan uji coba tersebut setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran seperti:

  • Siapa saja yang membutuhkan produk tersebut? Tua atau muda?
  • Apakah harga yang diberikan dapat diterima oleh pembeli?
  • Seberapa besar peluang dari produk Anda diminati masyarakat?
  • Apa produk tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pembeli?

4. Menyusun Perencanaan Bisnis Online
Tahap terakhir adalah merancang segala hal yang diperlukan untuk mulai jualan online dalam skala besar. Buatlah terlebih dahulu perencanaan secara terperinci. Adapun beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, yaitu:

  • Seberapa besar dana yang akan digunakan. 
  • Memerlukan dana bantuan dari pihak lain atau tidak?
  • Apa akan membangun toko online sendiri atau memakai layanan gratis seperti Bukalapak, Tokopedia, dan bahkan memakai media sosial?
  • Menghitung kalkulasi harga jual dengan mempertimbangkan biaya operasional.
  • Teknik pemasaran yang akan digunakan.
  • dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Meski dalam bisnis online terkesan mudah, tetapi sebenarnya tetap memerlukan perencanaan sangat matang. Sehingga kami terinspirasi membuat panduan mengenai tips sukses jualan online ini agar dapat memberikan sedikit wawasan kepada orang-orang yang ingin memulai usaha. Anda juga dapat membaca berbagai macam pembahasan lain seputar dunia bisnis di iFabrix. Di sini tersedia berbagai macam informasi yang mungkin Anda butuhkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar